Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut – Kata orang rambut adalah mahkota tubuh. Tentulah setiap orang pasti mendambakan punya rambut yang indah dan sehat. Namun terkadang tanpa kita sadari ada kutu rambut yang mengganggu. Maka harus mencari cara menghilangkan kutu rambut.

Cara membasmi kutu rambut tentu sekaligus dengan telurnya. Cara yang paling bagus dan aman adalah menghilangkan kutu rambut di kepala dengan cara yang alami. Sebelum mengetahui cara membasmi kutu rambut sebaiknya kita harus mengetahui cara pencegahannya.

Perhatikan selalu kebersihan setiap benda yang menempel atau berhubungan dengan kepala semisal bantal, sisir, handuk dan top karena benda-benda tersebut dapat memungkinkan menjadi media penghantar kutu ke rambut kita.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Kutu rambut merupakan parasit yang dapat menghisap darah, siapa saja yang tidak menjaga kebersihan maka dapat terkena kutu rambut. Nah yang perlu Anda tahu lagi bahwa setiap dari kutu betina mampu menghasilkan telur kurang lebih 6 (enam) butir dalam sehari.

Masa menetas telur kutu rambut ialah setelah 8 hari. Coba Anda bayangkan jika ada 10 atau 20 kutu rambut betina yang ada di kepala Anda, akan berapa banyak kutu-kutu baru yang akan hidup. Mengerikan, bukan!

Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami

Sejatinya telur kutu rambut hampir menyerupai ketombe, namun telur kutu rambut susah untuk di hilangkan karena melekat dengan kuat pada rambut. Cara agar dapat menghilangkan kutu rambut rambut beserta telurnya adalah dengan menggunakan shampo khusus yang tersedia di apotek terdekat di rumah Anda.

Selain menggunakan shampo, sebenarnya kutu rambut dapat di hilangkan dengan cara menggunakan bahan-bahan alami. Seperti bawang merah, jeruk nipis dll.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

cara membasmi kutu rambut

www.sci-news.com

1. Menggunakan Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Siapkan jeruk nipis dan 4 sendok minyak kayu putih asli (gunakan minyak kayu putih yang asli). Peras jeruk nipis kemudian campur hasil perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih yang sudah di Anda siapkan secara rata.

Setelah tercampur, balurkan atau oleskan hasil campuran tersebut ke rambut Anda beserta kulit rambut Anda. Diamkan kurang lebih selama 1,5-2 jam. Setelah itu keramaslah menggunakan shampo untuk membersihkan sisa olesan dari bahan-bahan tersebut.

2.Menggunakan Bawang Merah

Cara yang kedua yang patut untuk Anda coba adalah dengan menggunakan bawang merah. Adapun cara pengunaannya sebagai berikut:

Sediakan 5 siung bawang merah secukupnya, kemudian haluskan bawang merah tersebut. Setelah itu oleskan bawang merah yang sudah dihaluskan ke kepala Anda. Lakukan pemijatan ringan secara perlahan. Lalu tunggu atau diamkan kurang lebih 30 menit – 90 menit. Kemudian bersihkan rambut Anda dengan cara keramas dengan shampo.

3. Menggunakan Cuka Putih

Tahukah Anda bahwa telur kutu rambut dapat di hilangkan dengan mudah menggunakan cuka putih. Ya, bahan alami ini memang mampu melepaskan telur kutu dari rambut. Selain itu cuka putih juga dapat menggagalkan proses penetasan telur kutu.

Cara penggunaannya adalah dengan cara membalurkan atau mengoleskan secukupnya cuka putih ke kulit dan rambut Anda. Diamkan selama 45-60 menit, setelah itu keramaslah untuk menghilangkan bau cuka yang telah di oleskan

4. Menggunakan Sisir Serit (Sisir Khusus/Padat)

Salah satu alat yang biasa di gunakan untuk menghilangkan kutu beserta telurnya adalah sisir serit. Sisir serit sangat mudah di temukan di pasar-pasar tradisional maupun toko-toko di sekitar rumah Anda. Namun yang perlu Anda pastikan ketika membeli sisir serit adalah kebersihan dari sisir itu. Dan pastikan juga bersihkan sisir serit ketika setelah pemakaian

Tips untuk Terhindar dari Kutu Rambut

  • Janganlah tidur di dekat orang yang sudah pasti menderita kutu rambut, karena di khawatirkan kutu tersebut dapat berpindah ke rambut Anda
  • Cobalah untuk tidak berbagi barang pribadi yang berhubungan dengan rambut, seperti sisir, jilbab, topi, kopiah, handuk dan benda-benda lainnya.
  • Jika Anda dirasa sudah terserang kutu rambut, maka segera obati agar tidak semakin banyak.

Semoga tulisan kesehatan di atas dapat bermanfaat bagi Anda, mencegah kutu rambut datang lebih baik ketimbang mengobati, namun ketika sudah terserang maka segera obatilah.

Dan jangan lupa untuk membaca tulisan kesehatan kami sebelumnya yaitu makanan penambah darah dan artikel kami lainnya tentang manfaat kulit jeruk yang sering diabaikan.

Originally posted 2016-08-09 15:01:34.

Leave a Reply