Jangan Pesimis, Allah Ada Bersama Kita! Ingat 7 Ayat Motivasi Alquran ini Niscaya Hari-harimu Makin Bersemangat

Ayat Motivasi Al Quran – Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Adil. Karena sifat adil itulah maka Allah tidak begitu saja membiarkan seseorang yang mengaku sudah beriman. Tentu Allah akan memberi ujian hidup, untuk membuktikan kesungguhan dari apa yang seseorang tersebut ucapkan.

Allah SWT akan menimpakan semua jenis cobaan permasalahan dalam kehidupannya. Dengannya, bisa dilihat kadar keimanan seorang tersebut. Seperti itulah cara Allah menilai keimanan seseorang. Bukan dari fisik melainkan sejauh mana dia bisa bersabar menghadapi segala ujian yang diberikan Allah SWT.

Makin kuat iman kita, tentu saja makin berat juga permasalahan yang akan kita dihadapinya. Namun yakinlah, bila kita mengetahui segala permasalahan yang kita hadapi ini datangnya dari Allah, maka sikapi itu sebagai ujian untuk kita. Poin terpenting adalah bisakah kita melewati ujian tersebut atau malah menyerah dan tidak mencari jalan keluar.

Ketahuilah bahwasannya di setiap tantangan yang menghadang, Allah SWT senantiasa mengingatkan serta memberi motivasi untuk Anda. Seperti bisa kita saksikan dalam tujuh ayat motivasi Al Quran di bawah ini. Semoga motivasi dari Allah ini dapat menguatkan Anda yang sedang dihadapkan permasalahan berat.

Ayat Motivasi Al Quran

Mari masuk ke ayat motivasi dalam Al Quran yang pertama yakni ayat 11 surat Ar-Ra’d.

Anda Dapat Berubah, Asalkan Anda Mempunyai Keinginan Kuat untuk Merubah Diri Anda

إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah akan tidak merubah nasib satu golongan sampai mereka merubah diri mereka sendiri” (QS. Ar-Ra’d:11)

Apapun keadaan Anda sekarang, bila memang Anda ingin untuk berubah, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan selain Anda sendiri yang berusaha merubahnya. Allah akan melihat usaha Anda. Jika Anda bersungguh-sungguh dan berusaha sekuat tenaga untuk berubah, maka Allah akan merubah hidup Anda.

exploregram.com

exploregram.com

Namun kebanyakan orang-orang lupa. Mereka ingin untuk orang lain berubah. Dengan harapan orang lain tersebut dapat menjadi jalan perubahan dirinya. Namun justru melupakan diri sendiri. Padahal perubahan dari diri sendiri itu sebenarnya yang bisa merubah kondisi saat ini.

Ayat ini berikan motivasi kita untuk merubah diri kita, maka atas pertolongan Allah keadaan jadi berubah. Janganlah cuma menuntut orang lain yang berubah. Lebih gampang merubah diri sendiri, daripada merubah orang lain. Ayat ini merupakan ayat motivasi dalam Al Quran untuk bersemangat berubah menjadi lebih baik.

Kemudian ayat motivasi dalam Al Quran selanjutnya adalah ayat 216 surat Al-Baqarah.

Kebaikan di Balik yang Tidak Kita Sukai

وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

“Dan boleh jadi kamu membenci suatu hal namun ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu suka pada suatu hal namun ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (QS Al-Baqarah:216)

Kerap kali, di kala seorang merasakan suatu hal yang tidak menyenangkan, dia merasa sedih, kecewa, kesal, marah, dan hal-hal lain yang akhirnya membuat menyerah. Padahal ia tidak tahu, apakah hal yang ia sesali itu sebenarnya baik atau tidak untuk dirinya. Bisa jadi justru hal tersebut akan berakibat buruk kepadanya kelak. Atau mungkin ada jalan yang lebih baik dibalik hal yang disesali tadi.

Misalnya Anda seorang pelajar yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. Anda sudah berusaha belajar dan ujian dengan sungguh-sungguh, namun ternyata Anda gagal masuk perguruan tinggi negeri yang Anda idamkan. Maka jangan kecewa! Bisa jadi hal tersebut merupakan jalan paling baik untuk Anda.

al baqarah 216 ayat motivasi dalam al quran

www.pinterest.com

Mungkin saja setelah itu Anda masuk perguruan tinggi swasta yang bukan idaman Anda, namun ternyata hal itulah yang membawa kemajuan bagi hidup Anda. Di tempat ini Anda bisa belajar lebih hingga mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Dan dari hal itu Anda bisa belajar bahwa kegagalan yang dulunya Anda anggap buruk, ternyata merupakan jalan terbaik untuk Anda. Apa jadinya jika Anda dulu diterima di perguruan tinggi pilihan Anda. Mungkin Anda tidak akan menemui kesuksesan. Bisa jadi Anda malah akan menemui hal buruk jika masuk di perguruan tinggi pilihan Anda sebelumnya.

Anda dan saya tak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Karenanya, syukuri apapun kejadian yang menimpa kita sekarang. Positive thinking aja! Ingat segala kekecewaan, penolakan atau kegagalan bukan berarti Allah tidak sayang kepada kita. Justru Allah menunjukkan kasih sayangnya kepada kita dengan memberikan sesuatu hal yang mungkin bagi kita itu buruk, tapi hal tersebut menurut Allah adalah pilihan terbaik.

Dilanjutkan dengan ayat motivasi Al Quran selanjutnya adalah ayat 286 surat Al-Baqarah.

Anda Tentu Sanggup

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

“Allah tak membebani seorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” (QS. Al-Baqarah:286)

Terkadang sering kita dengar orang bilang, “Saya tidak sanggup! Saya tidak bisa!”. Sesungguhnya ucapan-ucapan ini tidak boleh diucapkan oleh manusia, terutama kita seorang muslim. Dengan Anda berbicara seperti ini berarti Anda secara tidak langsung telah mendahului Allah.

al baqarah 286 ayat motivasi dalam al quran

www.pinterest.com

Kata siapa tidak bisa? Jangan sok tahu kalau Anda akan tidak bisa. Lihat lagi ayat diatas. Disitu jelas diterangkan bahwa Allah tidak akan membebani sesuatu hal yang berat kecuali seseorang tersebut sanggup memikulnya.

Jika Anda terburu-buru bilang “Ah, saya tidak bisa!”, itu tidak lain hanya asumsi Anda saja. Bisa jadi hal tersebut hanyalah pemikiran negatif Anda. Janganlah kalah oleh pikiran negatif Anda yang dengan mudahnya bilang tak mampu. Atau ucapan-ucapan tadi hanyalah alasan atas sifat malas Anda.

Lanjut kepada ayat motivasi Al Quran lainnya yakni ayat 5 dan 6 surat Al-Insyirah.

Kemudahan Bersama Kesulitan

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا . إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

“Maka sesungguhnya bersama dengan kesusahan itu ada kemudahan. sesungguhnya bersama dengan kesusahan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyirah:5-6)

Umumnya kebanyakan orang, kala dihadapkan dengan kesulitan, dia berhenti atau dengan kata lain menyerah. banyak pula yang suka mengeluh, sambil mengharapkan orang lain bisa membantunya dalam menangani kesulitan yang dia alami. Padahal sudah dijelaskan bahwa sebenarnya, bersama dengan kesulitan ada kemudahan yang menyertainya.

Bila Anda menemui kesulitan lalu Anda menghindarinya, ketahuilah bahwa Anda tidak akan mendapatkan kemudahan. Padahal jika merujuk pada ayat diatas, akan datang kemudahan yang menyertai kesulitan tersebut.

Cobalah hadapi masalah atau kesulitan yang ada di depan Anda. Dengan begitu Anda akan terampil dalam menghadapi segala permasalahan hidup. Pasti akan ada pengalaman bagus yang didapat, yang bisa mematangkan pola pikir Anda dalam menghadapi masalah atau kesukaran di kemudian hari. Jangan hanya mengharapkan orang lain yang akan menghandle segala permasalahan yang ada.

Dan ayat motivasi Al Quran yang terakhir adalah surat Ath-Thalaq ayat 2 dan 3.

Takwa dan Tawakal

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا . وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا 

“Barangsiapa bertakwa pada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak ia sangka. Dan siapa saja yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah mencukupkan (keperluan) baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Sungguh Dia telah mengadakan ketentuan untuk tiap-tiap sesuatu” (QS. Ath-Thalaq:2-3)

Dua akhlak luar biasa yang tidak ada sesuatu pun yang dapat menaklukkan adalah takwa dan tawakal. Ketika tengah dihadapkan dalam masalah atau tantangan, maka bertakwalah. Insya Allah akan ada jalan keluar ataupun rezeki yang tidak disangka-sangka.

Dan dengan tawakal yang maksimal, maka kita akan dicukupkan oleh Allah. Ini adalah janji Allah, dan kita sebagai hambanya harus meyakininya. Jika kita percaya tentang kekuatan tawakal, maka Allah akan mencukupkan keperluan bagi kita semuanya dalam menghadapi semua permasalahan yang menjadi rintangan dan halangan serta tantangan bagi kita.

 

Originally posted 2016-08-19 19:33:49.

Leave a Reply