Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Jeruk – Rasanya tak ada seorang pun yang tak suka dengan buah jeruk. Baik orang tua atau anak muda, dewasa maupun anak-anak pasti sudah familiar dengan buah ini. Buah berasa manis agak asam ini begitu segar dan lezat sebagai penutup makan siang anda.

Namun apa yang lazim Anda kerjakan ketika menyantap jeruk, Anda membuang kulitnya ke tempat sampah? Tentu saja dibuang, buat apa jika tidak dapat dimakan? Eit tunggu dulu, kulit jeruk ini nyatanya banyak lho kegunaannya.

Seorang pengarang buku bernama Rebecca Wood, yang salah satu karyanya ”The New Whole Food Encyclopedia”, memaparkan bahwa kulit jeruk sebanding kegunaannya layaknya kulit apel. Keduanya memiliki kadar gizi dan kegunaan yang hampir serupa. Berikut ini manfaat kulit jeruk yang perlu anda tahu :

1. Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Dalam kulit jeruk ternyata memiliki lebih dari 60 persen flavanoid plus 170 varian phyto nutrients berbeda. Keduanya benar-benar baik bagi kulit dan metabolisme tubuh. Sampai-sampai Dr. Jaishree Bhattacharjee, menerangkan sejumlah manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan.

Teknik Ayurveda menerangkan bahwa kulit jeruk yang cita rasanya pahit tersebut memiliki sejumlah zat berfaedah untuk tubuh manusia. Satu diantaranya ialah akan menuntaskan masalah pencernaan, mengurangi mual, mengurangi asam lambung, juga membuang gas dari dalam pencernaan.

Manfaat kulit jeruk ini pun menjadi zat anti mikroba, maupun anti iritasi. Dengan begitu bisa memperbaiki kesehatan pencernaan yang tengah sakit maupun terkena infeksi. Malah ia bisa juga mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi.

Bahkan ketika diproses jadi minyak, kulit jeruk bisa untuk aromaterapi yang menjadikan tubuh lebih santai dan membawa tidur supaya lebih nyenyak.

Baca Juga Manfaat Kulit Semangka yang Jarang Diketahui Banyak Orang

kulit jeruk bermanfaat

www.closetcooking.com

2. Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kecantikan

Selain untuk kesehatan ternyata kulit jeruk juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Kulit jeruk dapat menyeimbangkan keadaan kulit. Meminimalisir kelebihan minyak di kulit dengan begitu menjadikan kulit lebih halus dan terhindar dari masalah jerawat.

Tatkala dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk, kulit jeruk bisa bermanfaat menjadi exfoliator. Membersihkan sisa sel-sel kulit mati, menangani masalah komedo, serta menjadikan kulit makin bercahaya.

Kegunaan lain atau manfaat kulit jeruk lainnya ialah jika digunakan sebagai masker, ia bisa membantu menyingkirkan bekas hitam pada kulit serta menyejukkan lagi kulit kusam. Jika digunakan di kulit dengan rutin, maka ia bisa menangkal tumbuhnya jerawat sekaligus menghalangi bakteri lain memunculkan problem untuk kulit.

Itulah beberapa manfaat kulit jeruk yang mungkin beberapa dari kita belum mengetahuinya. Ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan dari kulit jeruk yang biasa kita buang. Setelah tahu akan manfaatnya, masih mau membuang kulit jeruk begitu saja?

Originally posted 2016-07-04 13:14:17.

Leave a Reply