Jalan-jalan,Umum

Inilah 11 Danau Terbesar di Indonesia, Destinasi Menawan untuk Anda Kunjungi

Danau Terbesar di Indonesia – Pengertian Danau seperti yang tertulis di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai definisi genangan air yang amat luas, dikelilingi daratan. Danau bisa juga disebut sebagai telaga atau tasik.

Danau sendiri mempunyai beragam faedah untuk kehidupan manusia. Bisa jadi sumber mata air ataupun digunakan dalam aktivitas ekonomi seperti perikanan, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), tempat wisata, transportasi. Danau juga bisa berfungsi sebagai pengendalian banjir dan irigasi, atau yang biasa disebut waduk.

Jenis Danau

Membahas tentang danau terbesar di Indonesia, perlu untuk diketahui bahwa danau terbagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenis danau antara lain Vulkanik, Tektonik, dan Floodplain. Berikut ini yaitu penjelasan tentang istilah-istilah jenis danau tersebut.

  • Danau vulkanik: jenis danau yang terbentuk diakibatkan karena aktifitas vulkanisme/gunung berapi.
  • Danau tektonik: jenis danau yang terbentuk dikarenakan adanya penurunan muka bumi lantaran terjadi pergeseran/patahan kerak bumi.
  • Danau Floodplain: jenis danau ini terbentuk diakibatkan sungai-sungai yang meluap (banjir) hingga menutupi dataran yang berupa lumpur dan atau pasir. Istilah Floodplain sendiri dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai dataran banjir.

Danau Terbesar di Indonesia

Seperti yang jamak diketahui orang, yang berpredikat sebagai danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba. Danau yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi. Bahkan danau ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara.

Di dalam Danau Toba, tepatnya ditengah-tengahnya ada satu pulau yang bernama pulau Samosir. Sekarang ini Danau Toba menjadi objek wisata andalan Sumatera Utara yang dapat menarik wisatawan, baik lokal ataupun luar negeri.

Adapun yang tercatat sebagai danau terdalam di Indonesia adalah Danau Matano. Danau yang terletak di Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan ini mempunyai kedalaman hingga 590 meter. Danau ini juga menyandang predikat danau terdalam di Asia Tenggara sekaligus berada di urutan kedelapan danau terdalam di dunia.

11 Danau Terbesar di Indonesia

Berikut merupakan daftar 10 danau terbesar di Indonesia, dihitung berdasarkan pada luas permukaannya dan juga kedalaman maksimum dari danau tersebut.


1. Danau Toba

danau terbesar di indonesia danau toba
amazingmyindonesia.com

Danau terbesar di Indonesia yang pertama adalah Danau Toba. Danau yang terletak di Kabupaten Toba Samosir ini juga merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Hal yang unik dari danau ini adalah terdapat sebuah pulau vulkanik yakni Pulau Samosir, yang sekaligus menjadi daya pikat bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.


Letak: Provinsi Sumatera Utara (Pulau Sumatera)
Jenis Danau: Vulkanik
Luas Danau: 1.130 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 529 meter


2. Danau Towuti

danau terbesar di indonesia danau towuti
myindonesian12.blogspot.com

Danau terbesar di Indonesia yang kedua adalah Danau Towuti. Danau ini terletak di Kabupaten Luwu Timur. Danau Towuti masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti, dibawah pengawasan BKSDA Sulawesi Selatan Departemen Kehutanan RI.


Letak: Provinsi Sulawesi Selatan (Pulau Sulawesi)
Jenis Danau: Tektonik
Luas Danau: 561,1 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 203 meter


3. Danau Poso

danau terbesar di indonesia danau poso
travel.kompas.com

Danau terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Danau Poso. Danau yang terletak di Kabupaten Poso ini memiliki keunikan yakni pasirnya yang putih dari tepi hingga ke dasar danau. Perairan Danau Poso ini juga dihuni ikan-ikan seperti Ikan Mas, Ikan Mujair, Ikan Lele, Ikan Nilam, dll.


Letak: Provinsi Sulawesi Tengah (Pulau Sulawesi)
Jenis Danau: Tektonik
Luas Danau: 323,2 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 450 meter


4. Danau Sentarum

danau terbesar di indonesia danau sentarum
pens.ac.id

Danau terbesar di Indonesia urutan 4 adalah Danau Sentarum. Danau yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu ini berstatus danau musiman. Dalam setahun, danau ini akan terisi genangan air di musim hujan selama lebih kurang 10 bulan, dan 2 bulan sisanya akan surut dengan meninggalkan beberapa kolam/genangan yang lebih kecil berisikan ikan-ikan kecil.


Letak: Provinsi Kalimantan Barat (Pulau Kalimantan)
Jenis Danau: Floodplain
Luas Danau: 275 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 8 meter


5. Danau Matano

danau terbesar di indonesia danau matano
kidnesia.com

Danau terbesar di Indonesia yang kelima adalah Danau Matano. Danau ini berada di Kabupaten Luwu Timur dan lokasinya berdekatan dengan Danau Towuli. Meskipun ukurannya tidak sebesar Danau Towuli, Danau ini mempunyai kedalaman yang luar biasa.

Danau Matano yang tercatat sebagai danau terdalam di Asia Tenggara. Bukan hanya itu. Danau berjenis tektonik ini juga masuk rekor danau terdalam di dunia, akni berada di urutan 8 danau terdalam di dunia.


Letak: Provinsi Sulawesi Selatan (Pulau Sulawesi)
Jenis Danau: Tektonik
Luas Danau: 164,1 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 590 meter


6. Danau Jempang

danau terbesar di indonesia danau jempang
www.hai-indonesia.com

Danau terbesar di Indonesia ke-6 adalah Danau Jempang. Danau ini terletak di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur, dan berada di daerah aliran Sungai Mahakam. Sama seperti kebanyakan danau lainnya di Pulau Borneo (sebutan untuk Pulau Kalimantan), Danau Jempang adalah jenis danau Floodplain.


Letak: Provinsi Kalimantan Timur (Pulau Kalimantan)
Jenis Danau: Floodplain
Luas Danau: 150 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 6 meter


7. Danau Paniai

danau terbesar di indonesia danau paniai
paniai.go.id

Danau terbesar di Indonesia urutan nomor 7 yakni Danau Paniai. Danau ini terletak di Kabupaten Paniai, di Distrik Paniai Timur. Danau Paniai yang berada di ketinggian kurang lebih 1700 meter diatas permukaan laut ini terkenal akan keelokan panoramanya yang masih alami.


Letak: Provinsi Papua (Pulau Papua)
Jenis Danau: Tektonik
Luas Danau: 145 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 50 meter


8. Danau Rombebai

danau terbesar di indonesia danau rombebai
maps.google.com

Danau terbesar di Indonesia ke-8 adalah Danau Rombebai. Danau yang terletak dekat dengan Kabupaten Sarmi ini berada di aliran Sungai Mamberamo, yang mana sungai ini terhubung dan mengalir sampai dengan Samudera Pasifik.


Letak: Provinsi Papua (Pulau Papua)
Jenis Danau: Floodplain
Luas Danau: 137,49 kilometer persegi


9. Danau Tempe

danau terbesar di indonesia danau tempe
id.wikipedia.org

Danau terbesar di Indonesia urutan 9 adalah Danau Tempe. Danau yang terletak di sebelah barat Kabupaten Wajo ini merupakan salah satu danau tektonik yang ada di Indonesia. Di danau ini setiap tahunnya yakni pada tanggal 23 Agustus diadakan festival laut yang disebut Maccera Tappareng. Di dalam upacara ini diadakan pemotongan sapi sebagai simbol untuk menyucikan danau.


Letak: Provinsi Sulawesi Selatan (Pulau Sulawesi)
Jenis Danau: Tektonik
Luas Danau: 130 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 5 meter


10. Danau Semayang

danau terbesar di indonesia danau semayang
lenskrafkljkukar13.blogspot.com

Danau terbesar di Indonesia nomor 10 adalah Danau Semayang. Danau yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara yang berada di daerah aliran sungai besar Mahakam ini, dan juga bersebelahan dengan danau lainnya yakni Danau Melintang.


Letak: Provinsi Kalimantan Timur (Pulau Kalimantan)
Jenis Danau: Floodplain
Luas Danau: 130 kilometer persegi
Kedalaman Maksimum: 6 meter


11. Danau Sentani

danau terbesar di indonesia danau sentani
backpackerjakarta.com

Danau terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Danau Sentani. Danau yang terletak sekitar 50 kilometer dari Jayapura, tepatnya berada diantara Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ini berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops.


Letak: Provinsi Papua (Pulau Papua)
Luas Danau: 104 kilometer persegi


 

Sekian pembahasan mengenai danau terbesar di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi para pengunjung blog Lamandala. Baca juga artikel kami lainnya negara kepulauan terbesar di dunia. terimakasih dan sampai jumpa.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

2 komentar untuk “Inilah 11 Danau Terbesar di Indonesia, Destinasi Menawan untuk Anda Kunjungi

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*