Umum

Apa Itu Gelatin? Gelatin Halal atau Haram? Rekomendasi Penjual Gelatin Halal

Jual Gelatin Halal – (WA only 087833358789) Apakah itu gelatin? Halal kah? Memanglah banyak orang-orang pemula yang kurang tahu pengertian gelatin walau sebenarnya mereka telah kerap tahu bahkan juga konsumsi makanan memiliki bahan baku gelatin. Pada intinya gelatin yaitu satu zat kimia padat tetapi tidak berwarna, tembus sinar serta tak berasa.

Pengertian Gelatin

Gelatin adalah protein yang didapat dari zat kimia hidrolisis kolagen yang terbentuk dengan cara alami pada tulang atau kulit binatang seperti sapi ikan, ataupun babi. Sekedar info, gelatin dari bahan babi mempunyai kelebihan yakni harganya yang murah serta pemrosesannya yang mudah dan cepat jika dibanding dengan hewan yang lain. Maka jangan heran jika jenis gelatin ini yang paling umum digunakan dalam industri pangan serta obat-obatan.

Macam Jenis Gelatin yang Ada di Pasaran

Setidaknya ada dua jenis gelatin yang beredar dan banyak digunakan secara luas. Jenis gelatin ini dibedakan berdasar pada bahan serta langkah cara produksi atau pembuatannya:

Gelatin tipe A (acid)
Umumnya di produksi dari kulit babi muda. Sistem pembuatan dapat cepat lantaran rangkaian kolagen belum terikat kuat. Cara membuat jenis gelatin acid ini yaitu dengan merendam kulit babi dalam larutan yang disebut asam lemah (asam klorida) sepanjang sehari yang dilanjutkan dengan pencucian untuk menyingkirkan asam serta garam.

Gelatin tipe B (base)
Di buat dari tulang-tulang serta kulit tua dari hewan ternak seperti sapi, kerbau serta kambing. Pembuatan cukup lama bahkan sampai menghabiskan waktu berminggu-minggu dengan merendam kulit dan tulang ini dalam senyawa kalsium hidroksida hingga akhirnya kolagen ini terpisah. Setelah itu barulah diolah ke tahapan pengekstrakan.

Gelatin Halal atau Haram?

Gelatin yang diproduksi di luar negeri kebanyakan berasal dari babi. Sedangkan Indonesia seringkali mengimpor gelatin dari Eropa juga Amerika. Hal tersebut sering menjadi pertanyaan, apakah gelatin halal? Tenang saja! Untuk memberi perlindungan pada konsumen, kebanyakan negara umumnya memberi kebijakan yakni mewajibkan beberapa produsen untuk mencantumkan kode komposisi bahan baku produksi.

Inilah kode dari gelatin babi yang perlu diperhatikan, terutama oleh umat muslim:
101, 101A, 120, 150, 153, 160A, 160B, 161A, 161C, 163, 200, 270, 304, 310-312, 326, 327, 334, 336, 337, 350, 353, 422, 430, 436, 162, 470, 478, 481, 483, 491, 495, 542, 572, 575, 631, 904A

Namun untuk Anda umat muslim tidaklah perlu cemas perihal gelatin haram. Karena saat sekarang ini telah banyak gelatin produksi lokal maupun impor yang dalam proses pembuatannya dipilih dari bahan-bahan kulit serta tulang sapi yang pasti halal.

Jual Gelatin Halal

Gelatin bisa dibeli di toko kue, supermarket maupun toko on-line. Anda tidak perlu cemas, karena di Indonesia tiap-tiap produk selalu diberi label sertifikat halal dari MUI. Juga oleg Badan POM telah mengantisipasi akan hal ini. Walaupun gelatin itu hasil import namun tentu dari sapi yang halal.

Jual Gelatin Halal Murah Hubungi Ahmad WA 087833358789

Gelatin yang banyak dijual biasanya berbentuk gelatin bubuk (gelatin powder) serta gelatin lembaran (gelatin sheets). Untuk gelatin bubuk, dicampurkan dengan air dingin hingga mengental serta tampak bening. Untuk gelatin lembaran, di rendam di air dingin hingga tampak lunak baru kemudian diperas. Terakhir larutkan dengan air panas hingga tampak bening.

Manfaat Gelatin

Gelatin banyak dimanfaatkan dalam industri-industri serta banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kalangan yang sudah merasakan manfaat dari gelatin ini. Sebut saja industri makanan, industri-industri elektronik bahkan di sektor kesehatan dan obat-obatan.

Dalam industri makanan gelatin dapat jadi zat pengemulsi,dan dan lain sebagainya. Sifatnya gelatin yang gampang dibentuk dapat dimanfaatkan menjadi hiasan dari beragam jenis cake. Juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat gel pada makanan seperti permen kenyal, es cream, jelly, pudding, cake, olahan coklat, dan minuman susu formula.

Sedangkan dalam industri obat-obatan dan kosmetik, gelatin digunakan sebagai satu diantara bahan baku pembuatan vaksin, sabun, cangkang kapsul, pil, pasta gigi, obat gosok, dan beberapa bahan baku kosmetik.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*