Makanan yang Baik dan Sehat Sebagai Obat Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia – Anemia adalah suatu penyakit dimana berkurangnya sel darah merah atau zat yang disebut hemoglobin (hb) yang ada di dalam darah. Pada fase tersebut jumlah hemoglobin berada di level di bawah normal. Hemoglobin (hb) sendiri yaitu senyawa protein yang ia bertugas mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Oleh kebanyakan orang penyakit anemia biasa disebut penyakit kurang darah. 

Jika di dalam tubuh seseorang mengalami kekurangan zat hemoglobin ini, maka akan timbul rasa letih, lemah, atau lesu pada tubuh seseorang tersebut. Dikarenakan organ dalam tubuh seseorang itu tidak menerima apa yang mereka butuhkan dalam hal ini zat oksigen.

Perasaan letih, lemah, dan lesu tadi merupakan gejala anemia, yang kebanyakan orang menyebutnya kurang darah. Yang perlu digarisbawahi disini adalah penyakit anemia atau kurang darah berbeda dengan darah rendah.

Darah rendah adalah keadaan tekanan darah dalam tubuh seseorang dibawah normal, biasa disebut hipotensi. Sedangkan anemia adalah kurangnya zat hemoglobin dalam darah. Semoga Anda tidak salah lagi membedakan dua hal ini, ya!

Makanan serta buah penambah darah yang bagus untuk dikonsumsi oleh seorang penderita kurang darah sangatlah banyak. Seperti kita ketahui bahwa cara untuk dapat mencegah atau cara mengatasi anemia atau meminimalisir gejala anemia bisa dengan cara yang alami yaitu dengan cara mengatur suplai makanan yang dapat menambah darah.

Hal ini sangat lebih baik ketimbang mengkonsumsi obat maupun suplemen yang beredar di pasaran. Penyakit anemia mempunyai ciri-ciri yang nampak yakni L3 (letih, lesu, dan lelah) ketika sedang beraktifitas dan rasa pusing yang timbul.

Mengatasi Anemia

bundanet.com

Penyebab Anemia atau Kurang Darah

Pengertian umum anemia adalah keadaan dimana berkurangnya kandungan jumlah hemoglobin (hb) atau sel darah merah dalam darah. Hb atau Hemoglobin ini sendiri ialah zat protein yang tugasnya adalah untuk membawa/mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Seperti kita ketahui produksi sel darah merah itu sendiri berada di sumsum tulang.

Terserang penyakit anemia / kurang darah mempunyai beberapa penyebab. Namun terkadang tanpa kita sadari penyebab anemia itu datang dari kita sendiri. Bisa jadi aktifitas kita sehari-hari dapat menjadi penyebab kurang darah seperti:

  • Penyebab Anemia Karena Kurangnya Asupan Zat Gizi

Kadang ketika kita memilih makanan sering tidak memperhatikan nilai gizi yang terkandung. Kebiasaan orang indonesia pada umumnya adalah yang penting kenyang. Apalagi bagi Anda orang yang pernah merantau pasti tahu memikirkan bagaimana caranya bisa makan dan tidak mengeluarkan biaya banyak.

  • Penyebab Anemia Karena Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menyebabkan kurang darah. Karena tubuh yang seharusnya butuh istirahat tidak mendapatkan jatah istirahat. Karena sesungguhnya aktifitas tidur merupakan salah satu istirahat yang paling efektif. Namun kualitas tidur juga mempengaruhi dan itu tidak dinilai dari berapa lama anda tidur. Kualitas tidur menurut para dokter adalah ketika Anda bangun anda merasa fresh kembali.

  • Penyebab Anemia Karena Terlalu Banyak Bekerja Melebihi Batas

Terlalu sibuk bekerja dan tidak memikirkan keadaan badan bukanlah kebiasaan yang baik, meskipun Anda merasa bahwa tidak apa-apa tetapi yakinlah tubuh Anda juga berhak untuk mendapatkan jeda waktu untuk isitrahat

Selain itu, penyakit anemia atau kurang darah juga bisa diakibatkan dari kurangnya pemompaan darah dari jantung. Jadi bila semakin banyak darah yang akan dipompa dari jantung pada setiap menitnya, maka semakin tinggi juga tekanan darahnya.

Ketika Anda atau orang terdekat dari Anda mengalami penurunan darah bisa diatasi dengan cara memperhatikan konsumsi makanan, karena konsumsi dan gizi makanan berperan cukup besar,untuk itu bisa di atasi dengan konsumsi makanan dan buah-buahan penambah darah.

Mengatasi Anemia Obat penambah darah

health.kompas.com

Pilihan Makanan dan Buah Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

Penyakit anemia banyak macamnya, seperti anemia aplastik dan lain-lain. Namun kebanyakan ciri-ciri anemia atau kurang darah tidak jauh berbeda. yang Pasti, jika Anda menemukan ciri-ciri kurang darah, sebaiknya harus segera diatasi. Karena bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, utamanya penyakit anemia pada ibu hamil.

Jika Anda memang merasakan gejala-gejala anemia atau gejala kurang darah seperti letih, lemah, dan lesu, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan-makanan penambah darah berikut ini untuk mengatasi penyakit anemia. Makanan-makanan penambah darah ini lebih baik ketimbang harus minum obat anemia atau obat kurang darah yang kebanyakan memakai bahan-bahan kimia.

  • Mengatasi Anemia dengan Konsumsi Daging

Daging menjadi salah satu makanan yang perannya sangat baik untuk meningkatkan sel darah dalam tubuh. Daging bisa meningkatkan kadar hemoglobin serta juga kaya akan zat besi. Selain itu juga daging merupakan makanan yang mudah diserap oleh usus dan tidak menyebabkan pencernaan menjadi tersumbat.

Meskipun mudah diserap namun janganlah berlebihan karena itu tidak baik. Karena jika berlebih dikhawatirkan beresiko kegemukan, serangan jantung semakin bertambah, dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan lemak berlebih karena konsumsi daging yang berlebih.

  • Mengatasi Anemia dengan Konsumsi Buah

Buah anggur, apel, melon dan kismis adalah beberapa buah yang mempunyai kandungan vitamin yang baik. Selain itu, buah-buahan tersebut ternyata juga bisa untuk membantu meningkatkan jumlah hemoglobin atau sel darah merah.

Manfaat lain yang didapat saat mengkonsumsi buah-buahan ini adalah dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Selain buah-buahan di atas, Anda juga bisa mencoba buah jeruk dan limau. Buah-buahan tersebut juga baik sebagai penambah zat besi untuk tubuh.

  • Mengatasi Anemia dengan Konsumsi Sayuran

Tahukah Anda bahwa tidak semua sayuran dapat secara efektif menambah darah? Tidak semua sayuran dapat efektif untuk pengobatan anemia, hanya ada beberapa sayuran yang bisa dibilang efektif sebagai penambah darah diantaranya : kacang merah, kacang polong, sawi, bayam, ubi, kentang, lebak, kol dan brokoli.

  • Mengatasi Anemia dengan Konsumsi Kacang Almond

Jenis kacang yang bisa membantu mengatasi kurang darah salah satunya adalah kacang almond, karena mengandung zat besi. Dengan mengkonsumsi kacang almond diharapkan dapat membantu Anda yang sedang dalam masa pengobatan anemia atau penyakit kurang darah ini.

Makanan serta Buah Penambah Darah

Itulah beberapa makanan dan buah yang bisa Anda konsumsi untuk sebagai cara mengatasi anemia atau kurang darah. Jika dirasa Anda masih merasa lemas dan loyo ataupun kurang bergairah. Maka yang perlu di perhatikan adalah semua itu membutuhkan waktu dan proses untuk mendapatkan sebuah reaksi. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter atau ahli gizi di kota Anda.

Originally posted 2016-07-10 16:18:16.

Leave a Reply