Kenali Alergi Protein Susu Sapi Pada Buah Hati Anda

Susu sapi formula adalah salah satu jenis makanan tambahan yang diberikan pada anak untuk asupan gizi dan nutrisi selain yang didapat dari makanan utama. Namun sayangnya ada beberapa kondisi dimana anak mengalami alergi protein susu sapi, yaitu keadaan dimana antibody tubuh anak bereaksi secara abnormal terhadap protein yang terdapat dalam susu sapi dan menyebabkan gangguan pada kesehatannya. Orang tua selayaknya kenali alergi agar kondisi terburuk tidak akan dialami oleh anak akibat hal ini.

Umumnya gejala alergi protein susu pada anak dengan reaksi yang cepat akan timbul kurang dari 8 jam setelah anak mengkonsumsi susu sapi. Sedangkan pada reaksi yang lebih lambat gejala alergi baru akan timbul setelah lebih dari 8 jam. Bahkan terkadang gejala alergi bisa timbul setelah konsumsi susu sapi lebih dari 5 hari.

alergi protein susu sapi pada anak

Alergi Protein Susu Sapi via qsota.com

Gejala alergi protein susu sapi hampir sama dengan gejala alergi makanan, dan kondisi ini umumnya bisa dengan mudah dikenali. DI antara beberapa kondisi yang menjadi tanda dari gejala alergi karena susu sapi di antaranya adalah:

  • Gangguan pada kulit, yaitu muncul tanda-tanda seperti timbulnya bintik dan bisul kemerahan terutama di area telinga, pipi, dan daerah yang tertutup oleh pakaian yang agak ketat. Pada kulit tangan atau kaki kerap muncul bekas hitam seperti habis digigit serangga. Terdapat juga pembesaran kelenjar di bagian leher atau belakang kepala.
  • Gangguan saluran cerna yaitu muntah dan sering cegukan, buang angin juga kolik di malam hari. Sering buang air besar, dan fesses akan berbau tajam serta berwarna hijau atau berdarah. Bentuk fesses umumnya bulat kecil seperti kotoran kambing.
  • Gangguan saluran pernafasan pada anak seperti nafas berbunyi, batuk ringan, pilek, dan banyak kotoran hidung. Selain itu bisa juga terjadi sesak nafas (asma) dan suara menjadi serak.

Orang tua sebaiknya waspada dan tanggap kenali ciri dan masalah alergi anak yang terjadi pada anak. Segera hentikan pemberian susu formula saat gejala terjadi, dan ganti asupan susu dengan produk susu soya yang jauh lebih aman. Seperti produk susu SGM Soya yang memiliki kandungan isolat protein kedelai yang aman untuk anak dengan alergi susu sapi.

Originally posted 2017-01-27 17:57:32.

One Response

  1. Khasiat Walatra Gamat Emas Kapsul 12 Agustus 2017

Leave a Reply