Tak Perlu Takut Tersesat, Karena Ada Aplikasi GPS Offline Untuk Perangkat Smartphone Anda

Download Aplikasi GPS Android – GPS (Global Positioning System) adalah sistem yang menggunakan teknologi satelit navigasi yang kini paling populer dan paling banyak dipakai dalam segala bidang.

Hampir semua sudah memanfaatkan teknologi GPS ini, seperti untuk militer, survei pemetaan lokasi, geologi, geofisika, kehutanan dan pertanian, transportasi dan navigasi, dan bahkan juga bidang olahraga pun sudah banyak memanfaatkan teknologi ini.

Aplikasi GPS Android

Maps Aplikasi GPS Android

wisegeek.com

GPS adalah suatu perangkat navigasi yang dapat menunjukkan dimana lokasi penggunanya, serta membantu menunjukkan arah ke lokasi yang akan dituju oleh si pengguna. Di Indonesia sendiri penggunaan teknologi GPS sudah mulai dikembangkan dalam segala bidang.

Dalam kehidupan yang serba mobile seperti sekarang ini seringkali seseorang melakukan perjalanan dari suatu daerah ke daerah lain. Dan umumya ketika dalam perjalanan memilih jarak terdekat atau rute terpendek dari kedua daerah tersebut untuk dilalui, karena dapat menghemat waktu, bahan bakar dan tentunya untuk menghemat tenaga.

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android Maps

wnct.com

Teknologi GPS yang dulunya hanya sebatas pada perangkat tertentu, dewasa ini sudah merambah ke semua perangkat. Perangkat-perangkat mobile seperti smartphone keluaran terbaru hampir semua sudah dilengkapi fasilitas GPS.

GPS sendiri sudah diterapkan di berbagai perangkat, salah satunya perangkat mobile. Hampir semua perangkat mobile seperti smartphone bersistem operasi Android maupun iOs keluaran terbaru sudah tertanan perangkat GPS di dalamnya. Sehingga muncullah aplikasi-aplikasi pendukung yang memanfaatkan perangkat GPS.

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android

pixabay.com

Contoh aplikasi-aplikasi berbasis GPS yang sering digunakan adalah aplikasi pemetaan. Salah satu yang terpoluler adalah Google Maps. Namun diluar sana ada banyak aplikasi pemetaan offline berbasis GPS tanpa harus mengoneksikan ke internet. Di bawah ini adalah aplikasi yang memanfaatkan GPS yang bisa dipakai sebagai penunjuk arah, yang tentu saja bisa dijalankan tanpa harus terkoneksi internet.

Lalu, apa saja aplikasi tersebut? Berikut akan kami bedah satu persatu spesial untuk Anda.

MapFactor Navigator

MapFactor Navigator adalah aplikasi GPS android gratis diperuntukkan bagi perangkat Android dan Tablet. Data yang dipakai menggunakan data OpenStreetMap.

Aplikasi GPS Android MapFactor

youtube.com

Peta dapat diinstal di kartu SD sehingga untuk menggunakannya tidak ada perlu untuk terkoneksi dengan internet. Uniknya peta dan aplikasi GPS android bisa terus diupdate setiap bulan, dan itu gratis. MapFactor juga membuat aplikasi GPS Navigator GRATIS untuk PC, Pocket PC dan perangkat berbasis WinCE. Lebih lengkapnya bisa mengunjungi situs resminya.

[app]com.mapfactor.navigator[/app]

Maps.Me

Maps.Me adalah salah satu aplikasi peta berbasis GPS dan tentunya bisa digunakan secara offline.

Tidak ada koneksi Internet yang diperlukan. Peta di Maps.me termasuk lengkap. Mengkover seluruh dunia. Bahkan pulau-pulau terkecil. Aplikasi GPS ini sangat cepat. Proses zoom-in dan zoom-out lancar. Peta bisa dirotasi hanya dengan jari.

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android Maps.me

pplware.sapo.pt

Cukup mendetail, bisa menemukan ribuan tempat tujuan. Terdapat fitur auto-suggestion sehingga membuat pencarian lebih mudah. Bisa menandai lokasi favorit atau tujuan wisata dan menambahkan sendiri setiap tempat ke daftar bookmark. Bookmarks bisa di ekspor dan dikirim ke teman-teman melalui email ataupun sebaliknya.

Aplikasi GPS ini kompatibel dengan perangkat Android, iOs dan Blackberry OS

Here Map

Aplikasi yang sempat booming di era ponsel Nokia kini hadir di perangkat Android. Ya, HERE Maps  merupakan aplikasi GPS buatan Nokia ini cukup populer dikalangan pengguna perangkat Android.

here maps Aplikasi GPS Android

360.here.com

Dengan menyediakan lebih dari peta untuk lebih 100 negara yang mana semuanya dapat didownload serta dapat disimpan dalam perangkat smartphone Android, HERE Maps juga punya fitur yang pasti dibutuhkan bagi siapa saja yang hobi jalan-jalan.

Fitur-fitur yang terdapat di Here Maps antara lain :

  • Map indoor. Peta yang dapat menunjukkan lokasi bagian dalam dari suatu bagunan, seperti mall dan airport.
  • Navigasi suara. Memudahkan pengguna yang tidak sempat melihat peta.
  • Real-Time. Informasi lalu-lintas secara langsung di banyak negara di dunia.
  • Route Planner. Bagi yang ingin merencanakan suatu perjalanan bisa memanfaatkan fitur ini.

Be-On-Road

Be On Road adalah satu dari sekian banyak aplikasi GPS android yang digunakan oleh cukup banyak orang. Peta dapat diunduh kemudian disimpan di memori penyimpanan baik memori internal ataupun kartu SD. Dengan begitu penggunan bisa mengakses aplikasi dan menggunakan fitur-fitur di dalamnya tanpa sambungan internet.

Aplikasi GPS Android Be on Road

youtube.com

Adapun fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi GPS android ini antara lain :

  • Navigasi + Peta offline
  • Mendukung hampir semua bahasa di seluruh dunia
  • Peta pencitraan 3 dimensi
  • Database POI yang besar
  • Mode malam
  • Update peta gratis

Untuk peta beserta fitur yang ada pada aplikasi GPS android ini akan terus diupdate secara berkala.

Sygic

Sygic adalah salah satu aplikasi GPS yang cukup populer. Jutaan orang telah memakai aplikasi ini. Aplikasi GPS dari pengembang Sygic memakai peta dari TomTom. TomTom adalah perusahaan skala global dalam bidang navigasi, lalu lintas dan produk peta.

Sygic Aplikasi GPS Android

gpsunderground.com

Untuk menggunakan Sygic, tidak perlu koneksi internet karena navigasi dan peta dapat diunduh lalu disimpan di penyimpanan eksternal pada perangkat Android. Lalu apa saja kelebihan Sygic dibanding aplikasi navigasi lainnya, sehingga jutaan orang telah memakai aplikasi ini?

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android Sygic

play.google.com

Aplikasi ini mempunyai bermacam fitur antara lain:

  • Peta pencitraan 3 dimensi untuk mempermudah penggunaan
  • Navigasi suara dengan banyak pilihan bahasa
  • Peta berkualitas tinggi yang didukung oleh TomTom
  • Memiliki banyak Point of View (POI)
  • Gratis pembaharuan peta dan pembaharuan point of interest dalam 3 bulan pertama
  • Bekerja dengan GPS saja tanpa harus terkoneksi dengan internet
  • Dapat diintegrasikan dengan mobil / kendaraan via bluetooth maupun kabel data

Google Maps

Aplikasi Google Maps dulunya hanya bisa menampilkan peta online, artinya aplikasi ini tidak akan berguna jika tidak ada koneksi internet.

Aplikasi GPS Android Google Search Macbook pro

pixabay.com

“Namun semua itu berubah sejak negara api menyerang.”

Semakin kesini Google semakin mengerti akan kebutuhan manusia. Google mengerti bahwa tidak semua orang pengguna Google Maps selalu terhubung ke internet. Ada kalanya mereka berada di tempat terpencil, yang tak terjangkau jaringan internet. Maka dari itu Google menambahkan fitur peta offline ke dalam aplikasi Google Mapsnya. Itu semua semata-mata demi memanjakan para penggunanya.

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android Maps Google

www.theregister.co.uk

Kelebihan Google Maps :

  • Sistem Terintegrasi

Google Maps lebih terintegrasi pada perangkat seperti android dikarenakan hampir semua aplikasi buatan Google yang terinstal di perangkat Android bisa tersambung dengan Google Maps. Hal ini sangat mudah dilakukan karena sistem operasi Android itu sendiri adalah milik Google.

  • Kaya Akan Fitur

Banyak fitur-fitur di Google Maps yang unik yang berbeda dengan aplikasi pemetaan lainnya. Seperti pilihan menampilkan peta dalam mode satelit dan mode terrain. Dan banyak lagi fitur-fitur tersembunyi lainnya.

  • Lebih User Friendly

Setuju atau tidak, Google mendesain aplikasi petanya sangat nyaman dilihat. Sangat user friendly baik untuk profesional maupun orang awam.

  • Database Lengkap

Basis data peta di google maps lebih lengkap. Karena mereka mempunyai referensi yang bersumber langsung dari search engine mereka, google.

  • Bisa Menampilkan Kondisi Lalu Lintas

Google Maps mempunyai fitur Lalu Lintas. Fitur ini dapat menampilkan kondisi lalu lintas di jalan-jalan besar di dunia.

  • Selalu Up To Date

Karena mereka memiliki perusahaan search engine terbesar di dunia sudah barang tentu data-data peta yang ditampilkan akan selalu terupdate.

  • Kompatibel dengan hampir semua perangkat

Yang terpenting dari semua ini adalah kompatibilitas. Percuma jika perangkat yang dipakai sangat canggih dengan spesifikasi menawan, namun ternyata aplikasi tidak berjalan dengan lancar. Ataupun sebaliknya.

Spesifikasi hardware apa adanya karena memang barang jadul sehingga aplikasi tidak dapat dibuka. Dengan memakai Google Maps masalah tersebut dapat teratasi. Karena Google Maps kompatibel di hampir semua device di dunia. Keren bukan.

Aplikasi GPS Android

Aplikasi GPS Android Google Maps

dualwarez.com

  • Bisa digunakan di mode offline

Maps bisa digunakan dalam mode offline, yaitu dengan mengunduh peta secara manual lewat menu Area Offline. Ini adalah fitur yang membuat persaingan pada aplikasi pemetaan semakin ketat. Sayangnya peta yang sudah diunduh tadi hanya berlaku selama 30 hari. Artinya setelah 30 hari Google Maps meminta penggunanya untuk memperbaharui peta offlinenya lagi.

Terlepas dari adanya kekurangan pada aplikasi Google Maps, namun harus diakui Google membuat inovasi-inovasi baru yang pada akhirnya memberikan kepuasan tersendiri bagi para penggunanya. Google mendengar segala masukan dan pada akhirnya diwujudkan dengan adanya penambahan fitur maupun peningkatan kualitas pada aplikasinya. Google memang pengertian. Terima kasih google.

Itulah beberapa apikasi peta navigasi offline dengan memanfaatkan teknologi gps rekomendasi dari kami yang mudah-mudahan dapat membantu dalam mobilitas anda. Namun pada akhirnya semua tergantung  pilihan anda. Karena selera anda, diri anda sendiri yang tahu.

Originally posted 2016-03-01 07:32:38.

Leave a Reply