Makanan Sehat untuk Diet Alami dan Tips Diet yang Aman dan Sehat

Makanan untuk Diet – Prioritas utama ketika Anda sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan adalah menu makanan untuk diet sehat. Berbicara menurunkan berat badan pasti ada yang bilang susah dan ada juga yang bilang gampang.

Memang sih itu semua tergantung yang menjalaninya. Jika Anda menjalaninya secara rileks dan menganggap semua ini adalah usaha maka terasa mudah. Namun jika merasa itu adalah sebuah hal yang menyiksa maka tentunya itu akan menjadi beban tersendiri buat Anda.

Makanan sehat untuk diet mungkin ada pada pola makan yang teratur. Pola makan yang teratur ialah salah satu kunci keberhasilan yang dijalani oleh banyak orang. Selain itu yang harus diperhatikan selain pola makan adalah nilai gizi makanan untuk diet yang akan kita konsumsi. Ya, meskipun sedang dalam keadaan diet namun tetap harus memperhatikan nilai gizi atau kandungan gizinya.

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet, hal pertama yang mungkin harus diperhatikan adalah memilih-milih makanan untuk diet yaitu dengan cara menghindari makanan yang mempunyai kadar kalori yang tinggi.

Sebagai contoh Anda memakan 1 porsi makanan yang berkalori. Memang hanya sekali Anda memakannya namun makanan tersebut sarat akan kalori yang banyak. Hal ini akan menjadi percuma ketika menjalani program diet. Anda dapat mengganti makanan yang berkalori tinggi dengan makanan untuk diet yang tentunya sehat serta mengandung cukup banyak serat dan protein.

Mengurangi porsi makan terutama nasi dan menggantinya dengan makanan untuk diet, yaitu yang mengandung serat seperti buah dan sayuran. Sebagai contoh: jika Anda setiap kali makan dapat menghabiskan 10 sendok nasi, maka kurangi porsi tersebut menjadi setengahnya dan ganti dengan memakan buah-buahan atau sayuran.

Makanan untuk Diet

makanan untuk diet sehat

www.justmyfitness.com

1. Sayur-sayuran

Sayuran merupakan sumber serat yang mudah kita jumpai. Dengan mengganti makanan yang mengandung kalori dengan makanan yang mengandung serat maka kita dapat mempercepat proses diet. Sayuran seperti bayan, wortel, kol dll., sangat bagus juga untuk menjaga Ph air dalam tubuh dan mempermudah proses pencernaan.

2. Gandum

Gandum merupakan makanan yang tepat bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Makanan kaya akan gizi dan serat ini bisa ditemukan pada roti gandum maupun oatmeal. Selain itu memilih gandum sebagai makanan untuk diet dapat mengurangi kadar lemak dan juga dapat menjaga kadar gula darah pada tubuh.

3. Alpukat

Buah ini bisa digunakan untuk menjadi pilihan menu makanan sehat untuk diet. Meskipun mempunyai kadar lemak yang tinggi dibanding dengan buah yang lainnya namun masih sangat rendah jika dibandingkan dengan nasi atau makanan yang lain.

Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah lemak yang bisa dibilang aman, yakni lemak tak jenuh. Karena lemak jenis ini mudah sekali untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu meskipun buah ini rasanya cukup manis namun buah ini juga banyak mengandung serat dan mengandung sedikit gula sehingga sangat cocok untuk menjadi makanan sehat untuk diet.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan yang cukup populer ketika sedang menjalani program diet. Selain itu juga yoghurt juga sangat baik untuk sistem pencernaan, teksturnya yang lembut membuat makanan ini mudah untuk dicerna.

Kadungan gizi pada yoghurt cukuplah lengkap, meskipun terdapat kandungan protein, kalori, lemak dan karbohidrat namun dalam skala yang kecil. Vitamin A, B, dan C juga terdapat pada yoghurt.

5. Paprika

Mengonsumsi paprika ketika menjalani program diet sangatlah bagus karena paprika mengandung vitamin A,C dan B6. Selain itu paprika juga bagus untuk metabolisme tubuh agar tubuh tetap terjaga.

6. Almond

Tidak semua masyarakat tahu khasiat kacang almond. Hal itu dikarenakan daya beli dari masyarakat akan kacang tersebut tergolong sedikit. Kacang almond termasuk kacang yang memiliki harga yang cenderung mahal, lebih mahal dibandingkan dengan kacang tanah dan jenis kacang lainnya.

Pasti Anda bertanya-tanya, kenapa kacang almond banyak sekali khasiat kesehatannya. Dalam sebuah kasus studi penelitian, ternyata terdapat beberapa hal yang sangat menakjubkan dari kacang almond. Salah satu khasiat almond adalah bisa dikosumsi untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan nutrisi yang ada dalam kacang almond bermanfaat untuk membantu proses penurunan berat tubuh. Nutrisi di dalam kacang almond yang berguna kala membantu penurunan berat tubuh adalah serat, lemak tak jenuh dan protein. Mengkonsumsi kacang almond akan memberi efek perasaan kenyang lebih lama.

Selain mengandung lemak sehat sehingga baik untuk jantung, terdapat juga kandungan vitamin, protein, serat dan asam lemak menjadi pelengkap dan sebagai penyempurna dari kacang almond ini.

Nah, untuk Anda yang berminat merasakan khasiat almond tersebut, Anda dapat membelinya pada penjual almond di supermarket terdekat, atau dapat mencari lewat internet. Anda bisa mengkonsumsi kacang almond secara rutin. Namun ketika menjalankan diet, sebaiknya tidak terlalu over memakan almond. Cukup sekitar 1 ons saja per harinya.

Cara Diet Alami dengan mengonsumsi Makanan Sehat

menu makanan untuk diet

acupunctureinwatsonville.com

Ilustrasi menu diet sehat pada pagi hari

Jika pada saat sarapan Anda terbiasa memakan nasi maupun omelet usahakan mengurangi porsi nasi (seperti yang sudah dijelaskan tadi), jangan sampai Anda tidak sarapan pagi karena itu tidak baik untuk Anda, nah bagi Anda yang terbiasa sarapan pagi dengan omelet dan campuran kuning telur atau keju maka gantilah kuning telur atau keju tersebut dengan sawi atau brokoli.

Ilustrasi menu diet pada siang hari

Ketika pada siang hari Anda mungkin terbiasa makan nasi dan makanan karbohidrat dan berlemak lainnya, sekarang Anda bisa menggantinya dengan menggunakan nasi jagung atau kacang-kacangan karena cukup rendah kalori ketimbang nasi, selain jagung ada juga kentang yang juga bisa menjadi alternatif makanan lainnya.

Ilustrasi menu diet sehat pada malam hari

Mungkin pada malam hari merupakan malam dimana kita bersantai dan menikmati makanan. Nah, tanpa kita sadari atau bahkan disengaja kita makan makanan yang mengandung kalori atau lemak yang tinggi dan kemudian tanpa disadari juga akhirnya ketiduran.

Hal inilah yang sering terjadi. Maka dari itu hindari makan setelah jam 6 malam. Jika pun Anda merasa lapar maka Anda bisa makan makanan yang rendah kalori. Rutin olahraga serta cukup istirahat juga sangatlah penting dalam membantu proses diet Anda.

Itulah tulisan kesehatan tentang tips diet sehat dengan menu makanan sehat untuk diet. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa untuk membaca tulisan kami yang lainnya Manfaat Biji Selasih yang luar belum banyak diketahui orang.

 

Originally posted 2016-08-10 06:31:27.

Leave a Reply