Sains

Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia, Sungguh Kita Patut Bersyukur Karena Memilikinya

keajaiban otak manusia
www.parentmap.com

Otak ialah merupakan struktur pusat sistem syaraf. Otak manusia memiliki peran dalam mengatur ataupun kordinasi apa yang dilakukan oleh tubuh, seperti gerakan ataupun prilaku. Termasuk juga menjalankan fungsi tubuh pada organ-organ seperti tekanan darah, mengatur detak jantung, suhu tubuh juga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Terdiri atas lebih dari 100 juta sel saraf atau yang disebut dengan neuron, otak manusia yang bervolume lebih kurang 1.350cc ini bertanggung jawab penuh terhadap kerja seluruh tubuh termasuk mengatur pemikiran manusia. Hal tersebut yang menyebabkan adanya kaitan erat antara otak dan juga pemikiran. Oleh karenanya otak beserta sel saraf  yang ada di dalamnya dipercaya mempunyai pengaruh terhadap fungsi kognitif pada manusia.

Pengetahuan tentang otak ada pengaruhnya terhadap perkembangan psikologi kognitif manusia. Otak manusia disini bertanggung jawab terhadap fungsi-fungsi seperti emosi, ingatan, pengenalan, pembelajaran yang berkaitan dengan syaraf motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

15 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia

Kita semua patut bersyukur dianugerahi otak yang menakjubkan ini. Tentunya kita harus pandai-pandai dalam menggunakan otak yang ajaib ini, tidak menggunakannya untuk hal-hal yang sia-sia. Berikut ini merupakan 19 fakta menakjubkan tentang otak manusia.

1. Setiap kali Anda memiliki pikiran (memikirkan tentang suatu hal), Anda menciptakan koneksi baru (jalur saraf) dalam otak Anda.

2. Bila Anda memiliki pikiran atau emosi secara otomatis dipicu oleh peristiwa tertentu yang sama, emosi atau pikiran berasal dari jaringan saraf yang ditransfer ketika Anda mengalami bahwa hal tersebut untuk pertama kalinya. Setiap kali Anda mengalami peristiwa serupa, jaringan yang sama dipicu dan Anda bahkan tidak ingat dari mana asalnya dan mengapa Anda merasa seperti itu.

3. Otak Anda adalah 75% air. Itulah sebabnya ketika Anda mengalami dehidrasi, otak Anda melambat dan menjadi kabur jauh sebelum Anda mendapatkan gejala fisik yang sebenarnya kehausan.

4. Ketika Anda menguap maka orang lain juga melakukan ini. Anda melakukan ini karena Anda memiliki sel-sel di otak yang disebut neuron cermin Anda.

menguap otak manusia
www.tabloidbintang.com

5. Jika ini bagian dari otak rusak, seseorang merasa kesulitan dalam bersosialisasi serta menjalin komunikasi dengan orang lain (kebanyakan dialami oleh seorang yang mengidap autis).

6. Otak dapat merespon terhadap makanan yang dimakan oleh tubuh. Sebuah studi dari siswa di New York menunjukkan bahwa siswa yang makan siang yang dalam makanannya tidak ada zat perasa buatan, zat pengawet ataupun zat pewarna dapat melakukan tes IQ 14% lebih baik daripada siswa yang makan siang dengan aditif tersebut.

7. Informasi pada kecepatan yang berbeda dalam berbagai jenis neuron. Tidak semua neuron berbentuk sama. Terdapat beberapa jenis neutron yang berbeda dalam tubuh dan kecepatan transmisi informasi di masing-masing neutron berbeda-beda. Ada yang lambat 0,5 meter per detik atau bahkan secepat 120 meter per detik.

8. Ketika tubuh terjaga, otak Anda menghasilkan antara 10 dan 23 watt atau lebih. Energi sebesar ini bisa untuk menyalakan sebuah bola lampu.

9. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan percaya bahwa tinnitus merupakan fungsi dalam mekanisme telinga, tetapi fakta baru menunjukkan bahwa sebenarnya fungsi dari otak. Tinnitus ialah gangguan berupa dengungan atau bunyi yang terasa pada telinga.

10. Tertawa terhadap suatu lelucon bukanlah tugas yang mudah karena membutuhkan kegiatan di lima wilayah yang berbeda dari otak.

11. Perbedaan berat otak dan ukuran tidak membuat perbedaan dalam kemampuan mental. Berat otak Albert Einstein adalah 1.230 gram yang kurang dari rata-rata berat otak manusia.

12. Manusia tidak dapat menggelitik diri karena otak membedakan antara sentuhan eksternal tak terduga dan sentuhan seseorang sendiri.

13. Tanpa kata-kata, manusia mungkin dapat menentukan suasana hati seseorang hanya dengan membaca wajah. Sebuah wilayah kecil di otak yang disebut amigdala bertanggung jawab dalam kemampuan membaca wajah orang lain sebagai petunjuk bagaimana perasaan mereka.

14. Tidak ada reseptor rasa sakit di otak, sehingga otak dapat merasakan sakit. Para ilmuwan telah menemukan bahwa pria dan otak wanita bereaksi secara berbeda terhadap rasa sakit, yang menjelaskan mengapa mereka dapat melihat atau mendiskusikan rasa sakit berbeda.

15. Ada kelas orang yang dikenal sebagai supertasters yang tidak hanya memiliki lebih banyak pengecap di lidah, tapi yang otaknya lebih sensitif terhadap selera makanan dan minuman.

jaringan otak manusia
www.gizmopod.com

16. Otak Anda adalah bagian yang memakan energi sebagian besar tubuh Anda. Meski otak hanya mewakili 2% dari berat badan, tetapi dapat menggunakan hingga 20 persen dari produksi energi tubuh. Energi ini digunakan untuk pemeliharaan kesehatan sel dan untuk bahan bakar impuls listrik neuron, yang bertugas untuk berkomunikasi satu dengan yang lain.

Baca juga Suplemen Vitamin Otak

17. Diperkirakan bahwa otak manusia memiliki daya komputasi baku antara 10 daya (13) dan 10 daya (16) operasi per detik. Hal ini jauh lebih dari 1 juta kali jumlah orang di Bumi.

18. Otak Anda tidak berhenti berkembang ketika Anda berumur 18 tahun, dan berkembang lagi hingga umur 20 tahun. Dan otak Anda akan terus menerus berubah sepanjang hidup Anda.

19. Sisi kiri otak (otak kiri) Anda mengontrol sisi kanan tubuh Anda dan sisi kanan otak (belahan kanan) Anda mengontrol sisi kiri tubuh Anda.

Itulah 19 fakta rahasia keajaiban otak manusia. Dengan segala hal yang menakjubkan ada di otak kita, membuat kita semakin bersyukur atas karunia yang diberikan Allah pada kita. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih dan sampai jumpa!

Originally posted 2016-08-28 18:29:21.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*