Cara Membersihkan Smartphone dengan Baik dan Benar

smartphone

img source: Pixabay

Smartphone mungkin saja teman dekat kita yang paling dekat. Kemana saja kita membawanya. Berjam-jam kita memakainya. Namun bagaimana dengan perawatannya? Apakah kita telah bersihkan dengan cara benar serta teratur? Walau sebenarnya smartphone dapat jadi sarang bakteri lantaran kerap bersentuhan dengan pipi, jari serta hawa dari rongga mulut.

Sudut-sudut smartphone yang berdebu dapat juga bikin saat pakainya makin pendek. Karenanya, kita semestinya teratur bersihkan benda yang paling disayangi ini. Namun membersihkannya juga mesti benar dengan perlengkapan yang sesuai sama.

Perlengkapan Yang Dipakai Untuk Bersihkan Smartphone

Sebelumnya mengulas langkah bersihkan smartphone, lebih dahulu kita mesti menyiapkan sebagian perlengkapan yang bakal dipakai. Perlengkapan pertama yang perlu disediakan yaitu kain mikrofiber atau kain lembut yang lain. Baiknya janganlah memakai tissue, sebab tissue bisa bikin layar sentuh atau touchscreen yang peka jadi tergores.

Sediakan juga cotton buds atau kapas bertangkai. Bila mempunyai silika gel, dapat ikut disediakan. Namun bila tak ada, beras yang kering dapat dipakai sebagai ubahnya. Silika serta beras ini bakal kita gunakan untuk pengering.

Sebagai bahan pembersih, kita dapat memakai air suling yang digabung dengan cuka dengan perbandingan 1 banding 1. Larutan ini semakin lebih baik dipakai dari pada product pembersih yang dibeli dipasaran. Setelah itu dapat disediakan hawa bertekanan tinggi.

Namun itu juga bila ada, bila tak dapat ditukar dengan kuas yang bersih serta baru. Pemakaian hairdyer begitu tak dianjurkan untuk bersihkan smartphone. Hal semacam ini karena piranti itu mempunyai banyak komponen yg tidak tahan dengan panas yang dibuat oleh hairdyer.

Langkah Bersihkan Layar Sentuh Serta Celah-celah Pada Smartphone

Sesudah kita menyiapkan semuanya bahan yang diperlukan, jadi bersihkan smartphone bisa selekasnya dikerjakan. Sistem bersihkan ini terbagi dalam dua sisi, yakni bersihkan layar sentuh serta bersihkan celah-celah pada piranti.

Hal yang perlu jadi perhatian yaitu janganlah memakai cairan terlalu berlebih lantaran bisa mengakibatkan kerusakan komponen elektroniknya. Bila telah terlanjur, pakai beras kering atau silika gel untuk mengeringkannya. Nah, untuk lebih detilnya tersebut langkah bersihkan smartphone yang benar :

Bersihkan layar sentuh

Langkah bersihkan layar sentuh atau touchscreen pada smartphone diawali dengan mematikan piranti. Baterai yang ada pula baiknya dilepaskan untuk meminimalkan peluang terjadinya rusaknya maupun terserang cairan pembersih. Bila hal itu telah dikerjakan, setelah itu seka layar dengan kain mikrofiber atau kain lembut yang kering dengan cara perlahan-lahan. Menghilangkan semuanya sisa sentuhan yang ada pada layar.

Bila ada kotoran yang susah dibikin bersih, kita dapat memberi cairan pembersih yang terdiri atas air suling serta cuka. Langkah memberi cairan ini tak segera disemprotkan pada layar, tetapi pada kain yang lalu dipakai untuk mengusap layar.

Bila tampak masihlah ada sisa cairan di touchscreen, keringkan dengan memakai kain mikrofiber. Kemudian, biarlah smartphone sampai betul-betul kering. Janganlah tergesa-gesa menyalakan piranti bila masihlah ada cairan yang ketinggalan.

Bersihkan celah-celah smartphone

Celah-celah pada smartphone mesti teratur dibikin bersih untuk hindari debu yang makin menumpuk. Bila tak dibikin bersih, debu itu bisa mengganggu beragam manfaat dari piranti, sampai mengakibatkan beragam rusaknya.

Langkah membersihkannya yaitu dengan terlebih dulu mematikan smartphone serta melepas baterainya. Setelah itu pakai cotton buds untuk bersihkan bebrapa sisi dari piranti, sampai ke sudut-sudutnya. Celah-celah penghubung yang mungkin saja terserang debu juga mesti diusap dengan lembut sampai kotorannya terangkat.

Debu yang terjebak pada celah smartphone kadang-kadang susah dijangkau oleh cotton buds. Hawa bertekanan bakal dapat meniup kotoran itu. Kuas yang baru serta bersih bisa dipakai untuk ganti hawa bertekanan itu. Pakai kuas yang kecil supaya dapat masuk beberapa pojok yang sempit. Namun kuas ini tak dapat menukar semua manfaat hawa bertekanan. Lantaran sisi dalam smartphone cuma bisa dibikin bersih dengan hawa bertekanan saja.

Nah, bila smartphone telah bersih pasti semakin lebih nyaman dipakainya. Smartphone yang bersih dapat juga kurangi kemungkinan pipi yang berjerawat lantaran infeksi bakteri yang menempel pada layar sentuh. Pemakaian susunan pelindung pada layar juga begitu dianjurkan. Layar ini dapat ditukar dengan gampang bila sangatlah kotor, tergores maupun mulai terkelupas. Dengan hal tersebut kebersihan smartphone semakin lebih terbangun.

Originally posted 2017-01-03 22:29:49.

Leave a Reply