Kesehatan

7 Manfaat Luar Biasa Daun Singkong yang Sering Diabaikan

Manfaat Daun Singkong – Menurut Badan PBB yang menangani masalah pangan dan pertanian, Singkong (Manihot esculenta Crantz) merupakan sumber kalori nomor tiga terpenting setelah padi dan jagung, terutama di daerah tropis seperti di Asia, Afrika dan dan daerah Amerika Latin.

Orang-orang terutama dari kalangan miskin di daerah tersebut memanfaatkan singkong sebagai bahan makanan dan sebagai sumber pendapatan. Semua bagian dari tanaman singkong mempunyai manfaat masing-masing. Mulai dari batang, akar hingga daun dapat diambil manfaatnya. Peran daun singkong begitu terasa bagi manusia.

Manfaat Batang Singkong

Batang singkong adalah bagian yang dapat dimanfaatkan, baik untuk kesehatan maupun pertanian. Panjang batang tanaman singkong rata-rata sekitar 2 hingga 3 meter. Sedangkan ukuran pada batang bermacam-macam, tergantung varietas dari singkong tersebut.

manfaat batang singkong
Dreamstime.com

Batang singkong bisa dijadikan bibit dengan metode stek. Caranya dengan memotong batang pohon singkong menjadi beberapa potongan berukuran kira-kira 20 cm. Selain untuk bibit baru, pohon singkong juga bisa menjadi pupuk alami yaitu dengan cara dibakar pada lahan pertanian.

Sedangkan manfaatnya dalam hal kesehatan, batang singkong dapat menyembuhkan luka dengan cara diparut lalu ditempel pada luka. Selain itu bisa mengobati penyakit rematik dengan cara diracik terlebih dahulu bersama campuran jahe, garam dan serai. Baru kemudian diminum airnya.

Manfaat Umbi Singkong

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari singkong ada di bagian umbi. Umbi singkong atau yang lebih gampangnya disebut singkong adalah umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat. Selain itu ia mempunyai citarasa yang enak sehingga dapat diolah menjadi makanan apa saja dan pastinya nikmat untuk dikonsumsi.

singkong-dan-manfaat-daun-singkong
Livestrong.com

Umbi dari singkong ini memiliki karakteristik berbentuk umbian yang memanjang. Berat rata-rata umbi adalah 500 gram atau lebih. Memiliki kulit yang tipis dengan warna kecokelatan di bagian luar dan berwarna putih kekuning-kuningan pada bagian dalam akar.

Manfaat Daun Singkong

Saatnya membahas tentang manfaat daun singkong. Ternyata bukan hanya umbi atau batangnya saja yang mempunyai nilai lebih. Dalam daun singkongnya juga kaya akan manfaat, utamanya manfaat bagi kesehatan. Daun singkong baik untuk dikonsumsi, karena terdapat banyak nutrisi di dalam selembar daun singkong.

Sebelum dikonsumsi, daun singkong harus dimasak terlebih dahulu. Sebab di dalamnya terkandung zat asam hidrosianat yang beracun, dan baru akan hilang setelah dimasak.

Bicara tentang daun singkong, sangat banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang berkhasiat dan bermanfaat bagi manusia. Lalu, apa sajakah itu? Simak pembahasan tentang manfaat daun singkong yang akan diulas secara dalam pada tulisan dibawah ini.

Manfaat daun singkong bagi kesehatan
img source: iwan-lpmp.blogspot.com

Kandungan Daun Singkong

  • Protein

Daun singkong mengandung banyak protein. Dalam 100 gram daun singkong yang telah dimasak, ada sekitar 3,7 gram protein sayuran hijau yang cukup baik. Pada daun singkong juga terkandung berbagai jenis protein yang sebanding dengan telur dan kedelai.

Kandungan protein yang sungguh menakjubkan dari daun singkong juga sebanding dengan daun kentang dan daun kacang manis, bahkan ditemukan protein 10 kali lebih banyak dalam daun singkong bila dibandingkan dengan protein yang ada di akarnya itu sendiri.

  • Karbohidrat

Di dalam daun singkong juga mengandung cukup karbohidrat. Kandungan karbohidratnya hampir sama dengan dengan kandungan karbohidrat dari biji dan kacang kedelai. Karena kandungan karbohidrat inilah, dengan mengkonsumsi daun singkong maka tubuh akan merasa kenyang.

  • Rendah Kalori

Kalori dalam daun singkong cukup rendah. Perlu diketahui, dalam 100 gram daun singkong yang telah dimasak hanya mengandung sekitar 37 kalori. Hal ini merupakan kabar bagus, terutama untuk penggiat diet, karena dengan mengkonsumsi daun singkong bisa untuk menurunkan berat badan. Luar biasa, bukan!

Baca juga Makanan Untuk Diet Sehat dan Tips Menurunkan Berat Badan

manfaat-daun-singkong-bagi-kesehatan-tubuh
coloncancernewstoday.com
  • Vitamin

Kandungan vitamin dari daun singkong sebanding dengan wortel yang sangat baik dan berpengaruh bagi kesehatan. Daun singkong terdapat vitamin C merupakan antioksidan kuat untuk membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular, stroke, dan juga kanker. Terdapat juga vitamin B untuk meningkatkan mood, metabolisme dan juga vitalitas.

Kandungan Beta Carotene sebagai antioksidan kuat untuk mencegah kanker, dan mencegah serta memperbaiki kerusakan DNA. Terdapat kandungan kalsium dan fosfor untuk tulang yang kuat, zat besi dan tembaga untuk anemia, zinc yang berfungsi sebagai sistem imun (kekebalan tubuh) yang kuat, juga magnesium dan mangan. Lengkap sudah!

  • Mineral

Terdapat mineral yang baik untuk tubuh. Zat mineral yang terkandung dalam daun singkong adalah sebanding dengan hati dan telur.

  • Serat

Daun singkong mengandung sejumlah serat yang memacu pertumbuhan bakteri probiotik dan berfungsi untuk meningkatkan data tahan tubuh. Kandungan serat disini juga bisa untuk meredakan sembelit. Kandungan serat daun singkong yaitu sebanding dengan kacang-kacangan.

Ragam Manfaat Daun Singkong

Terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari daun singkong. Daun singkong sendiri cukup disukai di berbagai daerah di pelosok Indonesia. Selain rasanya yang enak untuk dijadikan sebagai sayur, banyak sekali khasiat dan manfaat menakjubkan dari daun singkong yang jika dikonsumsi akan berimbas pada kesehatan manusia. Apa saja itu?

Manfaat Daun Singkong Sebagai Sumber Tenaga

Kandungan berbagai macam protein atau asam amino esensial yang terdapat pada daun singkong adalah sumber tenaga (energi) yang cukup bermanfaat bagi manusia. Zat asam amino esensial ini membantu merubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh dalam beraktifitas.

Manfaat Daun Singkong Untuk Metabolisme Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa daun singkong kaya akan sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya banyak mengandung vitamin B ini dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel tubuh yang nantinya akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Manfaat Daun Singkong Sebagai Sumber Antioksidan

Daun singkong menjadi salah satu sumber antioksidan yang sangat baik dalam mencegah serta membuang zat-zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit-penyakit berbahaya misalnya kanker.

Manfaat Daun Singkong Untuk Diet

Daun Singkong juga baik untuk seseorang yang sedang menjalankan diet. Selain dari kalorinya yang rendah, kandungan serat dan protein yang tinggi sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

Manfaat Daun Singkong Untuk Penambah Darah

Bagi seseorang yang mengalami anemia, bisa mengkonsumsi daun singkong. Karena khasiat daun singkong salah satunya adalah sebagai penambah darah yang sangat ampuh bagi penderita anemia.

Manfaat Daun Singkong Untuk Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino esensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

Manfaat Daun Singkong Yang Baik Untuk Pencernaan

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa serat sayuran sangat baik untuk proses pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitupun dengan daun singkong yang mengandung banyak serat. Dengan mengonsumsi daun singkong maka efeknya adalah pencernaan dalam tubuh menjadi semakin baik.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari daun singkong. Ternyata pohon singkong tidak hanya umbinya saja yang enak, namun semua bagian dari pohon singkong tersebut mempunyai manfaat tersendiri, terutama pada bagian daun yang baik untuk kesehatan.

Originally posted 2016-03-01 02:56:44.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

5 komentar untuk “7 Manfaat Luar Biasa Daun Singkong yang Sering Diabaikan

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*