Umum

Pengertian dan Contoh Pengumuman Lengkap

Contoh Pengumuman – Jumpa lagi di Lamanda.Net. Pembahasan kali ini adalah akan menjelaskan tentang pengertian pengumuman, menulis teks pengumuman serta contoh teks pengumuman. Anda pasti tahu bahwasannya setiap harinya kita sering berinteraksi dengan pengumuman. Bahkan bisa jadi Anda juga pernah membuat pengumuman.

Pengertian Pengumuman

Pengumuman (announcement) adalah proses atau suatu cara dalam mengumumkan sebuah informasi, entah itu kepada khalayak ramai, baik itu instansi atau lembaga ataupun masyarakat umum. Hal yang paling utama ketika hendak menulis sebuah pengumuman atau pemberitahuan adalah isi dari pengumuman tersebut haruslah efektif serta komunikatif.

Maksud dari efektif disini yaitu pemilihan bahasa yang dipakai untuk membuat pengumuman harus tepat penggunaanya. Ini harus diperhatikan agar supaya penerima pesan dapat mengerti ini dari pengumuman tersebut, dan ketika pengumuman ini dibacakan maka tidak akan terjadi kesalahan penerimaan atau miss komunikasi.

contoh pengumuman

Selain itu pengumuman juga harus komunikatif. Komunikatif disini berarti pemilihan bahasa yang dipakai dalam pengumuman tersebut mudah dicerna dan dipahami. Wajib hukumnya ketika membuat teks pengumuman yang efektif serta sesuai dengan konteks yakni dengan memakai kalimat yang singkat dan padat, serta tajam dan jelas.

Agar pesan atau isi pengumuman dapat tersampaikan, pengumuman dapat langsung dibacakan dan didengar oleh orang banyak. Atau jika pengumuman tersebut berbentuk surat pemberitahuan, maka dapat membagikan informasi pengumuman tersebut melalui orang per orang atau memajang pengumuman tersebut di tempat umum atau majalah dinding (mading) sekolah.

Ketika mencoba untuk menulis surat pengumuman, maka harus disesuaikan kepada audiens yang menerima pengumuman tersebut. Anda wajib mengetahui untuk siapa pemberitahuan tersebut ditujukan. Hal penting lainnya dan jangan sampai dilupakan adalah mencantumkan identitas surat.

Informasi yang ada dalam suatu surat pengumuman haruslah terskema dengan baik. Artinya harus tersusun rapi dan teratur. Tujuannya adalah agar pembaca pesan pengumuman ini nantinya akan dengan mudah menyampaikan isi pesan kepada orang lain, dan orang lain tahu maksud dari pesan tersebut.

Pengumuman secara umum dibagi menjadi dua macam. Pertama pengumuman resmi. Dan selanjutnya adalah pengumuman tidak resmi.

Pengertian Pengumuman Tidak Resmi

Pengumuman tidak resmi adalah pemberitahuan berbentuk surat berisi informasi yang pada umumnya menyasar ke penerima / orang umum atau masyarakat dinamis. Tidak seperti pengumuman resmi yang terdapat aturan-aturan atau kaidah dalam pembuatannya, maka pengumuman tidak resmi tidak ada kaidah khusus dalam perancangan suratnya.

Isi dalam contoh pengumuman tidak resmi lebih menitikberatkan sisi komunikatif serta keefektifan dalam penyampaian isi dari pengumuman. Intinya adalah bagaimana pesan dalam pengumuman tersebut bisa tersampaikan dengan baik, tidak peduli seperti apa pesan tersebut ditulis. Berikut ini contoh pengumuman tidak resmi:

Contoh Pengumuman Tidak Resmi

PENGUMUMAN FOGGING

Pengumuman ditujukan untuk warga Kelurahan Kembang Sekar. Mengingat memasuki musim pancaroba dan untuk mengantisipasi berkembangnya epidemi nyamuk demam berdarah, maka dengan ini kami pemerintah Kelurahan Kembang Sekar akan mengadakan pengasapan/fogging di seluruh wilayah Kelurahan Kembang Sekar.

Pengasapan/fogging ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 April mulai pukul 10.00 WIB s.d selesai. Maka kami menghimbau kepada seluruh warga Kelurahan Kembang Sekar agar dapat melakukan persiapan sebelumnya.

Kami juga mengajak kepada warga semuanya agar senantiasa menjaga kebersihan. Dan ikut serta dalam pencegahan dengan melakukan gerakan 3M, Yakni yang pertama, menutup rapat tempat penampungan air. Kedua, menguras bak tempat penampungan air. Dan yang terakhir ialah menimbun atau membuang tempat penampungan air bekas (yang tidak terpakai).

Demikian pengumuman ini kami sampaikan. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hormat kami,
Lurah Kembang Sekar

Muhidin

Contoh Pengumuman di Sekolah

Berikut ini beberapa contoh pengumuman atau surat pemberitahuan sekolah. Pengumuman ini meliputi pengumuman kepada siswa-siswi tentang kegiatan yang akan diadakan oleh pihak sekolah ataupun surat pemberitahuan kepada dewan guru yang mengajar di sekolah tersebut.

Pengumuman Acara Keagamaan

SMA Negeri 5 Ternate
Jl. Setiabudi 17
==============================

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang jatuh pada hari Rabu, 14 Oktober 2015, SMA Negeri 5 Ternate akan mengadakan acara Pengajian Akbar. Adapun kegiatan ini rencananya akan diadakan:

Hari/tanggal: Jumat, 16 Oktober 2015
Jam: Pukul 08.00 sampai selesai
Tempat: Aula SMA Negeri 5 Ternate

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, semua siswa-siswi diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Demi kesuksesan dan kelancaran acara ini para siswa-siswi diharapkan datang lebih awal sebelum acara dimulai.

Ternate, 10 Oktober 2015
Kepala Sekolah,

Ttd.

Drs. Abdul Qodir, M.Pd.

Contoh Pengumuman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Melalui surat ini diberitahukan kepada seluruh siswa Kelas X, ditunggu kehadirannya pada acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang akan diselenggarakan besok pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 20 Mei 2015
Pukul : 8.00 WIB s.d selesai
Tempat : Halaman Parkir Siswa

Mengingat pentingnya acara ini, mohon agar para siswa-siswa hadir tepat pada waktunya. Terimakasih atas perhatian teman-teman.

Dewan Sekolah

Contoh Pengumuman Kehilangan Barang

 BERITA KEHILANGAN

Pengumuman.

Telah hilang sebuah tas sekolah berwarna merah kombinasi putih yang berisi buku-buku perpustakaan serta dompet atas nama Nurina Azka siswi kelas VII B. Tas hilang di dekat toilet putri.

Barang siapa yang menemukan tas tersebut, dimohon dengan sangat untuk mengembalikan kepada Nurina Azka sebagai pemilik tas. Atau dapat juga menyerahkan tas tersebut kepada petugas tata usaha.

Atas kerjasama dan perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

4 Juli 2014

Ari Suryawan S.Pd.
Bag. Tata Usaha

Contoh Surat Pengumuman Penggalangan Dana

Berikut ini contoh surat pengumuman penggalangan dana. Jenis pengumuman ini bersifat menggerakkan atau berisi ajakan untuk melakukan suatu aksi atau tindakan. Contoh pengumuman penggalangan dana/amal seperti berikut ini:

Karang Taruna Merah Putih
Sekretariat : Jalan Merdeka Raya Nomor 3 Lamongan
==============================

Sembari merayakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, serta untuk menumbuhkan kepedulian sesama, kami dari Karang Taruna Merah Putih Kampung Manggis akan mengadakan acara bakti amal penggalangan sosial. Sumbangan ini dapat berupa sandang, pangan maupun uang.

Adapun hasil sumbangan yang terkumpul akan disalurkan untuk saudara-saudara kita, korban bencana alam yang ada di beberapa wilayah tanah air Indonesia.

Kami berharap keikutsertaan seluruh warga dan secara sukarela ikut terlibat dalam penggalangan dana tersebut. Untuk teknis sumbangan dan informasi lainnya dapat menghubungi kami melalui:

1. Saiful Anwar 081212323123
2. Panji Kusuma telepon 085678901234

Sumbangan dan bantuan dapat diserahkan paling lambat tanggal 7 Agustus 2007.

Atas sumbangsih dan antusias seluruh warga kampung Manggis, kami sampaikan rasa terima kasih. Semoga amal baik kita dan sedekah yang kita keluarkan dengan ikhlas, mendapat ganjaran pahala dari Tuhan Yang Maha Esa, Amin

Lamongan, 25 Juli 2016
Ketua Penggalangan Dana,

Ttd.

Karim Benzema

Demikian beberapa contoh pengumuman singkat, baik itu contoh pengumuman untuk kegiatan swadaya masyarakat, contoh pengumuman kerja bakti, contoh pengumuman di sekolah dan lain-lain. Semoga contoh pengumuman singkat di atas dapat menjadi referensi sekaligus membantu Anda untuk dapat memahami dan membuat contoh pengumuman sendiri tentang tema apa saja dengan baik dan benar. Terimakasih dan sampai jumpa di tulisan kami selanjutnya.

Baca Juga Contoh Pidato Bahasa Jawa

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*