4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu – Madu merupakan cairan kental berwarna kuning keemasan yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga. Rasa yang dihasilkan oleh madu pada umumnya lebih manis dan tidak lengket seperti sirup.

Nah, muncul pertanyaan. Mengapa rasa madu manis dan tidak lengket? Rasa manis yang dimiliki madu berasal dari proses reaksi kimia antara monosakarida, glukosa dan fruktosa. Dimana ketiga senyawa ini memberikan rasa manis layaknya seperti gula.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa rasa manis pada madu jauh lebih baik daripada gula. Kenapa? Karena sebagian besar kandungan madu adalah gula yang memiliki sejumlah vitamin. Dalam artian ada senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya antioksidan, chrysin, pinobanksin, katalase dan vitamin C.

Selain itu aktivitas atau kandungan air pada madu sangat sedikit. Hal ini lah yang menjadi alasan bahwa mikroorganisme atau bakteri sangat sulit berkembang dalam cairan madu.

Banyak sekali manfaat madu, misalnya dalam bidang makanan. Banyak orang menggunakan madu sebagai selai pada roti. Kemudian menggunakan madu sebagai rasa untuk membuat the atau minuman. Dan tidak sedikit juga mengkonsumsi madu tanpa diolah terlebih dahulu. Unggulnya madu dari gula ialah nutrisinya langsung diserap oleh tubuh tanpa mengalami proses pencernaan yang cukup panjang.

Kemudian dari sisi kesehatan, madu bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit bagian luar dan dalam. Contohnya jerawat, bintik-bintik halus, kulit kesat dan kering, mata panda serta lainnya bisa diobati dengan mengoleskan cairan madu ke bagian kulit tubuh yang sakit.

Di bawah ini kami jelaskan segudang manfaat madu bagi kesehatan manusia.

1. Manfaat Madu: Mampu Mengurangi Gejala Alergi dan Asma

asma

www.rodewayinncarlsbad.com

Setiap tetesan madu terkandung zat anti-inflamasi. Yakni senyawa yang dapat mengobati dan mengurangi gejala alergi dan asma. Misalnya saja, penderita flu dapat diobati dengan meminum sesendok madu. Saat madu diserap ke dalam organ tubuh manusia maka ia akan langsung bereaksi ke organ yang mengalami gangguan.

2. Manfaat Madu: Mencegah Bakteri

bakteri

blogspot.com

Bakteri adalah sumber utama penyakit yang dialami manusia. Artinya penyakit yang diderita kebanyakan manusia disebabkan karena pola hidup yang kotor. Misalnya saja ketika makan, banyak orang tidak membersihkan tangannya dengan baik. Sehingga timbullah penyakit seperti diare, muntah-muntah dab sejenisnya.

Untuk mengatasi hal ini maka langkah pertama setelah mencuci tangan dengan bersih maka seseorang tersebut dianjurkan mengkonsumsi madu. Kenapa? Karena madu mengandung anti-bakteri sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri penyebab penyakit.

Selain itu madu juga bisa digunakan sebagai obat luar alami dalam melindungi kulit dari luka bakar, gigitan serangga dan luka gores.

3. Manfaat Madu: Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

nutrisififorlif.com

Menurut ahli gizi kesehatan nasional bahwa di dalam tiap tetesan madu terkandung 3 zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh diantaranya vitamin, mineral dan asam amino. Ketiga zat tersebut bertugas sebagai pengontrol berat badan. Dalam artian apabila berat badan tinggi akan diturunkan dan jika berat badan kurang akan dinaikkan.

Baca juga Obat Gemuk Alami

Dalam kondisi ini maka madu akan bertugas menstabilkan berat badan sehingga Anda terbebas dari obesitas maupun adipositas (kurus).

4. Manfaat Madu: Obat Batuk dan Radang Tenggorokan

sakit tenggorokan

dedaunan.com

Batuk merupakan respons alamiah dari tubuh sebagai sistem imun saluran pernapasan jika terdapat gangguan dari luar. Misalnya debu, kotoran, asap dan minyak yang masuk melalui hidung dan mulut. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru.

Umumnya penderita batuk akan disertai rasa gatal pada tenggorokan dan sesak di bagian organ pernapasan sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini maka bisa membuat teh madu yang dicampur lemon dan air hangat. Lalu setelah meminum ramuan tersebut maka jangan lupa minum air putih agar senyawa pencipta rasa manis tidak tertinggal di tenggorokan.

Originally posted 2016-12-21 14:25:53.

Leave a Reply