Gadget

Fakta Mengerikan Handset Iphone di Awal Kemunculannya 10 Tahun Lalu

iphone
img source: wallpapersafari.com

IPhone diresmikan pada 9 Januari 2007. Itu artinya sudah hampir 10 tahun sejak iPhone pertama kali diluncurkan. Jika Anda melihat kebelakang, seperti apa fitur-fitur yang ada di dalamnya, Anda akan kaget melihat betapa mengerikannya produk smartphone generasi pertama Apple ini.

Hampir 10 tahun yang lalu, Steve Jobs memperkenalkan iPhone yang pertama di dunia. Bisa dibilang ini adalah sebuah ilham. Sebelum iPhone keluar, kebanyakan ponsel yang beredar di dunia adalah perangkat kikuk, setengah keyboard dan setengah layar. Benar-benar kaku!

Tampilan website penuh tidak dapat berjalan dengan baik di ponsel, sehingga perusahaan terpaksa untuk membangun website versi mobile sendiri untuk situs mereka, yang jika dilihat masih kurang user friendly dengan tampilan yang sederhana. Dan iPhone hadir mengubah semua itu.

Fakta iPhone Generasi Pertama

Namun, pengalaman smartphone khas yang dapat kita semua nikmati hari ini tidak terjadi dalam semalam. Butuh bertahun-tahun bagi Apple untuk menambahkan fitur demi fitur. Jika merujuk dengan standar teknologi saat ini, iPhone jadul keluaran pertama tak ubahnya seperti batu bata yang tidak ada gunanya.

Ya, iPhone awalnya adalah penemuan spektakuler. Karena kompetisi pada perangkat seluler kala itu terlihat bahwa iPhone lah yang lebih unggul. Inilah yang kompetisi tampak seperti pada saat itu.

iphone
Kompetisi Smartphone Saat Itu. Terlihat iPhone mengungguli yang lainnya. Img source: www.businessinsider.co.id

Namun jika perangkat iPhone generasi pertama hadir di masa sekarang, bisa dikatakan hal tersebut amatlah lucu. Karena teknologi yang ditawarkan iPhone generasi pertama tersebut pada umumnya sudah tidak terpakai di masa kini.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang iPhone generasi pertama sebagai pengingat seberapa jauh iPhone telah hadir dan memperbaharui fitur dan teknologi yang dipakainya dari masa ke masa:

  • Internet dan Konektivitas.

Dengan konektivitas yang hanya berjalan di jaringan “EDGE,” atau 2G nirkabel, yang begitu sangat lambat. Ini pada dasarnya sangat lambat seperti internet rumah sebelum hadirnya teknologi broadband berkecepatan tinggi. Koneksi 2G adalah tambahan menyakitkan karena AT&T adalah satu-satunya pilihan operator yang tersedia. Dan AT&T kala itu memiliki masalah klasik (seperti panggilan tiba-tiba terputus).

  • Apple Store

Tidak ada App Store ketika iPhone diluncurkan. Bisa dibayangkan betapa tidak bergunanya smartphone jaman sekarang jika tidak bisa mengunduh game Angry Birds, atau memainkan game Pokemon Go. Atau Anda tidak dapat mengupload foto selfie ke Instagram.

Padahal secara konsep iPhone memiliki konsep smartphone modern. Dia punya touchscreen dan dengan desain ramping, sayangnya ketika Apple pertama kali meluncurkan iPhone mereka tidak menyertakan App Store. Hingga semakin berkembang akhirnya sang founder mengimplementasikan Apple Store pada perangkat ini.

  • Wallpaper Background

Mudah-mudahan Anda menyukai latar belakang hitam, karena itu satu-satunya pilihan! Ya benar, Anda tidak bisa mengubah wallpaper pada iPhone generasi pertama. Wallpaper default dari iPhone pada saat itu adalah hitam, tanpa ada opsi untuk merubah ke gambar atau warna lain. Lucu, ya?

  • Fitur Copy-Paste

Apa jadinya jika smartphone Anda tidak pisa copy-paste? Pasti menjengkelkan sekali yah, dan tentunya Anda harus bersabar untuk mengetik ulang teks yang ingin Anda kutip. Tapi tahukah Anda ternyata iPhone generasi pertama tidak punya fitur copy-paste. Butuh waktu tiga tahun bagi Apple untuk menambahkan fitur cut/copy dan paste pada perangkatnya.

  • Kamera

Apa yang Anda sukai dari iPhone terbaru? Pasti selain fitur-fitur canggih yang terintegrasi di dalamnya, juga sektor kamera yang paling disukai dari iPhone. Tidak bisa dipungkiri sektor kamera pada perangkat iPhone terkenal bagus, dapat menghasilkan jepretan setingkat lebih baik dari para rivalnya.

Namun apakah itu berlaku pada iPhone generasi pertama? Ah, sayangnya tidak. Dengan resolusi yang hanya 2 megapiksel, kemampuan kamera iPhone generasi pertama sangat lemah dan tidak mampu mengambil jenis foto cantik yang Anda harapkan dari iPhone modern. Lebih parahnya lagi kamera ini juga tidak bisa untuk mengambil video.

Fakta lainnya:

  • IPhone pertama ternyata membutuhkan sebuah komputer untuk menyeting ini itu di dalam perangkatnya. Butuh lima tahun sebelum akhirnya perangkat terbebas dari kabel.
  • Ingin mengirim pesan teks dengan mode lansekap (landscape)? Sayang sekali iPhone generasi pertama tidak bisa melakukannya.
  • Ingin mengirim gambar? Maaf! Karena iPhone pertama juga tidak bisa melakukan pengiriman teks pesan disertai gambar.
  • Tidak ada aplikasi penunjuk arah, Google Maps juga tidak ada. Selain karena Apple tidak memiliki aplikasi tersebut, juga tidak membiarkan pengembang aplikasi lain melakukannya selama bertahun-tahun.
  • Ada tidak akan menemukan pusat pemberitahuan, tidak ada Siri, dan tidak ada pusat kontrol.
  • Untuk memiliki perangkat canggih pada masanya ini, iPhone generasi pertama dibandrol dengan harga $499 untuk model 4GB. Luar biasa!

Kesimpulan

Intinya di sini adalah bahwa teknologi membutuhkan waktu untuk dewasa. Sementara iPhone adalah sebuah penemuan mengagumkan ketika awal dirilis, itu artinya segalanya memiliki jalan panjang untuk berkembang.

Produk generasi pertama hanyalah titik awal menuju hal yang lebih spektakuler kedepannya. Seperti halnya iPhone yang diawal rilis dengan fitur-fitur yang seadanya. Dan semakin lama semakin berkembang menjadi lebih baik lagi. Itulah titik awal!

Originally posted 2016-12-28 17:35:55.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*