Kisah,Umum

Wow! Inilah 23 Manusia-Manusia Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Orang Indonesia, Lho!

Manusia Tertinggi di Dunia – Mungkin pernah sesekali terlintas dibenak kita tentang siapa ya manusia tertinggi di dunia? Sehingga seketika itu pula kita membayangkan seberapa tinggi manusia-manusia itu, akhirnya teringat cerita waktu kecil dulu.

Ketika kecil dulu kita sering mendengar kisah-kisah yang katanya di jaman nabi Adam dulu tinggi manusia mencapai 30-40 meter. Bisa kebayang berapa besar rumah tempat mereka tinggal? Pastinya sangat besar pula. Namun manusia tertinggi di dunia yang akan dibahas bukan manusia di jaman tersebut melainkan di dalam jaman ini.

Disini akan membahas manusia raksasa di jaman mulai abad 18 hingga abad sekarang. Dengan acuan tinggi umat manusia pada umumnya saat ini sehingga menjadikan orang-orang di daftar tersebut bisa dikatakan sebagai manusia tertinggi di dunia.

Semenjak abad 18 ada beberapa manusia yang terlahir dengan ukuran di atas rata-rata manusia pada umumnya sehingga mereka tampak menonjol. Jika dibandingkan dengan manusia lainya mereka bisa dikatakan manusia raksasa. Mau tau siapa saja orang-orang tersebut, simak dibawah ini.

Manusia Tertinggi di Dunia


manusia tertinggi di dunia Robert Pershing Wadlow
Robert Pershing Wadlow via Largest-Smallest.Com

1. Robert Pershing Wadlow adalah anak pasangan Addie Johnson dan Harold Wadlow yang lahir di Alton, Illinois, pada tanggal 22 Februari 1918, dan merupakan anak tertua dari lima bersaudara. Dia lebih tinggi dari ayahnya pada usia 8 tahun, dan di sekolah dasar mereka harus membuat meja khusus untuk dia karena ukuran tubuhnya yang raksasa.

Pada saat ia lulus dari SMA Alton pada tahun 1936, tingginya 8 kaki 4 inci (2,54 cm). Setelah lulus ia terdaftar di Shurtleff College dengan niat belajar hukum.

2. John William Rogan (16 Februari 1865 – 12 September 1905) adalah salah satu dari 17 orang yang dikenal dalam sejarah medis yang mempunyai ketinggian 8 kaki (2,44 m) dan juga manusia tertinggi di dunia kedua yang pernah dicatat, setelah Robert Wadlow.

3. Carroll dilahirkan di Buffalo, New York dan juga dikenal sebagai Giant Buffalo dalam literatur medis. Dia adalah orang tertinggi ketiga di dunia setelah Robert Wadlow dan John Rogan. Pertumbuhan yang luar biasa dimulai pada usia enam belas tahun dan berlanjut sampai kematiannya.

Dia mendapat perawatan yang intensif di Rumah Sakit Mercy yang mana ketika itu dia mengalami pertumbuhan tinggi sepanjang tujuh inci dalam hitungan beberapa bulan. Ia dimakamkan di Holy Cross Cemetery di Lackawanna, New York.


manusia tertinggi di dunia Leonid Stepanovich Stadnyk
Leonid Stepanovich Stadnyk via Thetallestman.Com

4. Leonid Stepanovich Stadnyk atau dalam bahasa Ukraina Леонід Степанович Стадник. Lahir di Zhytomyr Oblast, Ukraina pada 5 Agustus 1970 dan meninggal di Podolyantsi, Chudniv Raion, Zhytomyr Oblast, Ukraina pada 24 Agustus 2014. Ia adalah seorang pria Ukraina yang mempunyai tinggi 8 kaki 5 inci atau setinggi 2,57 meter.

5. Vaino Myllyrinne lahir 27 Februari 1909 di Helsinki sampai 13 April 1963 di Järvenpää, Finlandia adalah seorang raksasa acromegalic yang pada kurun waktu 1961-1963 menjadi orang tertinggi di dunia. Dia mempunyai tinggi 222 cm (7 kaki 3 inci) dan berat 197 kg pada usia 21 tahun, tetapi mengalami fase kedua dari pertumbuhan berusia akhir tiga puluhan, hingga mencapai ketinggian 251 cm (8 kaki 3 inci ).


Édouard Beaupré manusia tertinggi di dunia
Édouard Beaupré on museum via www.Willowbunch.ca

6. Édouard Beaupré lahir di selatan kota Saskatchewan tepatnya di Willow Bunch (Kanada) pada 9 Januari 1881. Dia adalah yang pertama dari 20 anak yang lahir dari pasangan Gaspard Beaupré dan Florestine Piche. Ketika mulai sekolah di umur tujuh tahun, tingginya masih berada di rata-rata orang biasa.

Hingga pada umur sembilan tahun dia sudah mencapai tinggi 1,85 meter (6,1 kaki) dan pada usia 11 tahun tingginya sudah lebih dari 2 meter (6,6 kaki). Dia berhenti sekolah saat itu namun bukan karena ia miskin. Dia berbicara Perancis, Inggris, Méchif, Cree dan Sioux.

Dia adalah seorang penunggang kuda yang sangat baik. Hingga pada usia 17 tahun saat ia mencapai ketinggian 2,15 meter (7,1 kaki) dan dia memutuskan untuk membantu ayahnya berdagang.

7. Sultan Kosen atau dalam bahasa Turki Suɫtɑn Kosen. Lahir pada 10 Desember 1982 di Mardin, Turki. Dia adalah seorang petani Turki yang memegang Guinness World Record untuk laki-laki tertinggi di dunia yang masih hidup yaitu mencapai 251 cm (8 kaki 3 inci). 

Pertumbuhannya yang luar biasa tersebut dikarenakan tumor yang mempengaruhi kelenjar hipofisisnya. Karena perawakannya tersebut sehingga ia harus menggunakan kruk untuk berjalan.

Kosen tinggal bersama orang tuanya, tiga saudara dan saudari, yang semuanya mempunyai ciri khas tinggi. Ia tidak dapat menyelesaikan pendidikannya karena tinggi badannya, sehingga dia bekerja paruh waktu sebagai petani.


Sultan Kosen manusia tertinggi di dunia
Sultan Kosen via Hybridtechcar.Com

Meskipun badannya tinggi, dia mengaku menikmati gaya hidup normal dan menikmati bermain game komputer dengan teman-temannya. Dia menjelaskan keuntungan menjadi tinggi yaitu dapat melihat jarak dengan jarak yang sangat jauh dan mampu membantu keluarganya dengan tugas-tugas rumah sederhana seperti mengganti bola lampu dan menggantung tirai.

Namun ia mengaku kesulitan dalam memilih pakaian atau sepatu yang cocok. Penyebabnya karena ia mempunyai kaki berukuran 44,5 inci (113 cm) dan panjang lengan berukuran 38 inci (97 cm) bahkan juga menemukan kesulitan ketika masuk ke dalam sebuah mobil berukuran rata-rata.

8. Vikas Kumar “Vicky” Uppal (1986 – 30 Juni 2007) adalah orang India asli. Pernah menjadi pria tertinggi di India sampai kematiannya pada 30 Juni 2007. Ketika itu ia meninggal karena mengalami gagal operasi tumor otak di Delhi, India.

Pada tanggal 12 Januari 2004, The Tribune melaporkan dia mempunyai tinggi 8 kaki 3 inci (2,51 m) dan tingginya masih terus berkembang. Pada tanggal 10 Juni 2005, rediff.com melaporkan bahwa tingginya mencapai 8 kaki 10 inci (2.70 m).

9. Donald A. Koehler (1 September 1925 – 26 Februari 1981) adalah manusia tertinggi di dunia selanjutnya. Ia diakui sebagai orang tertinggi di dunia setidaknya dari tahun 1969 sampai kematiannya pada tahun 1981. Pada suatu waktu, tinggi Koehler adalah 249 cm (8 kaki 2 inci). Ini karena akibat dari kondisi medis acromegalic gigantisme yang dideritanya.

Don Koehler Manusia tertinggi Orang terbesar di dunia
Donald A. Koehler (Don Kohler) via pinterest.com

Ia lahir di Denton, Montana, Amerika Serikat. Koehler dan saudara kembarnya yang lahir dari orang tua dari tinggi di atas rata-rata (ibu mereka 178 cm, sedangkan ayah mereka 188 cm). Dia mulai periode normal pertumbuhan ketika ia berusia 10 tahun.

The Guinness Book of World Records mengkonfirmasi bahwa tinggi Koehler adalah 249 cm. Sedangkan adik kembarnya mempunyai tinggi 175 cm atau selisih 74 cm antara keduanya seperti yang diakui oleh Guinness.

Baca juga Olahragawan Tertinggi di Dunia Sepanjang Masa

10. Bernard A. Coyne (27 Juli 1897 – 20 Mei 1921) adalah salah satu dari 17 manusia yang dalam sejarah medis mencapai tinggi 8 kali atau lebih. Coyne mungkin telah mencapai ketinggian 8 kaki 4 inci (2,54 m) pada saat kematiannya pada tahun 1921.

Kartu registrasi anggota Perang Dunia I miliknya, yakni pada tanggal 29 Agustus 1918, disana tertulis tinggi 8 kaki. The Guinness Book of World Records menyatakan bahwa dia menolak diangkat menjadi Tentara Angkatan Darat (1918) ketika itu dia mempunyai tinggi 7 kaki 9 inci.

11. Zeng Jinlian (Tiongkok)

Zeng Jinlian adalah perempuan tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah medis. Dia juga satu-satunya perempuan dalam sejarah medis yang mencapai delapan kaki atau lebih. Pada saat kematiannya pada usia 17 tahun di Hunan, Cina, tinggi Zeng Jinlian mencapai 248,3 cm atau 8 kaki 1,75 inci. Namun, dia tidak bisa berdiri tegak karena tulang belakangnya cacat parah.

12. Patrick Cotter O’Brien (Irlandia)

Orang tertinggi selanjutnya adalah Patrick Cotter O’Brien. Dia lahir di Kinsale, County Cork, Irlandia di tahun 1760 dan meninggal pada 8 September 1806. Patrick Cotter O’Brien tercatat dalam sejarah medis mempunyai tinggi 246 cm.

13. Brahim Takioullah (Maroko)

Brahim-Takioullah manusi terbesar orang tertinggi di dunia manusia raksasa
Brahim Takioullah via jagran.com

Brahim Takioullah adalah manusia tertinggi dari Maroko dengan 8 kaki 1 inci (246 cm) tingginya. Namanya juga telah dieja sebagai Brahim Takyallah. Ia lahir pada tanggal 26 Januari 1982 di kota selatan Guelmim. Brahim Takyallah tumbuh normal sampai usia 13 tahun, semenjak itu pertumbuhannya begitu pesat.

Brahim menghabiskan setengah tahun di Paris dan sisanya di Maroko. Selain tinggi, dia juga memecahkan rekor memiliki kaki terbesar di dunia menurut Guinness Book of Records.

14. Morteza Mehrzad (Iran)

Orang tertinggi selanjutnya adalah Morteza Mehrzad. Dia adalah orang tertinggi di dunia asal Iran. Lahir pada tahun 1987 dan tinggal di Chalos di utara Iran. Morteza Mehrzad mempunyai tinggi hingga 8 kaki 1 inci atau 246 cm.

15. Julius Koch (Jerman)

Julius Koch juga dikenal sebagai Le Geant Constantin, adalah salah satu dari orang-orang dalam sejarah medis yang telah melampaui tinggi badan 8 kaki. Pria kelahirab tahun 1872, di Reutlingen, Jerman ini tercatat tingginya mencapai 8 kaki 0,9 inci atau 246 cm.

Julius Koch pernah menjadi bintang film pendek berjudul The Giant Constantin di tahun 1902. Dia meninggal di Mons, Belgia pada tanggal 30 Maret 1902. Kerangka tubuhnya diawetkan dan disimpan di Museum Sejarah Alam di Mons.

16. Gabriel Estêvão Monjane (Mozambik)

Gabriel Estêvão Monjane orang tertinggi di dunia manusia raksasa
ambicanos.blogspot.com

Gabriel Estêvão Monjane atau Gabriel Monjane lahir di Manjacaze, Mozambik. Pada usia 17 tahun, tingginya mencapai 7 kaki 10 inci. Ketika diukur secara resmi pada tahun 1987, Gabriel Monjane mempunyai ketinggian 8 kaki dan 0,75 inci (245,7 cm)

The Guinness Book of Records menyatakan bahwa Gabriel Monjane adalah orang tertinggi di dunia edisi tahun 1988. Dia menderita masalah kaki dan pernah lumpuh setelah jatuh dan mengenai pinggulnya. Gabriel Monjane meninggal pada Januari 1990 setelah dikabarkan jatuh di rumahnya.

17. Dharmendra Pratap Singh (India)

18. Suleiman Ali Nashnush (Libya)

19. Jean-Joseph Brice (Perancis)

20. Anton de Franckenpoint (Jerman)

21. Anna Haining Bates (Kanada)

22. Zhang Juncai (Tiongkok)

23. Suparwono (Indonesia)

Manusia Tertinggi di Dunia

Suparwono manusia tertinggi di dunia asal dari Indonesia
Suparwono via www.Telegraph.co.uk

Adalah Suparwono, salah satu manusia tertinggi di dunia yang berasal dari Indonesia. Lahir tanggal 4 November 1985 di Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Suparwono adalah anak keempat dari lima bersaudara.

Saat lahir, bayi Suparwono berbobot normal yaitu empat kilogram, namun pertumbuhan tubuh Suparwono lain dari biasanya. Saat lahir memang ada tanda-tanda tidak biasa, diantaranya tulang yang besar. Suparwono tumbuh menjulang, melebihi tinggi rata-rata anak seusianya.

Berikut Ini Tabel Daftar Manusia Tertinggi di Dunia 

NomorNamaAsal (negara)Tinggi (cm)Hidup (tahun)
1Robert WadlowAmerika Serikat2721918 sampai 1940
2John RoganAmerika Serikat2681868 sampai 1905
3John F. CarrollAmerika Serikat2641932 sampai 1969
4Leonid StadnykUkraina 2571970 sampai 2014
5Väinö MyllyrinneFinlandia2511909 sampai 1963
6Édouard BeaupréKanada2511881 sampai 1904
7Sultan KösenTurki2511982
8Vikas UppalIndia2491986 sampai 2007
9Don KoehlerAmerika Serikat2491925 sampai 1981
10Bernard CoyneAmerika Serikat2491897 sampai 1921
11Zeng JinlianTiongkok2481964 sampai 1982
12Patrick Cotter O'BrienIrlandia246 1760 sampai 1806
13Brahim Takioullah Maroko246 1982
14Morteza Mehrzad Iran246 1987
15Julius KochJerman246 1872 sampai 1902
16Gabriel Estêvão MonjaneMozambik246 1944 sampai 1990
17Dharmendra Pratap Singh India246 1983
18Suleiman Ali NashnushLibya245 1943 sampai 1991
19Jean-Joseph BricePrancis245 1835
20Anton de FranckenpointJerman244 Tidak diketahui
21Anna Haining BatesKanada2431846 sampai 1888
22Zhang JuncaiTiongkok242 1966
23SuparwonoIndonesia242 1985–2012

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

1 Komentar Untuk “Wow! Inilah 23 Manusia-Manusia Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Orang Indonesia, Lho!

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*