Manfaat Sawi untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Sawi – Mayoritas masyarakat menyukai sawi karena rasanya yang lezat ketika dikombinasikan menjadi menu sayuran di rumah. Selain enak, tanaman yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa nutrisi yang banyak dimiliki sawi adalah vitamin K, flavonoid, vitamin A, vitamin C, asam pantotenat, karotenoid, folat, kalium thiamin, fosfor, sampai dengan fitonutrien. Kandungan tersebut diketahui memiliki zat yang sangat baik untuk mengatasi serta mencegah beberapa penyakit. Anda penasaran? Berikut adalah ulasan lengkapnya.


1. Manfaat Sawi untuk Mencegah Penyakit Diabetes


Manfaat Sawi obat diabetes

www.bodyconsultancy.com


Manfaat Sawi yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega dan asam alfa-linoleat yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga punya khasiat sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan juga jantung.

Baca juga Minum Air Hangat Setelah Bangun Tidur Ternyata Manfaatnya Luar Biasa


2. Manfaat Sawi untuk Menjaga Kadar Kolestrol


manfaat sawi

www.daimorestaurant.com


Sawi memiliki kadar serat yang sangat tinggi pada bagian daunnya yang berwarna hijau. Hal ini membuat sayuran ini dapat digunakan untuk menjaga kadar kolestrol pada tubuh. Bahkan, karena kandungan seratnya tersebut sawi juga bisa dijadikan obat alami yang baik untuk mengatasi masalah sembelit dan kanker usus besar. Tanaman ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit wasir.


3. Manfaat Sawi untuk Menyehatkan Tulang


tulang sehat Manfaat Sawi

www.tasteforlife.com


Seperti yang sempat disinggung, sawi memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi termasuk vitamin K. Sekedar informasi, vitamin K memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan vitamin K bertindak untuk membantu meningkatkan proses penyerapan kalsium pada tulang, mengonversi protein matriks tulang, serta meminimalisir ekskresi kalsium pada tulang.

Karena nutrisi yang dikandungnya tersebut, sawi juga bisa dijadikan makanan sehat untuk mencegah osteoporosis, anemia dan arthritis. Bahkan mengonsumsi sayuran sawi secara rutin ternyata juga dapat melindungi kesehatan tubuh dari penyakit asma.

Baca juga Ternyata Ada Manfaat Besar Dibalik Kulit Pisang yang Sering Kita Buang


4. Manfaat Sawi untuk Mencegah Penyakit Kanker


Kemoterapi kanker Manfaat Sawi

www.thedoctorschannel.com


Manfaat Sawi selanjutnya adalah mencegah kanker, khususnya kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan sawi memiliki kandungan sulfur glucosinolates yang telah teruji mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker seperti kanker paru-paru, prostat, payudara dan kolorektal pada tahapan tertentu.

Tak hanya itu, senyawa tersebut juga efektif meminimalisir resiko terkena melanoma, kanker pankreas dan kanker kerongkongan. Kemudian, kandungan klorofil yang tinggi pada sayuran sawi juga diketahui mampu menghalangi efek buruk senyawa karsinogenik amina heterosiklik. Dimana senyawa tersebut merupakan salah satu pemicu kanker.


Itulah tadi beberapa manfaat sawi yang bisa Anda diperoleh dengan mengonsumsi sawi. Mengonsumsi sayur-sayuran memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

Oleh karena itu, mengonsumsi sawi secara rutin bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk hidup lebih sehat. Demikian ulasan mengenai Manfaat Sawi untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk Anda di rumah.

Baca juga Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Originally posted 2016-04-30 09:53:13.

Leave a Reply