Eksekutif Muda, Apakah Itu? Gambaran Masyarakat Umum Tentang Eksekutif Muda yang Salah Kaprah

Eksmud – Pernah mendengar kata ‘Eksekutif Muda‘? Apa sih sebenarnya eksekutif muda itu? Kita dalam pergaulan sehari-hari kerapkali mendengar kata eksekutif, terlebih lagi eksekutif muda. Profesi ini mungkin bagi beberapa orang menjadi salah satu profesi yang diidam-idamkan.

Arti Eksekutif Muda

Eksekutif muda berbeda sekali dengan Badan Eksekutif, Ya, meskipun namanya sama-sama eksekutif, namun boleh dibilang hal ini berbeda 180 derajat. Arti kata eksekutif sendiri yakni berasal dari kata execure (bahasa latin) yang bermakna melaksanakan atau melakukan.

Dalam lembaga pemerintahan seperti Indonesia, badan eksekutif adalah lembaga yang ada di pemerintahan suatu negara yang berwenang dalam penindakan atau penerapan suatu hukum. Biasanya di dalam suatu negara, badan eksekutif terdiri dari presiden dan menteri-menteri di bawahnya sebagai pembantu presiden.

Pengertian Eksekutif Muda

Sedangkan eksekutif muda (biasanya disingkat eksmud) ialah seseorang yang usianya masih muda yang berprestasi, sukses atau telah berhasil menggapai suatu pencapaian tertentu, serta mempunyai kehidupan yang glamor dengan banyak harta. Seorang eksekutif muda tentunya memiliki integritas tinggi dan mempunyai akhlak yang baik.

Kunci Menjadi Eksmud yang Sukses

sukses eksekutif muda sukses eksmud

www.pond5.com

Menjadi seorang eksmud tentunya mempunyai kunci rahasia agar berhasil. Seperti dikutip dari laman kompas, seorang ahli bidang pengembangan sumber daya manusia dalam sebuah seminar menyampaikan bahwa ada 5 (lima) poin penting yang merupakan kunci untuk menjadi eksekutif muda yang berhasil, mempunyai integritas dan berhati nurani serta berakhlak baik.

  • Tujuan Karir

Hal pertama bagi seseorang yang menginginkan untuk eksmud yang andal ialah harus memiliki perencanaan untuk mencapai tujuan karirnya. Perlu adanya desain mind mapping yang dapat memetakan tujuan karir kedepannya.

  • Kompetensi

Sesudah memetakan tujuan, langkah selanjutnya yakni dengan cara tingkatkan level kompetensi yang ada pada diri Anda. Anda harus bisa keluar dari zona aman sebelumnya untuk berusaha naik level, tentunya pada bidang yang Anda geluti saat ini.

  • Ketekunan

Setelah Anda menemukan pola yang secara konsisten dan dapat meningkatkan konpetensi diri, langkah selanjutnya ialah tekun dalam menjaga ritme serta semangat. Ini penting agar segala yang sudah Anda bangun sebelumnya tidak mengalami penurunan.

  • Koneksi

Yang Anda butuhkan selanjutnya adalah koneksi yang tepat di tempat Anda bekerja yang tentunya pas dengan kompetensi yang Anda punyai.

  • Prinsip

Yang terakhir adalah prinsip. Kenapa hal ini masuk salah satu kunci sukses? Karena untuk menggerakkan pekerjaan yang dibebankan kepada Anda, tentulah Anda harus mempunyai prinsip. Prinsip disini hakekatnya adalah suatu landasan dalam memulai serta menjalankan sesuatu apapun, baik itu pekerjaan ataupun hal lainnya.

Sekian tulisan singkat tentang eksmus atau executive muda. Semoga dapat menambah wawasan bagi Anda pembaca semuanya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

Originally posted 2016-09-15 10:52:33.

Leave a Reply