Yuk! Kenalan dengan 17 Jenis Keju yang Lezat dan Paling Populer Seantero Dunia

cheese macam jenis jenis keju

www.lecker.de

Jenis Keju – Ternyata terdapat macam-macam keju yang beredar dan digunakan dalam olahan makanan. Tetapi pada dasarnya, jenis keju dapat dipisah menjadi dua macam. Yakni keju bertekstur lembut atau soft cheese dan keju bertekstur keras atau yang disebut hard cheese.

Berikut ini Blog Lamandala akan sedikit mengulas tentang jenis jenis keju yang dirangkum dari berbagai referensi agar pengetahuan bersama tentang jenis keju semakin bertambah.

Jenis-jenis Keju yang Biasa Dipakai dalam Olahan Makanan

1. Soft Cheese

Dari namanya saja sudah mendeskripsikan jenis keju ini. Ya, Soft cheese adalah jenis keju yang lembut. Ini sama seperti krim cheese ataupun ricotta cheese.

Karena jenisnya yang soft tidak seperti jenis keju keras yang tahan lama, maka soft cheese ini seringkali disimpan pada lemari pendingin. Berbeda dengan hard cheese seperti keju parmesan, gouda, edam, dan lain-lain.

Secara singkat hard cheese itu biasanya keju yang dapat diparut serta dipotong-potong, sedangkan soft cheese cuma dapat diambil dengan menggunakan sendok saja.

2. Keju Mozzarella

Keju mozzarella yaitu jenis keju yang bahan dasarnya terbuat dari susu sapi segar atau susu kerbau. Mozzarella berasal dari kata “mozzare“ dalam bahasa Italia bermakna “memotong”. Karena keju mozarella ini dalam pembuatannya dengan cara diputar dan juga dipotong.

macam jenis jenis keju Mozzarella Cheese

jenniferskitchen.com

Keju mozzarella ini punyai struktur yang lembut ditambah aromanya yang tajam. Keju mozzarella memiliki kandungan hingga 50% lemak serta umumnya digunakan sebagai pelengkap dalam olahan pizza.

3. Keju Parmesan

Keju parmesan berwarna kuning pucat dengan lubang-lubang kecil sebesar jarum. Keju parmesan juga di jual berbentuk parmesan parut. Keju yang dalam pemakaian umunya digabungkan dengan keju mozzarella ini punya ciri-ciri berwarna kuning pucat serta terdapat lubang-lubang kecil ukuran sebesar jarum.

Keju parmesan yang tergolong jenis keju keras ini mempunyai kandungan lemak hingga 61% ini juga sering dipakai untuk tambahan taburan makanan seperti makaroni ataupun spageti.

4. Keju Cheddar

Keju cheddar adalah jenis keju keras yang pembuatannya adalah dari susu sapi. Keju cheddar ini berasal dari Inggris dan menjadi keju yang paling popular di Britania Raya bahkan di dunia. Keju Cheddar juga adalah satu diantara keju yang paling umum ada serta dipakai di Indonesia sebagai bahan kue serta makanan.

Keju Cheddar memiliki tekstur yang relatif keras. Berwarna kuning pucat sampai putih gading, serta ada kalanya punya rasa yang kuat. Keju ini kaya akan lemak sampai dengan 48%.

5. Keju Edam

Keju edam yang dalam bahasa Belanda adalah Edammer yang berarti keju. Dinamakan demikian sebab keju ini berasal dari daerah yang bernama Edam, tepatnya di Belanda Utara. Keji edam ini berbentuk bulat serta dengan ciri berwarna kuning muda serta dibungkus dengan parafin atau lilin berwarna merah. Fungsinya adalah untuk menjaga juga untuk tujuan pengawetan.

Keju edam mempunyai rasa yang begitu lembut, sedikit asin dengan citarasa seperti kacang. Keju Edam yang bahannya dibuat dari susu skim atau susu rendah lemak (low fat) ini aromanya tidak begitu mencolok apabila dibanding keju yang lain.

keju edame macam jenis jenis keju

katieatthekitchendoor.com

Keju edam ini termasuk keju mahal. Keju Edam yang moderen tambah lebih lembut dibanding keju yang lain, seperti Keju Cheddar, lantaran kandungan lemaknya yang lebih rendah. Punya kandungan lemak lebih rendah dibanding keju yang lain sejumlah 28% dengan kandungan protein sejumlah 25%.

6. Cream Cheese

Cream cheese atau keju krim yaitu masuk kategori keju lembut. Bertekstur halus seperti mentega dengan warna yang putih agak kekuning-kuningan serta mempunyai rasa yang cukup gurih.
Keju krim yang bahannya dibuat dari susu sapi segar ini ber-pH antara 4,4 hingga 4,9, serta memiliki kandungan lemak susu kurang dari 33% dan air sebanyak 55%.

7. Keju Brie

Keju brie berasal dari Perancis dan masuk dalam jenis keju lunak/soft cheese. Dengan citarasanya yang gurih, creamy serta cenderung agak asin. Untuk mengetahui keju brie ini begitu gampang, sebab kulit keju brie ini berwarna putih dan beraroma tajam.

Bentuknya berupa bulat rata dengan ciri-ciri mempunyai bintik-bintik kemerahan. Keju brie yang hanya memiliki kandungan 45% lemak ini warnanya putih seperti jamur, namun ketika dimasak akan meleleh seperti krim dan warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan.

8. Keju Camembert

Keju camembert adalah soft cheese asli Prancis yang berasal dari susu sapi. Keju yang awalnya berasal dari daerah Normandy di Perancis ini sekilas serupa dengan keju brie. Keju camembert mempunyai struktur yang lembut serta sisi dalamnya berupa cream tanpa dimasakan. Kandungan lemak di dalam keju camembert mencapai 45%.

9. Keju Manchego

Keju manchego yaitu jenis keju yang memiliki tekstur keju keras. Keju manchego mempunyai struktur yang padat serta kering dengan kulit seperti lilin. Sisi dalam dari keju ini mempunyai lubang-lubang kecil.

Keju manchego ini adalah keju Spanyol yang paling familiar hingga diekspor ke banyak negara di dunia. Keju yang asalnya dari daerah La Mancha di Spanyol yang di buat dengan memakai susu domba yang dipasteurisasi.

Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website Satu Jam

10. Keju Gorgonzola

Keju Gorgonzola yaitu keju biru memiliki tekstur lunak dari susu sapi yang di pasteurisasi yang asalnya datang dari Italia. Keju gorgonzola di buat di satu desa di utara Italia yang bernama Gorgonzola atau sama juga dengan nama keju ini.

Warna keju gorgonzola beragam, mulai dari putih sampai kuning jerami dengan ciri urat-urat yang berwarna hijau atau biru kehijau-hijauan. Keju ini umumnya dibungkus dengan kertas timah untuk melindungi kelembabannya.

Jamur yang berwarna biru kehijau-hijauan ditambahkan pada keju ini hingga rasa-rasanya jadi tajam serta pedas. Rasa dari keju gorgonzola ini tergantung pada lama pematangannya, makin lama saat pematangannya jadi makin tajam rasa keju itu.

11. Keju Stilton

Keju stilton yaitu keju dari negara Inggris yang di buat dari susu sapi yang dipasteurisasi (yaitu satu sistem pemanasan makanan dengan maksud membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, serta khamir).

keju stilton macam jenis jenis keju

www.cropwellbishopstilton.com

Keju Stilton mempunyai bentuk silinder yang tinggi dengan kulit yang tidak tipis, berkerut serta padat. Berat dari keju ini sekitar pada 2.5 kg hingga 8 kg. Stilton pertama kalinya dipopulerkan oleh Bell Inn, yakni satu penginapan untuk beberapa wisatawan dari London yang akan ke New York.

Keju stilton muda berwarna seperti gading serta rapuh. Sedang keju Stilton tua mempunyai warna yang lebih gelap serta mempunyai corak biru yang lebih menonjol. Juga mempunyai struktur yang bercorak biru lantaran menambahkan jamur pada sistem membuatnya.

Warna dari kulit itu yaitu coklat keabu-abuan dengan bercak-bercak putih. Kulit itu mempunyai lubang-lubang begitu kecil yang disebut hasil dari menusukkan jarum. Jarum itu ditusukkan pada kulit keju stilton supaya hawa dibagian dalam keju bisa keluar.

12. Keju Emmental

Keju emmental merupakan keju yang berbentuk bulat dan memiliki banyak lubang yang berukuran besar dan dibuat dari susu sapi segar. Warna keju ini krem pucat atau kuning, dan kulitnya berwarna coklat kekuning-kuningan. Karena begitu cepat meleleh, keju emmental biasanya dipakai dalam olahan burger keju, roti lapis bakar, ataupun fondue.

Keju ini dikenal sebagai keju Swiss khususnya di Amerika Utara, karena keju ini memang berasal dari Swiss. Sedangkan di Norwegia keju ini dikenal dengan nama Jarlsberg. Keju emmental dalam pembuatannya agak sedikit menyerupai keju Gruyère.

13. Keju Gruyere

Keju Gruyere yaitu keju memiliki tekstur keras yang di buat dari susu sapi mentah dari daerah Gruyère di Swiss. Keju Gruyère diberi nama sesuai sama desa tempat keju ini pertama kalinya di buat. Kulit keju ini berkeriput serta berwarna coklat alami.

Keju Gruyère mempunyai kemiripan dengan keju Emmental, tetapi keju Gruyère mempunyai warna kuning yang lebih gelap. Diluar itu, sistem pematangan keju Gruyère lebih lama dibanding dengan keju Emmental hingga teksturnya lebih padat serta rasa-rasanya lebih tegas.

14. Keju Ricotta

Keju ricotta yaitu keju fresh asli dari Italia yang asalnya di buat dari air dadih bekas dari pembuatan keju lain yang dimasak kembali. Ricotta diambil dari kata dalam bahasa Latin yakni “recocta” yang bermakna “dimasak kembali”. Keju ini juga dibuat dan diproduksi di semua daerah yang ada di Italia.

keju ricotta macam jenis jenis keju

www.italianfoodforever.com

Keju ricotta sendiri bisa langsung dimakan maupun dipakai campuran dalam makanan seperti lasagna, cannoli (kue dari Sisilia) dan lain-lain. Keju riccota ini punya citarasa yang tidaklah terlalu manis dan memiliki struktur yang lembut serta warna yang putih seperti salju.

15. Keju Gouda

Keju gouda yaitu jenis keju berwarna kuning yang berasal dari Belanda yang bahan pembuatannya dari susu sapi. Nama keju ini diambil dari sebuah kota bernama Gouda, serta di pasarkan ke penjuru dunia. Memiliki teksturnya keras serta citarasa gurih, rasanya nyaris sama dengan keju edam. Keju ini umumnya dilapis lilin berwarna kuning.

16. Blue Cheese

Keju biru (blue cheese) ialah jenis keju putih dengan urat-urat biru dengan tekstur yang empuk. Keju ini beraroma tajam dan rasa keju ini khas dan sedikit asin. Blue cheese dapat secara langsung dikonsumsi atau sebagai campuran makanan. Umumnya dikonsumsi dengan biskuit crackers ataupun baquette.

17. Keju Mascarpone

Keju mascarpone yaitu keju kental berwarna putih segar yang asalnya dari Italia. Jenis keju ini adalah keju lembut dan teksturnya seperti krim cheese karena dalam membuatnya memakai cream dari susu sapi.

Keju mascarpone umum dipakai untuk pembuatan cake, seperti cake tiramisu. Apabila tak ada keju mascarpone, maka untuk cake tiramisu dapat menukarnya dengan krim cheese. Citarasanya memang serupa, tetapi penggila tiramisu bisa dengan jelas membedakan mana keju mascarpone dan mana krim cheese.

Jual Keju Beraneka Macam

Berikut ini jenis keju dan daftar harga keju yang dijual online:

Nama Keterangan Ukuran (gram) Harga (Rp)
Keju Mozarella Florida (best seller) Keju mozarella kualitas premium. Sertifikat Halal Internasional. (daya tahan pengiriman 4-5 hari) 250

1000

55.000,-

175.000,-

Keju Mozarella Perfetto Keju Mozarella import berkualitas yang cukup terkenal di pasaran. (daya tahan pengiriman 4-5 hari) 250

1000

50.000,-

150.000,-

Keju Mozarella Pasta & Pizza (best seller) Low Moisture Whole Milk Mozzarella yang halal, cocok untuk dimasak dalam oven hingga suhu 180 C. Rasa susunya sangat terasa sehingga dapat dimakan langsung begitu saja. Tahan di suhu ruang 3-4 hari, di kulkas biasa 2 bulan, di freezer 1 tahun. 225 45.000,-
Keju Mozarella Anchor Anchor Mozzarella Cheese merupakan keju mozzarella import berkualitas bersertifikat Halal MUI. Anchor Mozzarella Cheese biasa dipakai di hotel bintang 5, diaplikasikan pada produk pizza, pasta, lasagna, spaghetti dan berbagai masakan cafe, hotel, maupun restoran khususnya dengan menu italia. 1000 165.000,-
Keju Mozarella Eurial France Keju mozarella premium bersertifikat halal impor dari produsen keju ternama Prancis yakni Eurial. 500

1000

90.000,-

180.000,-

Keju Mozarella Lokal Keju mozarella lokal alami bersertifikat halal MUI. 250 40.500,-
Keju Parmesan Bubuk Florida (best seller) Keju Parmesan bubuk dengan kualitas premium. Biasa digunakan untuk cake, kue, pizza, dll. 100 35.000,-
Keju Bola Edam Victoria Dejong’s (best seller) Keju bola edam import dari Holland, berkualitas dan lebih ekonomis. Sertifikat Halal International. Berat 100gr/slice berupa potongan yang direpacking secara manual. 100 22.500,-
Keju Gouda Lokal Baros Keju Gouda Baros produksi asli dari Kota Baros. Cocok di sajikan untuk tooping atau dimakan langsung. 200 32.500,-
Keju Cheddar Dairy Gold Keju Cheddar Berkualitas yang dikemas secara minimalis untuk memudahkan dalam penyimpanan lebih praktis, rasa kejunya berasa dan dapat diparut untuk berbagai topping makanan 180 24.500,-
Keju Cheddar Kraft Keju Cheddar Berkualitas dari produk premium kraft yang sudah dikenal dipasaran. Dapat diaplikasikan untuk berbagai kue, martabak, dll. 2000 245.000,-
Keju Cheddar Prochiz Keju Cheddar Berkualitas dari produk premium prochiz yang sudah dikenal dipasaran. Dapat diaplikasikan untuk berbagai kue, martabak, dll. 2000 214.500,-
Keju Plain Baby Keju bayi belcube plain baby cheese spread makanan pendamping ASI (MPASI) 125 61.500,-
Blue Cheese Perancis Keju biru lembut diimport dari Perancis, kualitas dan rasa sangat enak. Produk ini bersertifikat Halal Internasional. 125 95.000,-
Keju Mascarpone Mascarpone Cheese diimport dari New Zealand. Cocok untuk campuran membuat tiramisu, cheesecake, dll. Bersertifikat Halal Internasional. 250 61.500,-

*harga diatas belum termasuk ongkir

Untuk mendapatkan informasi harga dan ketersediaan produk keju diatas silahkan hubungi Whatsapp 087833358789

Originally posted 2016-08-30 13:51:59.

Leave a Reply