Manfaat Tersembunyi Bunga Kamboja Bagi Kesehatan yang Penting untuk Anda Ketahui

Manfaat Bunga Kamboja – Zaman dahulu, bunga kamboja dianggap ‘horror’ karena biasanya ditemukan menghiasi kawasan pemakaman atau perkuburan. Padahal, jika diamati lebih dekat, bunga kamboja memiliki bunga yang unik dan indah. Tak ayal, saat ini, bunga kamboja sudah banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Namun, bunga cantik ini tidak hanya berguna sebagai tanaman hias saja. Ada banyak manfaat bunga kamboja bagi kesehatan yang belum banyak diketahui. Bunga kamboja sebenarnya berasal dari wilayah Amerika Tengah. Walaupun begitu, bunga ini banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.

Jenis bunga kamboja yang banyak ditemukan dan dijadikan tanaman hias di Indonesia adalah Kamboja Kuning, Kamboja Putih dan Kamboja Merah. Berikut apa saja manfaat kamboja bagi kesehatan yang perlu diketahui.


1. Sakit Gigi


Obat sakit gigi

www.mouthhealthy.org


Manfaat bunga kamboja bagi kesehatan yang pertama adalah mengobati sakit gigi. Sakit gigi memang penyakit ringan tetapi sakitnya sungguh luar biasa mengganggu jika tidak diobati dengan segera.

Baca juga Minum Air Hangat Setelah Bangun Tidur Ternyata Manfaatnya Luar Biasa

Sebelum pergi ke dokter gigi, Anda bisa meredakan rasa nyeri pada gigi dengan menggunakan getah pohon kamboja. Hal ini dikarenakan getah pohon kamboja mengandung beberapa senyawa yang berperan sebagai antibiotik meliputi Flavonoid, Tanin, Triterpenoid dan Alkaloid.

Cara mengobati nyeri sakit gigi dengan getah kamboja juga sangat mudah. Pertama, Anda harus menggunakan kapas untuk mengambil tetesan getah kamboja. Setelah itu, Anda cukup meletakkan kapas tersebut pada gigi berlubang yang sakit. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus melakukan hal ini 1-2 kali sehari.


2. Bisul


mengobati bisul

www.wikihow.com


Manfaat yang kedua adalah menyembuhkan bisul. Proses penyembuhan bisul bisa dilakukan dengan menggunakan getah kamboja atau daun kamboja. Cara menyembuhkan bisul dengan getah kamboja sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil getah kamboja dan langsung mengoleskannya pada bisul hingga sembuh.

Sedangkan, cara menyembuhkan bisul dengan daun kamboja sedikit lebih rumit. Pertama, Panaskan selembar daun kamboja di atas api hingga lemas. Kedua, oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada daun yang sudah lemas. Terakhir, Anda tinggal menempelkan daun panas tersebut ke area bisul. Anda harus rutin melakukan hal ini agar bisul cepat kempes.

Baca juga Manfaat Bunga Melati yang Mengagumkan


3. Bengkak


mengobati bengkak

healthzene.com


Manfaat bunga kamboja bagi kesehatan yang ketiga adalah mengatasi bengkak. Bengkak bisa diatasi dengan memanfaatkan daun, akar dan kulit batang kamboja. Pengobatan bengkak yang pertama dengan mengombinasikan akar dan daun kamboja.

Caranya sangat mudah, Anda cukup merebus akar dan daun kamboja dengan tambahan sedikit garam hingga mendidih. Air rebusan inilah yang harus digunakan untuk mengompres anggota tubuh yang bengkak. Sedangkan pengobatan yang kedua, Anda hanya perlu menghaluskan kulit batang kamboja dan merebusnya hingga mendidih. Air rebusan ini digunakan untuk kompres.


Demikianlah informasi singkat mengenai manfaat bunga kamboja bagi kesehatan yang mungkin belum diketahui banyak orang. Terbukti, bunga kamboja tidak hanya cantik sebagai tanaman hias tetapi juga bermanfaat untuk mengobati beragam masalah kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi banyak orang untuk mulai menanam bunga kamboja di rumah.

Baca juga Manfaat Jafra Royal Jelly

2 Comments

  1. Parto 18 Juni 2016
    • lamandala 19 Juni 2016

Leave a Reply