Komponen Kelistrikan AC Split Indoor Unit

Lamandala.Net – Ada beberapa orang yang mungkin bertanya-tanya apa sih yang membuat AC bisa bekerja membuat udara menjadi sejuk, mungkin dengan membaca artikel ini kalian bakalan tahu jawabanya kenapa? Simak baik-baik yah, karena kali ini kita akan membahas tentang Komponen Kelistrikan AC Split yang ada di Unit indoor.

komponen ac

www.byroclimata.ru

Dari unit ini maka kalian akan berkenalan dulu dengan komponen kelistrikan:

Fuse

Listrik yang masuk ke komponen AC akan melewati Fuse dulu nih. Fuse ini berfungsi untuk mengamankan bila ada kerusakan. Jika ada eror di komponen kelistrikan yang lainnya, maka Fuse akan memotongan jaringan listrik sehingga bahaya kebakaran bisa dihindari, dan sebagai pengamanan pertama dari hubungan pendek arus listrik.

Motor Blower

Yang kedua, kalian akan menemukan Motor Blower. Ini berfungsi untuk mensirkulasikan udara didalam ruangan, sehingga udara itu dapat bersirkulasi melewati evaporator. Setelah udara berhasil melewati evaporator, udara akan dialirkan ke ruangan oleh pengatur aliran udara. Blower ini akan bekerja terus menerus sesuai dengan temperature yang kita atur, atau hanya akan berhenti jika temperatur yang kita inginkan tercapai. Atau kita menekan tombol off pada setingan remote control AC kita.

Motor Stepping

Kemudian ada Motor Stepping. Motor stepping pada unit AC Split indoor ini berfungsi untuk mengarahkan udara dari blower. Pengaturan arah hembusan angin bisa diatur menggunakan remote control.

Capasitor

Pada AC Split unit indoor kapasitor akan berfungsi sebagai penggerak motor blower saat running atau sebagai starting kapasitor.

Sensor Temperatur

Selanjutnya adalah Sensor Temperatur (Thermistor). Sensor temperatur (thermistor) adalah alat pengukur temperatur. Thermistor ini membaca temperatur dan selanjutnya data itu diproses oleh modul kontrol elektronik. Thermistor bisanya dipasang di bagian pipa evaporator AC Split. Kalian tahu tidak kalo Thermistor dibuat dari bahan semikonduktor yang dibuat dalam beberapa bentuk, seperti piringan, batangan, atau butiran, tergantung dari pabrikan AC.

Pada Unit AC ada dua jenis thermistor nih, yaitu thermistor temperatur ruangan dan thermistor pipa evaporator. Thermistor temperatur ruangan ini yang berfungsi menerima respon perubahan temperatur dan hembusan udara evaporator. Thermistor pipa berfungsi menerima perubahan temperatur pada pipa evaporator.

Modul Kontrol Elektronik

Modul Kontrol Elektronik pada AC Split mempunyai fungsi mengatur kerja keseluruhan Unit AC Split. Jika di analogikan, fungsi modul kontrol elektronik menyerupai fungsi otak manusia. Di dalam komponen PCB Kontrol terdiri dari bermacam-macam alat elektronik, seperti resistor, kapasitor, IC, rom, trafo, fuse dan komponen pendukung elektronik lainnya. Fungsinya pun beragam, mulai dari
menerima data dari remote control, mengontrol kecepatan blower indoor, pergerakan swing motor stepper, mengatur temperatur, lama pengoperasian (timer), mengontrol kerja compressor sampai menyalakan atau menonaktifkan AC.

Panel Indikator

Sebagai penampil status proses kerja dari unit AC Split. Indikator ini terdiri dari beberapa LED (light emitting diode).

Remote

Remote control pada AC Split berfungsi untuk pengaturan bagi pengguna, setting suhu, timer, kecepatan blower indoor dan pengaturan arah motor swing.

Oke sekian dulu artikel tentang Komponen kelistrikan AC Split pada unit indoor, untuk mencari tahu Komponen Listrik pada bagian unit outdoor kamu bisa mencarinya di google yah. Ayoo semakin banyak tahu semakin banyak ilmu yang kita peroleh. Semangat belajar yah! Jangan lupa untuk share artikel ini yah, kalo menurut kamu artikel ini menarik.

Sumber Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik

Leave a Reply