Mengenal Buah Merah Papua, Buah Ajaib Asli Tanah Mutiara Hitam

Sari Buah Merah

Bermacam tumbuhan serta buah yang dihasilkan dari bumi Indonesia menaruh kekayaan alami yang bermanfaat baik untuk kesehatan dan untuk kecantikan. Salah satu yang sedang naik daun saat ini adalah Buah Merah Papua. Tanaman asli dari tanah Papua ini diklaim merupakan sumber kekuatan dan kebugaran orang-orang Papua.

Sekilas Tentang Buah Merah Papua

Buah Merah merupakan jenis buah-buahan tradisional asli dari Papua. Beberapa sebutan untuk buah berkarakteristik warna merah ini antara lain yakni di tanah papua sendiri tepatnya di Wamena, orang-orang menyebutnya kuansu. Sedangkan nama ilmiah dari Buah Merah adalah Pandanus Conoideus.

Termasuk dalam golongan tanaman pandan-pandanan, bahkan pohonnya pun sekilas mirip dengan tanaman pandan. Bedanya terletak pada tinggi tanaman yang bisa menjulang setinggi 16 meter. Adapun varietas Buah Merah mempunyai bentuk lonjong memanjang dengan bagian kuncup tertutup oleh daun buah.

Bentuk Buah Merah sendiri panjang buahnya dapat mencapai 55 cm, dengan diameter 10-15 cm. Rata-rata untuk setiap buahnya mempunyai berat 2 sampai 3 kg. Biasanya berwarna merah marun cerah ketika buah sudah masak. Meskipun ada juga yang berbuah berwarna coklat serta coklat kekuningan.

Buah ini banyak tersebar kota-kota besar di Papua, seperti Jayapura, Wamena, Nabire, ataupun Manokwari. Bagi kebanyakan orang-orang di Wamena, Buah Merah sering disajikan untuk makanan pesta bakar batu. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan buah ini sebagai obat.

Kandungan serta Khasiat Buah Merah Papua

Sebuah riset yang diprakarsai oleh peneliti dari Universitas Cendrawasih (Uncen) meneliti tentang manfaat dari Buah Merah ini. Riset yang dilakukan termasuk mengamati kegiatan sehari-hari warga pedalaman di Wamena, Timika dan juga desa-desa di daerah pegunungan Jayawijaya yang hampir tiap hari mengkonsumsi Buah Merah.

Diketahui bahwa orang-orang lokal memiliki tubuh yang sehat dan bugar serta mempunyai stamina yang tinggi. Walaupun dalam kehidupannya serba terbatas, juga keadaan alam yang keras serta dengan cuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan. rata-rata dari mereka juga tidak mudah terserang penyakit degeneratif semisal jantung, hipertensi, diabetes, kanker ataupun penyakit kronis lainnya.

Adapun gizi dalam Buah Merah Papua banyak terkandung anti-oksidan sebagai berikut:

  • Zat Karoten rata-rata sebesar 12.000 ppm
  • Zat Betakaroten rata-rata sebesar 700 ppm
  • Zat Tokoferol rata-rata sebesar 11.000 ppm

Selain itu terdapat nutrisi-nutrisi lain yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh, seperti diantaranya: Omega 3, Omega 9, Asam Oleat, Asam Linoleat, Asam Linolenat, Dekanoat yang mana kesemuanya ialah senyawa aktif penangkal terbentuknya racun radikal bebas pada tubuh.

Buah Merah Papua yang Luar Biasa

Selain manfaat dan khasiat yang telah dipaparkan diatas, Buah Merah Papua juga mempunyai segudang manfaat lain yang terkandung didalam buahnya. Dalam hal kecantikan misalnya. Buah ini umum dipakai para wanita Papua sebagai bahan perawatan kulit. Tidak mengherankan, sebab cuaca di Papua tergolong ekstrim.

Buah Merah Papua juga mengandung anti-oksidan yang tinggi. Sehingga pemanfaatan buah ini dapat mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan lain dalam Buah Merah Papua adalah Selenium dan vitamin E, yang sangat baik untuk perawatan rambut. Juga sebagai obat penumbuh rambut sekaligus anti ketombe.

Keanekaragaman hayati Indonesia merupakan anugerah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita syukuri bersama. Berbagai macam tanaman yang tumbuh subur menjadi bukti begitu melimpahnya berkah di tanah Indonesia. Maka dari itu, tugas kita bersama untuk merawat serta menjaga kelestariannya.

Originally posted 2016-12-06 17:40:44.

Leave a Reply