Kenali 5 Macam Teknik dan Proses Memasak Agar Tidak Salah Dalam Mengolah Makanan

Teknik dalam Memasak – Teknik memasak ada beraneka ragam caranya, tergantung bahan apa yang mau diolah. Jika Anda sudah tahu ilmunya, maka Anda tentunya takkan ragu-ragu untuk mencoba beraneka ragam resep yang ada dan ditemui.

Terkadang ada yang masih kebingungan mengenai teknik memasak yang banyak dijumpai pada resep-resep masakan. Tidak sedikit istilah yang khas, yang serta mempunyai arti yang asing di telinga. Maka dari itu tulisan ini akan mengajak Anda mengenal satu persatu dari sekian banyak proses memasak.

Teknik Memasak Stewing

www.cdkitchen.com

www.cdkitchen.com

Teknik memasak yang pertama adalah stewing. Bahan makanan yang dimasak dalam cairan atau kaldu yang berasal dari bahan itu sendiri dan dimasak bersama api yang kecil dalam waktu yang sedikit agak lama. Dengan begitu, bumbu atau kandungan rasa masih terjaga serta semakin meresap ke dalam makanan tersebut. Ditambah lagi, bahan makanan juga jadi lebih empuk atau lunak serta tidak kering. Adapun contoh memasak dengan cara stewing adalah memasak semur daging.

Teknik Memasak Pan Frying

Teknik pan frying yaitu teknik memasak dengan cara menggoreng bahan makanan bersama lemak atau minyak dengan wajan panas. Sedangkan untuk takaran atau banyaknya minyak cukup hanya sebatas setengah bahan makanan yang dimasak atau setidaknya menyentuh bawahnya makanan yang dimasak tersebut.

www.thetastyspot.com

www.thetastyspot.com

Sesudah bahan digoreng hingga terlihat kering serta berwarna sedikit kecokelatan, selanjutnya balik sisi lain dengan sutil atau penjepit sehingga semua sisinya matang sempurna. Hasil makanan menjadi kering, krispi/renyah, berwarna agak kecokelatan dengan karakteristik banyak mengandung minyak. Contoh makanan menggunakan teknik memasak ini adalah masakan berbahan dasar ayam, Chicken Cordon Bleu, yaitu ayam fillet yang di dalamnya berisi daging asap ditambah keju.

Teknik Memasak Deep Frying

Teknik memasak ini adalah dengan menggoreng bahan makanan hingga menjadi kering dan krispi/renyah. Adapan caranya adalah merendam bahan makanan tersebut ke dalam minyak panas sampai terendam sepenuhnya. Contohnya yaitu saat menggoreng kentang, pisang goreng, nugget atau kacang.

foodal.com

foodal.com

Teknik Memasak Sauteing (Menumis)

Apa itu saute? Ini adalah salah satu teknik dalam memasak dengan metode memasak yang kering, dengan memanfaatkan panas tinggi serta sedikit menggunakan minyak ataupun lemak. Saute berasal dari Bahasa Prancis yang berarti ‘melompat’ atau ‘melempar’. Ide atau konsepnya yaitu memasak bahan makanan dengan dimasak diatas wajan hanya dalam waktu singkat.

Manfaat dari saute ini adalah sayuran tak perlu berlama-lama dimasak karena dikhawatirkan nanti zat-zat nutrisinya akan hilang serta rusak jika dibiarkan terkena panas minyak terlalu lama.

www.food.com

www.food.com

Saute jadi salah satu trik yang pas dalam memasak karena panas yang tinggi dari minyak sanggup membunuh bakteri, namun durasi memasak yang terbilang singkat tersebut membuat tekstur makanan/sayuran tetap konsisten sekaligus renyah dan dengan citarasa yang terjaga. Penampakan makanan/sayuran pun masih menarik kala disajikan.

Jumlah makanan yang akan dimasak sekitar sepertiga dari bagian wajan atau maksimal adalah setengah bagian menutupi permukaan wajan sehingga masih ada ruangan yang digunakan untuk melepaskan uap air yang terkandung dalam bahan makanan tersebut.

Teknik Memasak Blanching (Memutihkan)

www.justonedonna.com

www.justonedonna.com

Blanching (memutihkan) ialah teknik dalam memasak yaitu dengan cara merendam bahan makanan sebentar dalam air mendidih hingga setengah matang. Metode ini menciptakan nutrisi konsisten utuh sehingga menjadikan makanan masih terlihat segar dan tidak ada perubahan pada rasa atau tampilan sajian. Metode blanching merupakan suatu cara yang bermanfaat untuk menghapus membran daging (contohnya hati dan roti manis) atau kulit dari sayuran (contohnya buah persik & tomat).

Teknik Poaching (Merebus)

www.marthastewart.com

www.marthastewart.com

Poaching adalah memasak bahan makanan dalam air bersama api kecil dengan air yang sedikit atau maksimal hanya sebatas menutupi bahan makanan yang direbus. Poaching merupakan teknik memasak dengan merendam sebagian bahan atau keseluruhan bahan halus seperti ikan atau telur, dalam air dibawah titik didih. Anda bisa menambahkan di dalamnya dengan kaldu (bisa kaldu daging atau kaldu ayam), atau bahan penambahan lainnya seperti potongan sayuran atau rempah segar ke dalam air rebusan.

Teknik Boiling (Merebus)

Salah satu metode yang sangat dasar dalam kegiatan memasak adalah merebus (boiling). Boiling (merebus) membuat Anda bisa menciptakan bermacam kreasi sajian dengan aneka ragam bahan dan dengan hasil akhir yang bermacam-macam pula.

www.rgbstock.com

www.rgbstock.com

Beberapa tips dalam merebus adalah ketika memasak sayur diusahakan jangan terlampau matang, agar kesegaran dan nutrisi dalam sayuran tersebut tidak hilang. Tips lain, jika ingin segera mempercepat proses memasak, bisa dengan merendam bahan makanan yang telah direbus ke dalam air dingin.

Teknik Simmering

Teknik memasak dengan simmering adalah merebus bahan makanan di dalam air yang akan mendidih, yaitu dikala mulai muncul gelembung-gelembung kecil permukaan air panas tersebut disertai adanya uap-uap yang muncul keatas.

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Teknik memasak ini salah satunya dipakai sewaktu Anda hendak membuat saus dan atau merebus daging untuk membersihkan kaldu dari kotoran darah kala menciptakan sup. Daging yang direbus melalui metode simmering ini, nantinya di bagian atas akan muncul ampas atau kotoran yang mengambang. Kotoran ini nantinya disisihkan atau dibuang agar tercipta kaldu yang tetap jernih.

Teknik Steaming (Mengukus)

Teknik dalam memasak lainnya adalah dengan steaming. Steaming atau mengukus adalah proses dalam memasak dengan uap air yang mendidih dalam wadah khusus untuk mengukus. Biasanya tersusun dari dua bagian. Bagian bawah berisi air yang mendidih, sedangkan yang atas adalah sebagai tempat untuk menaruh bahan makanan yang dikukus (biasanya mempunyai dasar yang berlubang).

eyeforarecipe.ca

eyeforarecipe.ca

Uap dari air yang mendidih dibawah tadi masuk ke bagian atas tempat makanan melalui lubang-lubang yang terdapat di dasar permukaan tempat menaruh bahan makanan tadi. Sehingga memberikan suasana hangat dan lembab yang nantinya akan membuat bahan makanan termasak dengan sendirinya.

Adapun beberapa manfaat dari teknik memasak dengan menggunakan metode steaming adalah, makanan bisa menjadi lebih padat, enak dan sedap, dan zat-zat atau nutrisi yang ada pada makanan tersebut tidak banyak yang hilang.

Teknik Memasak Braising

Braising yakni salah satu teknik memasak dengan cara membakar makanan dalam lemak panas sebelum mendidih dalam wadah yang tertutup memakai sedikit air kaldu atau air yang lain. Dengan memberikan air dalam jumlah yang sesuai akan menjamin sajian makanan yang dimasak menjadi lebih empuk.

Teknik Roasting dan Baking (Memanggang dan Membakar)

Teknik memasak selanjutnya adalah roasting dan baking. Teknik memasak dengan roasting dan baking adalah tentang teknik memasak makanan memanfaatkan suhu panas yang kering di lingkungan yang tertutup.

Teknik memasak dengan metode ini merupakan trik yang paling ideal untuk memasak makanan dengan ukuran cukup besar seperti misalnya daging, unggas ataupun ikan. Untuk mendapatkan citarasa yang lebih mantap, sebelum proses pemanggangan daging atau ikan jangan lupa untuk memberi sedikit bumbu atau rempah.

Teknik Grilling dan Broiling

Perkenalkan teknik grilling dan broiling. Keduanya merupakan teknik memasak dengan secara kilat yang kebanyakan diterapkan untuk memasak daging lembut alami, unggas atau ikan.  Jika grilling adalah memanggang dengan memanfaatkan sumber panas serentak dari bawah, sedangkan broiling menggunakan panas dari atas.

Rata-rata dilakukan dalam oven, broiling memakai sumber panas dari atas untuk memasak makanan.  Tidak sedikit oven rata-rata mati sesudah mencapai suhu tertentu, namun makanan di dalamnya dibiarkan sehingga terlalu matang karena terkena uap di dalamnya. Untuk mencegah perihal ini, bukalah pintu oven agar mengijinkan panas ke luar.

Itulah beberapa teknik memasak dari mulai dasar hingga yang sudah expert. Kesemuanya dapat Anda pelajari agar nantinya dapat menerapkan serta menciptakan dan membuat sendiri berbagai masakan enak yang pastinya dengan cara yang tepat. Sekian!

Originally posted 2016-03-13 06:36:38.

Leave a Reply