Shalat Berjamaah 40 Hari Tanpa Putus, Ini Keutamaannya!

Keutamaan Shalat Berjamaah – Diantara salah satu ibadah yang agung serta menepati posisi yang mulia dan utama ialah shalat. Shalat telah diwajibkan serta merupakan pondasi penting bagi kaum mukmin.

Bahkan karena tingginya kedudukan shalat, sehingga sampai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan rukun Islam nomor dua setelah syahadat ini yakni sebagai pembeda antara seorang mukmin dengan yang kafir.

Perlu kita ketahui bersama bahwa terdapat suatu keutamaan shalat berjamaah 40 hari tanpa tertinggal takbiratul ihramnya imam. Keutamaan ini adalah pahala dan pembebasan siksa dari api neraka.

Shalat Berjamaah di Masjid

Hadits riwayat oleh Imam al-Tirmidzi, yakni dari Anas ibnu Malik ra, bahwasannya ia berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda:

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الْأُولَى كُتِبَتْ لَهُ بَرَاءَتَانِ بَرَاءَةٌ مِنْ النَّارِ وَبَرَاءَةٌ مِنْ النِّفَاقِ

“Barangsiapa shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbir yang pertama (takbiratul ihram), maka kepadanya ditulis dua kebebasan, yakni kebebasan dari (siksa) api neraka dan kebebasan (selamat) dari sifat munafik.” 

Namun sangat disayangkan fenomena akhir zaman seperti sekarang ini, kita sering mendapati banyak dari kaum muslimin yang sudah biasa meninggalkan shalat berjemaah. Dengan beribu-ribu alasan mereka mengabaikan shalat berjamaah yang penuh dengan pahala dan keutamaan ini.

Bahkan lebih parahnya lagi, ada yang mengerjakan shalat berjamaah hanya ketika Shalat Jumat ataupun shalat Hari Raya Ied saja. Sungguh disayangkan, begitu luar biasanya keutamaan yang didapat ketika shalat berjamaah, ternyata dilewatkan begitu saja.

Dan sungguh betapa beruntungnya jika seorang muslim, orang yang mengaku beriman dan mencintai Rasulnya senantiasa menjalankan shalat tepat waktu secara berjamaah di masjid. Tak peduli betapapun sibuknya, mereka tetap konsisten dan dapat meluangkan waktu untuk shalat berjemaah.

Karena pada hakikatnya, sepadat apapun urusan keduniaan seseorang, tidak akan pernah bisa mengganti keutamaan daripada shalat berjamaah.

Keutamaan Shalat Berjamaah 40 Hari Tanpa Putus

keutamaan shalat berjamaah 40 hari tanpa terputus

saudigazette.com.sa

Dikisahkan yakni orang-orang saleh pada zaman nabi, di era kejayaan Islam, mereka senantiasa menekankan akan pentingnya shalat berjamaah, terutama di masjid. Mereka tak pernah ketinggalan melaksanakan shalat berjamaah di masjid selama bertahun-tahun.

Ada kisah dari seorang ahli ibadah bernama Muhammad bin Samaah At Tamimi. Beliau tak pernah luput atau tertinggal takbiratul ihramnya imam hingga 40 tahun lamanya. Terhitung hanya sekali saja ia meninggalkan hal takbiratul ihram, itupun kala itu ibunya meninggal dunia.

Kisah lainnya berasal dari seorang tabi’in yang hingga 50 tahun tidak pernah ketinggalan takbir pertama dalam shalat berjamaah. Adalah Said bin Musayyib namanya. Ia pernah berkata, “Aku tidak pernah melihat punggung para jamaah karena aku berada di barisan terdepan selama 50 tahun.” Luar biasa!

Adapun keutamaan melaksanakan shalat berjamaah adalah barangsiapa yang mengerjakan secara konsisten (istiqomah) sepanjang 40 hari lamanya serta tidak ketinggalan takbiratul ihram pertama. Maka Allah akan memberi hadiah berupa dua pembebasan: pertama yakni bebas (selamat) dari neraka dan yang kedua berupa bebas dari sifat kemunafikan.

Sesuai yang tertuang dalam hadits sabda Rasulullah saw yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik seperti yang telah dijelaskan diatas:

“Barangsiapa shalat berjamaah 40 hari karena Allah dengan mendapatkan Takbir yang pertama (takbiratul ihram), maka kepadanya ditulis dua kebebasan, yakni kebebasan dari (siksa) api neraka dan kebebasan dari sifat munafik.” (HR.Tirmidzi)

Dari kutipan hadits di atas menerangkan bahwa syarat agar memperoleh keutamaan tersebut ialah dengan mengamalkan shalat berjamaah selama 40 hari tanpa tertinggal satu takbir pun. Maksudnya yaitu melaksanakan shalat berjamaah 40 hari berturut-turut tanpa putus. Maka insya Allah kita akan mendapat keutamaan pahalanya.

Wallahu A’lam.

Originally posted 2016-09-20 10:31:17.

Leave a Reply