Berbahagialah Jika Pasangan Anda Punya Sifat Ini! Karena Pasangan Yang Anda Pilih Adalah Pasangan Penuh Berkah, Insya Allah.

Ciri Pasangan dan Istri yang Berkah – Setiap orang pasti mendambakan mempunyai pasangan terbaik. Yang sudah menikah selalu berharap pasangannya mempunyai pribadi yang baik. Adapun yang masih sendiri pasti juga mengidam-idamkan kelak mendapatkan pasangan yang baik budinya.

Tanda Istri yang Penuh Berkah

Apakah Anda seorang laki-laki yang shalih yang sedang sendiri dan ingin mencari istri yang shalihah dan penuh keberkahan? Alhamdulillah, Nabi shallallahu ‘alahi wasallam memberikan pesan dalam salah satu hadits hasan. Pesan yang isinya tentang tanda-tanda istri yang penuh berkah tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Ada tiga tanda atau kriteria istri yang shalihah yang diantaranya bisa dilihat sebelum menikah. Sehingga jika Anda mendapatkan wanita shalihah yang juga memenuhi tiga tanda/kriteria ini, maka berbahagialah. Insya Allah istri pilihan Anda adalah istri yang penuh berkah.

1. Mudah Dalam Meminangnya.

design2talk.com

design2talk.com

Tanda istri yang penuh berkah yang pertama adalah mudah meminangnya. Bersabda Nabi shallallahu ‘alahi wasallam :

إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا

Artinya : “Sesungguhnya diantara tanda keberkahan istri adalah mudah dalam khitbah/meminangnya.” (Hadits hasan diriwayatkan oleh Imam Ahmad)

Jika Anda seorang lelaki shalih, kemudian datang ke rumah calon mertua dengan niat untuk meminang putrinya yang shalihah lalu dari pihak keluarga mereka maupun si wanita tersebut mudah menerima Anda karena mereka tahu bahwasanya Anda adalah seorang yang baik dalam agamanya, maka berbahagialah.

Insya Allah calon istri yang akan Anda pinang tersebut adalah wanita yang penuh berkah. Dari hal tersebut pun bisa dilihat juga bahwa keluarganya adalah termasuk keluarga yang shalih. Orang tua atau walinya benar-benar memahami nasehat Nabi shallallahu ‘alahi wasallam :

إِذَا خَطَبَ إِلَيْكُمْ مَنْ تَرْضَوْنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَزَوِّجُوهُ إِلاَّ تَفْعَلُوا تَكُنْ فِتْنَةٌ فِى الأَرْضِ وَفَسَادٌ عَرِيضٌ

Artinya : “Jika seseorang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya datang untuk meminang putri kalian, maka nikahkan dengannya. Jika kalian tidak melakukannya (menerima pinangan tersebut), maka akan menjadi musibah di bumi dan kerusakan yang nyata” (Hadits hasan riwayat Iman Tirmidzi)

Lain halnya jika ada seorang wanita yang akan dipinang, namun ia menyulitkan dengan berbagai syarat. Apalagi syarat tersebut adalah hal duniawi yang memberatkan, yang sebenarnya tak perlu. Maka cukup, bisa jadi itu adalah tanda calon istri yang tidak membawa keberkahan.

2. Ringan Maharnya

pinterest

pinterest

Tanda keberkahan seorang istri nomor dua adalah mudah/ringan maharnya. Yaitu mahar tersebut tidak memberatkan/menyulitkan calon suami sehingga membuat susah memenuhinya.

إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا

Artinya : “Sesungguhnya diantara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan ringan/mudah maharnya” (Hadits hasan riwayat Imam Ahmad)

Sampai disini Anda bisa melihat bahwa tanda-tanda diatas, yaitu antara tanda yang pertama dengan tanda yang kedua bisa diketahui sebelum menikah.

3. Mudah Rahimnya

www.ummi-online.com

www.ummi-online.com

Adapun tanda yang ketiga adalah mudah rahimnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

إِنَّ مِنْ يُمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيرَ خِطْبَتِهَا وَتَيْسِيرَ صَدَاقِهَا وَتَيْسِيرَ رَحِمِهَا

Artinya : “Sesungguhnya diantara tanda keberkahan istri adalah mudah meminangnya dan mudah/ringan maharnya serta mudah rahimnya” (Hadits hasan riwayat Imam Ahmad)

Maksud mudah rahimnya adalah bisa memiliki banyak anak. Hal ini sedikit berbeda dengan tanda-tanda sebelumnya yang bisa mudah diketahui sebelum berlangsungnya akad nikah. Mudah rahimnya disini baru bisa diketahui setelah menikah dan sekian tahun mengarungi bahtera rumah tangga.

Namun, hal ini bisa diprediksi dari keluarganya. Jika ia punya banyak saudara kandung, lalu ibunya pun memiliki banyak saudara kandung, juga ayahnya memiliki banyak saudara kandung, ataupun paman serta bibinya memiliki banyak anak, maka Insya Allah ia termasuk dalam tanda yang ketiga ini.

Begitupun dalam menyikapi tanda yang ketiga ini harus berbeda dengan dua tanda sebelumnya. Soal menerima pinangan/khitbah dan mahar adalah soal pilihan atau sikap dari calon istri atau orang tuanya.

Namun jika ada wanita yang tidak bisa memiliki banyak anak, itu bukan berarti ia tidak punya berkah. Seorang wanita yang karena kehendak Allah tidak bisa memiliki banyak anak, itu bukan pilihan dia. Karena tak ada satupun orang yang tidak ingin mempunyai keturunan. Yang pasti ada hikmah dibalik hal ini. Jadi perlu bijak menyikapinya.

Meskipun demikian, muslimah yang melahirkan banyak anak memang mempunyai keberkahan. Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk memperbanyak keturunan. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :

تَزَوَّجُوا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ، فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ اْلأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Artinya : “Nikahilah wanita subur (mudah rahimnya) dan penyayang. Karena aku akan berbangga dengan banyaknya ummatku di hadapan para Nabi kelak pada hari kiamat.” (Hadits riwayat Imam Ahmad shahih lighairihi)

Wallahu a’lam

 

Leave a Reply