Ragam Manfaat Minyak Jarak Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Minyak Jarak – Minyak jarak adalah sejenis minyak khusus yang dibuat dari biji jarak atau yang bernama latin Ricinus communis. Minyak ini sangat berguna sebagai pelumas pada mesin-mesin industri atau pesawat terbang. Di masa lalu, minyak jarak menjadi komoditas yang mahal karena sangat vital ketika terjadi peperangan. Selain bahan pelumas, minyak ini juga digunakan untuk bahan baku produk-produk kimia lain cat, pelumas, plastik, farmasi, dan sebagainya.

Meskipun minyak jarak merupakan bahan baku industri, masyarakat umum dapat memakai langsung minyak ini sebab sangat baik bagi kesehatan. Para ahli kesehatan merekomendasikan minyak ini bagi mereka yang bermasalah dengan rambut dan kulit sebab kandungannya mampu meningkatkan struktur sel di kedua organ tersebut. Jika rambut Anda tipis dan mudah rontok, oleskan minyak ini secara merata sehabis mandi di pagi dan malam hari.

Manfaat Minyak Jarak

manfaat minyak jarak

beauty.grivy.com

Minyak ini melapisi rambut sehingga tidak mudah rontok ketika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu, minyak akan merangsang kulit kepala untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok atau mengalami kerusakan dengan cepat. Minyak ini berasal dari bahan alami sehingga aman digunakan pada jangka panjang. Jika Anda memiliki kulit kepala yang sensitif, penggunaan minyak ini adalah cara terbaik daripada produk kimia lain.

Efek lain ketika mengoleskan minyak pada kepala adalah menghilangkan ketombe. Berbeda dengan menumbuhkan rambut, permasalahan ketombe muncul akibat dari kotoran yang menempel dan susah hilang. Ambil perasan jeruk lalu campur dengan minyak jarak. Campuran keduanya dioleskan secara merata pada rambut.

Jika rambut sangat tebal, jumlahnya dapat diperbanyak tetapi jangan berlebihan. Diamkan sekitar lima belas menit agar ketombe ikut menempel pada minyak, setelah itu keramas dengan bersih. Bilas rambut berulang kali untuk memastikan tidak ada sisa-sisa minyak yang menempel. Setelah itu Anda dapat menggunakan lagi minyak untuk menumbuhkan rambut.

Manfaat Minyak Jarak

ragam manfaat minyak jarak

beauty.grivy.com

Fungsi minyak ini yang tidak kalah penting adalah mengencangkan kulit. Wajah yang sering terpapar sinar matahari akan mudah keriput dan kering bahkan mengalami pengenduran. Selain itu, usia juga berpengaruh pada kondisi kulit seseorang. Radikal bebas serta toksin yang bertebaran banyak tempat membuat kulit mudah berubah menjadi kusam.

Kondisi ini akan bertambah lebih buruk jika berlangsung secara terus menerus tanpa perawatan yang memadai. Anda cukup mengambil minyak yang berasal dari biji jarak lalu oleskan secara merata ke bagian kulit yang diinginkan. Khusus untuk muka, pastikan wajah telah bersih dari kotoran sebelum mengoleskannya.

Semua manfaat minyak jarak di atas dapat diaplikasikan di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Minyak ini merupakan produk alternatif terbaik sebagai pengganti bahan kimia yang rentan pada kulit. Penggunaan yang teratur pada rambut dan kulit akan menjadikan keduanya tampak sehat sehingga meningkatkan penampilan Anda.

Originally posted 2016-06-09 11:40:59.

Leave a Reply