Wow! Daftar 50 Maskapai Terbaik di Dunia, Indonesia di Urutan 8

Maskapai Pesawat Terbaik di Dunia – Ketika ingin menikmati perjalanan jarak jauh, tidak ada pilihan yang lebih baik selain melakukan perjalanan udara. Namun harus dipilih penerbangan yang nyaman dengan layanan terbaik. Makanan yang memuaskan, sistem pelayanan yang baik, juga fasilitas lengkap dan memadai merupakan syarat bagi penerbangan kelas satu dunia, selain faktor lain seperti layanan bandara dan penanganan bagasi.

Dari sekian banyak maskapai penerbangan di dunia, Skytrax memberi peringkat yang didasarkan pada beberapa kriteria, seperti dari segi keamanan, dan pelayanan bagi penumpang. Perusahaan konsultan riset penerbangan asal Inggris tersebut menggelar World Airline Awards 2015. Salah satu kategori dalam penghargaan itu adalah kategori maskapai terbaik di dunia.

Maskapai Terbaik di Dunia

Berikut Ini Adalah Daftar 50 Maskapai Terbaik di Dunia Versi Sktrax Tahun 2015

1. Qatar Airways

Qatar Airways (QR) merupakan maskapai nasional Qatar dan juga anggota aliansi Oneworld. Dari hubnya di Bandara Internasional Hamad, Qatar Airways terbang ke sekitar 145 destinasi yang tersebar di seluruh dunia. Armada pesawat Qatar Airways terdiri atas konfigurasi dua kabin (dari Kelas Bisnis dan ataupun Kelas Ekonomi) serta tiga kabin (untuk Kelas Satu, Kelas Bisnis dan juga Kelas Ekonomi).

QATAR Airways, (A7-BCD) Maskapai Terbaik di dunia

QATAR Airways, (A7-BCD) Boeing 787-8 by panoramio

Tempat duduk Kelas Bisnis ataupun Kelas Satu dapat diubah menjadi tempat tidur. Bagi penumpang Kelas Premium yang terbang dari Bandara Internasional Hamad, maskapai ini menyediakan ruang tunggu bisnis Al Mourjan. Ruang tunggu lainnya milik Qatar Airways juga ada di Bandara Heathrow London (LHR).

Pelayanan pelanggan maskapai ini telah memenangkan berbagai penghargaan, dan mempunyai sistem hiburannya sangat baik. Skytrax menobatkan Qatar Airways menjadi maskapai terbaik di dunia tahun 2015, naik dari tahun lalu yang berada di urutan kedua, sekaligus menggeser posisi Cathay Pacific Airways yang terlebih dahulu menjadi Airline of the Year 2014.

Maskapai yang berpusat di Doha,Qatar ini berhasil menduduki posisi 1 di tahun 2015, ini bukan kali pertama mereka mendapatkannya, tahun 2011 dan 2012 pun mereka menduduki posisi 1. Maskapai yang berdiri pada tahun 1993 ini telah melayani 75 penerbangan internasional.

Untuk urusan kenyamanan tempat duduk dan hiburan dalam kabin, maskapai ini memperoleh nilai sempurna. Bahkan penumpang Kelas Ekonomi bisa menikmati beragam fasilitas seperti konektivitas smartphone dan tablet ke layar pribadi di hadapan mereka. Dalam urusan ketepatan waktu bukan menjadi halangan bagi maskapai Qatar Airways untuk semakin menjadi yang terdepan.

2. Singapore Airlines

Maskapai penerbangan nasional Singapura, Singapore Airlines (SQ) adalah salah satu maskapai penerbangan besar kelas dunia. Dengan lokasi hub di Bandara Changi Singapura (SIN), Singapore Airlines terbang ke lebih dari 60 destinasi di 35 negara di 6 benua. Maskapai terbaik di dunia ini merupakan anggota Star Alliance.

Singapore Airlines menerbangkan semua jet berbadan lebar yang dikonfigurasikan dengan 4 kelas : Singapore Airlines Suites, Kelas Satu, Kelas Bisnis, dan Kelas Ekonomi. Maskapai penerbangan ini mengoperasikan sebanyak tiga lounge bagi para penumpang premium. SilverKris Lounge memiliki lokasi di 15 bandara. Sebagai tambahan, Bandara Changi adalah rumah bagi The Private Room dan KrisFlyer Gold Lounge.

Singapore Airlines Maskapai Terbaik di dunia

Airbus A380 Singapore Airlines via panoramio.com

Berdiri pada tahun 1947 yang awalnya diberi nama Malayan Airways, kemudian tahun 1972 berubah menjadi Singapore Airlines, merupakan salah satu maskapai terbaik di Asia dan dunia. Berbagai macam penghargaan telah diraihnya, akhirnya tahun 2015 duduk pada posisi 2. Walau Kelas Ekonomi, sistem tempat duduk maskapai Singapore Airlines cukup nyaman. Dalam penerbangan juga disediakan wi-fi. Ditambah lagi dengan semua fasilitan bandara Changi.

Sudah kedua kalinya Singapore Airlines meraih posisi puncak di daftar yang sama. Tidak mengherankan karena pelayanan dalam kabin hampir seluruhnya mencapai nilai perfect termasuk kebersihan dan kondisi kabin, hiburan juga efisiensi dalam pelayanan. Kru kabin ini memang terkenal sangat memperhatikan kebutuhan penumpangnya dan begitu menghormati para penumpang. Layar televisi pribadi ditambah lagi fasilitas handuk hangat sebelum take-off hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak fasilitas yang dapat dinikmati penumpang Kelas Ekonomi dengan cuma-cuma.

3. Cathay Pacific Airways

Dari kantor pusat di Bandara Internasional Hong Kong (HKG), Cathay Pacific Arways (CX) terbang ke berbagai destinasi di seluruh dunia. Sebagai anggota pendiri aliansi Oneworld, Cathay Pacific adalah maskapai penerbangan terbesar kelima di dunia yang banyak meraih berbagai penghargaan. Dalam teknologi penerbangan, outlet untuk streaming ke gadget pribadi tersedia di semua kursi.

Cathay Pacific Maskapai Terbaik di dunia

Philippine Flight Network Cathay Pacific via www.philippineflightnetwork.com

Di dalamnya termasuk pesawat jarak jauh berkonfigurasi 3 kabin (Business Class, Premium Economy Class juga Economy Class) serta 4 kabin (First, Business, Premium Economy dan Economy). Sedangkan untuk penerbangan regional beroperasi dengan pesawat kabin Business Class dan Economy Class. Cathay Pacific memiliki lounge di HKG, diperuntukkan bagi penumpang First Class dan Business Class.

Prestasinya antara lain :

  • Lounge terbaik di dunia pada 2005
  • Salah satu dari empat maskapai penerbangan berbintang 5
  • Maskapai terbaik di dunia tahun 2003 dan 2005
  • Maskapai dengan First class terbaik tahun 2008
  • Maskapai penerbangan tahun 2006 dan 2009
  • Tujuh tahun berturut-turut dari 2001-2008 Bandara Internasional Hong Kong, milik Cathay Pacific memperoleh penghargaan sebagai bandara terbaik

4. Turkish Airlines

Maskapai nasional Turki, Turkish Airlines (TK), adalah maskapai terbesar nomor 4 di dunia menurut jumlah tujuan penerbangannya. Turkish Airlines ini terbang ke lebih dari 260 destinasi di dunia, termasuk di lebih dari 40 tujuan domestik serta lebih dari 105 negara di Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara dan Selatan. Armadanya terdiri atas konfigurasi 2 kabin (untuk Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi) dan 3 kabin (untuk Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi Premium dan juga Kelas Ekonomi). Maskapai ini juga memiliki kesepakatan berbagi kode dengan hampir 40 maskapai lain di dunia. Turkish Airlines adalah bagian dari Star Alliance.

Turkish_Airlines_Boeing_777-300 Maskapai Terbaik di dunia

Turkish Airlines_Boeing_777-300 via Western-Turkey.blogspot.com

Maskapai yang berpusat di Istanbul Turki dan berdiri pada tahun 1933 ini sempat beberapa kali bertukar nama. Meskipun begitu, maskapai ini sering mendapat penghargaan. Jika Anda kebetulan atau sedang merencanakan bepergian ke Eropa, Anda bisa mampir ke Istanbul secara gratis. Bandaranya juga dilengkapi dengan lounge yang nyaman dengan fasilitas pijat dan minigolf.

5. Emirates

Maskapai Emirates (EK) yang berbasis di Uni Emirat Arab ini merupakan maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah dan salah satu dari dua maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan nonstop ke lebih dari 140 tujuan di 78 negara dari hub maskapai ini di Dubai (DXB).

Airbus A380 Emirates Maskapai Terbaik di dunia

Airbus A380 Emirates via panoramio.com

Maskapai Emirates ini armadanya sebagian besar terdiri atas konfigurasi kabin 3 kelas (First Class, Business Class maupun Economy Class) juga beberapa pesawat berkabin 2 kelas (Business Class dan Economy Class). Di dalam kabin First Class, terdapat beberapa jenis tempat duduk, termasuk di dalamnya suite, tempat tidur datar dan kursi tidur. 33 Emirates Lounge tersedia untuk penumpang First Class, Business Class dan anggota Skyward Gold.

Berdiri pada tahun 1985 maskapai ini juga pernah mendapat beberapa penghargaan lainnya, berkantor pusat di Dubai UAE, tahun 2015 Emirates menduduki posisi 5. Koneksi ke seluruh dunia dengan biaya terjangkau, juga dengan fasilitas wi-fi. Sementara Emirates menang sebagai maskapai terbaik di dunia dalam kategori hiburan terbaik selama penerbangan.

Selama 10 tahun belakangan, maskapai dari Dubai ini bertransformasi menjadi satu dari sekian maskapai dengan penerbangan long-haul terbaik di dunia. Emirates mempunyai sistem hiburan berkelas dengan film serta musik terbanyak. Mereka juga melayani tayangan televisi live di atas udara.

6. Etihad Airways

Etihad Airways (EY) adalah maskapai terbaik di dunia yang berbasis di Abu Dhabi, terbesar kedua di Uni Emirat Arab. Dengan penerbangan nonstop ke sekitar 40 destinasi di Timur Tengah, Asia, Eropa, Afrika, Oseania, Amerika Utara dan Selatan. Kabin pesawatnya memiliki beragam konfigurasi, terdiri atas The Residence (suite tiga kamar), Business Studio, First Class Apartment, First Class Suite dan Economy Smart Seat. Etihad memiliki First Class Lounge, Premium Lounge serta Arrivals Lounge diperuntukkan bagi penumpang First Class dan juga Business Class di hub-nya yang berlokasi di Bandara Internasional Abu Dhabi (AUH). Maskapain ini juga mengoperasikan tujuh lounge di bandara lainnya.

Etihad Airways Maskapai Terbaik di dunia

Etihad Airways at AbuDhabi via panoramio.com

Mempunyai slogan “From Abu Dhabi to the World”, Etihad Airways yang memulai debut operasinya pada tanggal 13 November tahun 2003 ini terus-menerus melebarkan sayapnya ke lebih kurang 95 kota di 55 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia dan Saudi Arabia. Emirates menggunakan Bandara Internasional Abu Dhabi sebagai bandara penghubung penerbangan internasional.

7. ANA All Nippon Airways

ANA atau All Nipon Airways (NH), adalah maskapai penerbangan Jepang yang berpusat di ibukota Tokyo. Terbang ke sekitar 50 destinasi di Jepang dan 32 tujuan internasional meliputi Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Mengoperasikan hub di Bandara Haneda Tokyo dan Bandara Internasional Narita, juga hub sekunder di Bandara Internasional Kansai Osaka dan Bandara Internasional Centrair. Maskapai ini memiliki beberapa anak perusahaan, diantaranya maskapai regional ANA Wings, Air Do dan Vanilla Air. Maskapai ini menerbangkan pesawat dengan bermacam konfigurasi kabin meliputi Kelas Satu, Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi Premium dan Kelas Ekonomi. ANA adalah termasuk anggota dari Star Alliance.

Narita International Airport ANA FLY!PANDA Maskapai Terbaik di dunia

Narita International Airport ANA FLY!PANDA via panoramio.com

Kursi kelas ekonomi yang nyaman dengan layar besar. Maskapai internasional terbesar Jepang ini mendapat nilai sempurna untuk kebersihan, pelayanan serta keamanan. Beragam fitur tersedia di kabin pesawat antara lain tempat duduk fleksibel, dengan fasilitas charger dan outlet USB di setiap tempat duduk.

Penghargaan

  • Tahun 2007 mendapat penghargaan “Airline Of The Year” versi Skytrax.
  • Tahun 2009 mendapat penghargaan maskapai penerbangan berbintang empat.
  • Tahun 2010- 2011 mendapat penghargaan “Best Airport Services”.
  • Penghargaan “Airline Technology Leadership Award” untuk tahun 2012.
  • Tahun 2012 bersama JAL menjadi “Most Punctual major global Airline”.
  • Penghargaan “Staff Service Excellence Award” untuk daerah Asia.
  • Penghargaan “Best Airline Ground Services” untuk daerah Asia.
  • Tahun 2013 mendapat penghargaan “World 5 Star Airlines” oleh Skytrax.

8. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia (GA), maskapai nasional Indonesia yang menjadi anggota aliansi SkyTeam. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan nonstop ke sekitar 40 destinasi domestik dan 20 destinasi internasional di 13 negara di seluruh Asia, Timur Tengah, Eropa dan Oseania. Sebagian armadanya dikonfigurasi sepenuhnya dengan kursi Economy Class. Pesawat lainnya memiliki konfigurasi 2 kabin (Executive Class, yang menjadi produk setara Business Class, serta Economy Class) dan konfigurasi 3 kabin (First Class, Executive Class dan Economy Class). Memiliki hub di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan Bandara Internasional Ngurah Rai (DPS).

Garuda Indonesia Maskapai Terbaik di dunia

Garuda Indonesia Singapore Air Show via panoramio.com

Ya, meskipun ada penurunan dalam hal rangking, maskapai kebanggaan Indonesia kembali berhasil masuk urutan 10 besar. Maskapai Garuda Indonesia tahun 2015 berada pada urutan ke 8 sebagai maskapai penerbangan terbaik dunia dari sebelumnya urutan ke 7 dunia. Garuda menempati urutan ke-8 dalam Top 100 Airlines dunia berdasarkan survey Skytrax di 2015.

Garuda Indonesia juga dinobatkan sebagai maskapai dengan Staf Kabin Terbaik Dunia. Penghargaan tersebut adalah kedua kalinya diterima oleh maskapai ini dalam 2 tahun secara berturut-turut, sekaligus menjadi maskapai pertama yang mampu mempertahankan prestasi ini.

9. EVA Air

EVA Air (BR) berbasis di Bandara Internasional Taoyuan (TPE) di dekat Taipei. Terbang ke sekitar 70 destinasi dalam Taiwan dan destinasi lainnya di Asia, Australia, Eropa dan Amerika Utara. Termasuk dalam anggota Star Alliance. Konfigurasi pesawat dengan 3 kabin dan 2 kabin. Business Class dinamai sebagai Royal Laurel Class ataupun Premium Laurel Class. Elite Class merupakan kabin Premium Economy, sedangkan Economy Class tersedia di semua penerbangan.

Penerbangan unik dengan pesawat bertema Hello Kitty, juga makanan penerbangan lezat seperti disajikannya bubur khas Taiwan ketika sarapan. Untuk tahun kedua berturut-turut, EVA Air masuk peringkat sebagai salah satu maskapai penerbangan dengan layanan penuh paling aman top 10 dunia oleh versi situs AirlineRatings.com.

Eva Air Maskapai Terbaik di dunia

Eva Air via panoramio.com

EVA Air terus berusaha untuk meningkatkan keamanan dengan tidak pernah mengorbankan perawatan, perbaikan dan juga pemeliharaan. Dibutuhkan tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa setiap penerbangan aman dari gerbang ke pintu gerbang. Prestasi peringkat sepuluh besar ini adalah memberi kredit kedua kalinya khususnya bagi EVA Air dan juga industri penerbangan Taiwan pada umumnya.

10. Qantas Airways

Qantas Airways (QF) adalah maskapai nasional dan terbesar di Australia. Berbasis di Sydney, hub utamanya ada di Bandara Sydney (SYD), Bandara Brisbane (BNE) dan Bandara Melbourne (MEL). Terbang ke sekitar 40 destinasi, termasuk di dalamnya 20 destinasi di Australia dan lebih dari 20 destinasi di negara di Oceania, Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara dan Selatan. Maskapai Qantas adalah anggota aliansi Oneworld yang memiliki 4 kelas layanan yakni Kelas Satu, Kelas Bisnis, Kelas Ekonomi Premium dan Kelas Ekonomi yang terdiri dari konfigurasi dua kabin, tiga kabin dan empat kabin.

Qantas 747 Maskapai Terbaik di dunia

Qantas 747 at Longreach Airport via panoramio.com

Tahun 2007 Qantas terpilih sebagai maskapai terbaik di dunia berperingkat 1, namun pada tahun 2015 melorot ke posisi 10.

Penghargaan Pelayanan

  • Maskapai Australasia terbaik versi Skytrax tahun 2005, 2006
  • Hiburan dalam pesawat terbaik WAEA Avion di tahun 2002, 2003, 2005, 2006
  • Maskapai regional Australasia terbaik Skytrax – 2006
  • Hiburan sistem dalam kursi terbaik WAEA Avion – 2006
  • Panduan hiburan dalam pesawat di tahun 2005, 2006

11. Asiana Airlines

Asiana Airlines (OZ) melayani penerbangan ke empat benua. Maskapai terbaik di dunia yang berbasis di Seoul ini terbang ke tujuan di Korea dan Asia, Oceania, Eropa serta Amerika Utara. Asiana yang merupakan bagian dari Star Alliance ini memiliki lima kelas layanan penumpang First Suite Class, First Class, Business Smartium Class, Business Class and Travel Class. Konfigurasi pesawat berbeda tergantung  masing-masing rute.

Asiana Airlines Maskapai Terbaik di dunia

Ibaraki Airport Asiana Airlines via panoramio.com

Tercatat sebagai satu dari dua maskapai penerbangan besar di Negeri Ginseng, Asiana tetaplah menjadi salah satu yang terbaik meskipun pernah terjadi insiden kecelakaan maut tahun lalu di San Francisco. Meski hingga saat ini penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan, banyak pihak memuji sikap kru kabin yang sangat sigap menyelamatkan penumpang kala itu.

12. Lufthansa

Lufthansa (LH) yang berbasis di Frankfurt terbang nonstop ke sekitar 215 destinasi. Pesawat maskapai ini memiliki konfigurasi satu kabin dan empat kabin yang dapat terdiri dari Kelas Utama, Bisnis, Ekonomi Premium dan Ekonomi. Merupakan anggota Star Alliance, Lufthansa memiliki sejumlah anak perusahan seperti Lufthansa CityLine, Austrian Airlines, Swiss International Air Lines,  Air Dolomiti dan Germanwings. Maskapai terbaik di dunia ini memiliki hub di Frankfurt (FRA) dan Munich (MUC).

lufthansa Maskapai Terbaik di dunia

pixabay.com

Lufthansa adalah salah satu maskapai tertua di dunia yang berdiri tahun 1926 ini telah banyak meraih penghargaan baik lokal maupun internasional. Berkantor pusat di Cologne Jerman dan salah satu perusahaan terbesar di Eropa. Lufthansa juga menjajaki kerjasama dengan NetJets, sebuah perusahaan jet pribadi milik seorang pengusaha dan investor dari Amerika Serikat, Warren Buffett.

13. Austrian Airlines

Austrian Airlines (OS) yang berpusat di Vienna terbang ke 6 tujuan di Austria dan lebih dari 80 tujuan di sekitar 50 negara di seluruh Asia, Eropa, Afrika Utara, dan Amerika Utara. Hub maskapai ini adalah di Bandara Internasional Vienna (VIE).

Avion Austrian Airlines Maskapai Terbaik di dunia

Panoramio – Photo of Avion Austrian Airlines

Austrian Airlines memiliki pesawat dengan berbagai macam konfigurasi, termasuk terdapat jet badan lebar dengan kabin Kelas Bisnis dan Ekonomi. Ada juga jet-jet badan ramping yang seluruhnya bertempat duduk Kelas Ekonomi. Austrian Airlines adalah maskapai nasional Austria dan termasuk anggota dari Star Alliance. Beberapa penghargaan bergengsi yang telah diraih maskapai terbaik di dunia ini :

  • Penghargaan “Crystal Cabin Awards for the Europe Seat” (2011)
  • Rangking pertama “Best Wine on the Wing” (Global Traveller Magazine tahun 2010)
  • Rangking pertama “Exellences of staff Europe” (2011)
  • Rangking pertama “Business Class Catering” (2011)
  • Rangking ke 2 “Best Cabin Staff” (2009)
  • Rangking ke 2 “Business Class Catering” (2012)
  • Rangking ke 2 “Best Food & Drink in Europe” (2009)

14. Swiss International Air Lines

Swiss International Airlines (LX) adalah maskapai penerbangan nasional Swiss dan merupakan salah satu anggota Star Alliance yang melayani penerbangan nonstop ke lebih dari 100 destinasi di 48 negara meliputi 4 tujuan di Swiss, juga banyak kota di Eropa, Asia, Timur Tengah, Afrika, Amerika Utara dan Selatan.

Memiliki konfigurasi 2 kabin (Kelas Bisnis dan Ekonomi) dan 3 kabin (Kelas Satu, Kelas Bisnis, dan Kelas Ekonomi). Penumpang kelas premium bisa mendapat akses ke SWISS First Lounge, SWISS Senator Lounge, atau SWISS Business Lounge milik maskapai Swiss Airlines. Hub utamanya berlokasi di Bandara Zurich (ZRH).

Maskapai Terbaik di dunia

pixabay.com

Swiss Internasional Airlines merupakan maskapai penerbangan utama Swiss yang berdiri pada tahun 2002 yang mendapatkan penghargaaan “Europe’s Leading Airline Business Class” dalam ajang World Travel Awards 2014 untuk keempat kalinya. Selama beberapa tahun, Swiss telah meningkatkan kualitas produk juga pelayanannya. Untuk rute jarak jauh, semua kabin Kelas Bisnis memiliki kursi yang dapat diubah menjadi tempat tidur dengan panjang 2 meter. Disajikan pula kuliner khas Swiss selama penerbangan antar benua.

15. Air France

Air France (AF) adalah maskapai penerbangan nasional Perancis sekaligus jadi nomor satu di negara itu. Air France, yang sekaligus pendiri aliansi SkyTeam ini, melayani penerbangan ke lebih dari 34 destinasi di Perancis dan 170 destinasi di 93 negara lainnya. Juga penerbangan nonstop ke Eropa, Afrika, Asia, Amerika Utara dan Selatan.

Maskapai Terbaik di dunia Air france

pixabay.com

Penerbangan internasional jarak jauh terbagi ke dalam 4 kelas. Untuk penerbangan jarak dekat dan menengah di wilayah Eropa, maskapai ini menggunakan 3 jenis konfigurasi kabin. Maskapai terbaik di dunia ini menggunakan Bandara Charles de Gaulle Airport (CDG) di Paris dan Bandara Orly (ORY) sebagai bandara penghubungnya

Air France menerima dua penghargaan dari Skytrax di ajang World Airline Awards di Paris Air Show. Pertama sebagai penerbangan paling maju di dunia serta yang kedua sebagai penerbangan dengan Premium Lounge Dining Terbaik dua tahun berturut-turut.

16. Virgin Australia

Virgin Airways ini berdiri pada tahun 1984 yang berkedudukan di Brisbane Australia. Maskapai terbaik di dunia ini telah memenangkan sejumlah penghargaan. Salah satunya dinobatkan sebagai maskapai murah terbaik di wilayah Asia / Pasifik di Skytrax tahun 2002.

Virgin Australia Maskapai Terbaik di dunia

Virgin Australia – wikipedia.com

Virgin Australia (VA) adalah maskapai penerbangan kedua terbesar di Australia. Maskapai ini terbang ke sekitar 50 tujuan. Pesawat maskapai ini terdiri dari konfigurasi 2 kabin (Kelas Bisnis dan Ekonomi) dan 3 kabin (Kelas Satu, Bisnis dan Ekonomi). Penumpang kabin premium dapat mengakses ruang tunggu Virgin Australia di sembilan bandara Australia. Maskapai ini mempunyai hub di 4 bandara: Bandara Auckland (AKL), Brisbane (BNE), Melbourne (MEL) dan Sydney (SYD).

17. Air New Zealand

Air New Zealand (NZ) yang berpusat di Auckland melayani penerbangan nonstop ke sekitar 50 tujuan, 25 tujuan domestik dan 25 tujuan internasional di 15 negara di Oceania, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Air New Zealand memiliki tiga hub di Bandara Auckland (AUK), Bandara Internasional Wellington (WLG) juga Bandara Internasional Christchurch (CHC). Untuk Bandara Internasional Los Angeles dan Bandara Sydney menjadi kota-kota fokus. Maskapai ini adalah bagian dari Star Alliance.

Air New Zealand Maskapai Terbaik di dunia

Air New Zealand 747-400 via panoramio.com

Maskapai penerbangan terbaik di dunia Air New Zealand meraih predikat sebagai Airline of The Year yaitu maskapai terbaik di dunia tahun 2016 (Airlineratings.com). Kecelakaan fatal terjadi tahun 1979. Namun sejak saat itu, lebih dari 1,5 juta penerbangan telah berlalu tanpa menelan korban jiwa. Air New Zealand juga secara teratur mendapatkan penghargaan dari konsumen dan industri dan setiap tahunnya maskapai ini membawa 12 juta penumpang ke berbagai wilayah.

18. Dragonair

Dragonair (KA) yang berbasis di Hongkong ini adalah anak perusahaan Cathay Pacific (CX). Dari hub maskapai ini di Bandara Internasional Hong Kong (HKG), Dragonair terbang ke 22 tujuan di daratan Tiongkok, serta banyak lokasi di India, Bangladesh, Nepal, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Jepang, Korea dan Taiwan. Armadanya memiliki 41 pesawat, termasuk Airbus A320-200, Airbus A321-200 dan Airbus A330-300. Penumpang kabin Premium mempunyai akses ke Lounge Cathay Pacific di Bandara Internasional Hong Kong.

Dragonair Maskapai Terbaik di dunia

Dragonair_Airbus_A330-300 via indo-aviation.com

Selain renovasi produk, Dragonair juga memperluas jaringannya. Maskapai terbaik di dunia ini menambahkan rute Haneda dan meluncurkan layanan 2x seminggu ke Hiroshima pada Agustus, yang semakin memperkuat jaringannya di wilayah Asia. Dragonair juga meluncurkan 17 tujuan sejak April 2012. Maskapai akan terus memperluas jaringan di mana pun, juga memberikan peningkatan konektivitas dan kenyamanan yang lebih besar bagi pelanggan yang bepergian melalui Hong Kong.

19. Thai Airways

THAI (TG) adalah maskapai penerbangan nasional Thailand juga salah satu anggota pendiri Star Alliance. Maskapai terbaik di dunia ini mengoperasikan penerbangan nonstop ke lebih dari 75 destinasi di 35 negara meliputi kota-kota di Thailand, destinasi-destinasi di seluruh penjuru Asia, serta banyak bandara di Timur Tengah, Oseania, Eropa, dan Amerika Utara.

Armada THAI meliputi variasi konfigurasi satu, dua, dan tiga kabin yang terdiri dari Royal First Class, Royal Silk Class, dan Kelas Ekonomi. Penumpang Kelas Premium mempunyai akses ke Lounge THAI Royal Silk juga Royal Orchid milik THAI.

A340-600 Thai Airways Maskapai Terbaik di dunia

A340-600 Thai Airways at Zurich AirportA330 Jetstar via panoramio.com

Berdiri pada tahun 1960, Thai Airways berkantor pusat di Bangkok Thailand. Berada di urutan ke 9 pada daftar maskapai penerbangan terbaik 2012. Juga memiliki staf darat terbaik, yang memperoleh penghargaan internasional dalam hal pelayanan darat terbaik. Thai Airways juga merupakan maskapai terbaik kelima di Asia.

20. British Airways

British Airways, salah satu maskapai terkemuka di dunia yang didirikan tahun 1974 dan berkantor pusat di West Drayton, Inggris, adalah maskapai terbesar di Britania Raya. Maskapai ini terbang ke lebih dari 180 destinasi, meliputi bandara-bandara di seluruh Eropa, Asia, Afrika, Amerika Utara dan Selatan, serta Oceania. Maskapai terbaik di dunia yang sekaligus anggota pendiri aliansi Oneworld ini memiliki hub di Bandara Heathrow London (LHR) dan Bandara Gatwick (LGW).

british Maskapai Terbaik di dunia

pixabay.com

Dengan rating keamanan yang berbintang 7 maka tidak heran, ini menjadi salah satu maskapai paling aman tahun 2015 menurut situs AirlineRatings.com. Maskapai ini yang juga yang menjadi perintis pemakaian tempat tidur di dalam kabin bagi penerbangan jarak jauh ini merupakan hasil merger dua maskapai besar yang mendominasi langit Inggris tahun 1970-an, yaitu British Overseas Airways Corporation dan British European Airways Corporation yang kemudian namanya diubah menjadi British Airways.

21. Japan Airlines

Merupakan maskapai terbesar di Jepang, Japan Airlines (JL) memiliki markas di Tokyo. Terbang nonstop ke sekitar 60 destinasi domestik dan lebih dari 30 destinasi internasional di Asia, Eropa, Oseania, Amerika Utara dan Amerika Selatan. JL adalah bagian dari aliansi Oneworld dan memiliki perjanjian codeshare dengan sekitar 30 maskapai lainnya. Memiliki empat kelas layanan: First Class, Executive Class (setara Business Class), Premium Economy Class, Class J (kursi Economy Class dengan kursi lebih besar) dan Economy Class. Armadanya memiliki konfigurasi dua kabin, tiga kabin dan empat kabin. Hub utamanya berlokasi di Bandara Haneda (HND) dan Bandara Internasional Narita (NRT).

Maskapai Terbaik di dunia Japan Air

pixabay.com

Sejalan dengan warganya yang terkenal disiplin soal waktu, maskapai terbaik di dunia asal negeri Sakura ini juga menduduki peringkat paling utama maskapai paling tepat waktu versi sebuah perusahaan layanan data industri penerbangan terkemuka, FlightStats.

Maskapai ini menyabet peringkat pertama dalam dua sekaligus, yakni kategori International Airlines dan Asia-Pasifik Mayor Airlines. Sebanyak 89,44% dari 270.685 penerbangan yang dipantau, tiba tepat waktu.

JL menduduki peringkat tertinggi untuk layanan kinerja tepat waktu dalam kategori Major International Airlines untuk kali kelima, sejak FlightStats meluncurkan penghargaan ini pada 2009. Sebelumnya, JL telah menerima penghargaan serupa untuk tahun 2009-2012 dan 2013

22. Hainan Airlines

Mendapat Penghargaan Best Airline in China dan Best Airline Staff Service in China. Hainan Airlines (HU) yang berbasis di Haikou merupakan maskapai terbesar keempat di RRC. Dengan hub di Bandara Internasional Haikou Meilan (HAK) dan Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (PEK), maskapai terbaik di dunia ini memiliki penerbangan nonstop ke sekitar 90 destinasi domestik dan internasional. Ini termasuk sejumlah titik di Asia, Eropa, Amerika Utara dan Afrika. Meski tidak menjadi bagian dari aliansi maskapai, Hainan Airlines memiliki perjanjian codeshare dengan sejumlah maskapai. Sebagian besar armadanya dikonfigurasi dengan dua kabin (Business Class dan Economy Class).

Inaugural Hainan Airlines flight lands at Sydney Airport

Inaugural Hainan Airlines flight lands at Sydney Airport via panoramio.com

Didirikan pada tahun 1989 dengan nama Hainan Province Airlines. Basis utamanya adalah Bandara Internasional Ibukota Beijing, Bandara Internasional Xianyang Xian, Bandara Wusu Taiyuan and Bandara Internasional Diwopu Urumqi. Mendapat rating 8 dari 10 versi situs resmi Skytrack yaitu www.airlinequality.com membuat Hainan Airlines berada di urutan 22.

23. Bangkok Airways

Maskapai regional Bangkok Airways (PG) mengoperasikan penerbangan nonstop ke lebih dari 20 tujuan di Thailand, Kamboja, China Hong Kong, Laos, Maladewa, Burma, India, dan Singapura. Berkantor pusat di Bangkok, hub utama maskapai terbaik di dunia ini adalah Bandara Suvarnabhumi (SVV) dan hub kedua adalah Bandara Internasional Phuket (HKT) dan Bandara Internasional Chiang Mai (CNX). Armada penerbangan ini memiliki pesawat berkonfigurasi kabin Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis. Namun, sebagian besar pesawatnya memiliki konfigurasi kabin hanya Kelas Ekonomi.

Bangkok Airways Jet at Siem Reap Airport Maskapai Terbaik di dunia

Bangkok Airways Jet at Siem Reap Airport via panoramio.com

Bangkok Airways Public Company Limited Thai: adalah sebuah maskapai penerbangan regional yang berbasis di Bangkok, Thailand. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan terjadwal ke tujuan.
Bangkok Airways adalah maskapai penerbangan Thailand swasta pertama yang didirikan pada tahun 1968 dan melayani 100 penerbangan setiap hari dari Bandara Suvarnabhumi, Bangkok. Bangkok Airways adalah satu-satunya maskapai di Asia yang telah memenangkan penghargaan Best Regional Airline versi Skytrax selama 6 tahun berturut-turut.

24. Malaysia Airlines

Merupakan maskapai nasional Malaysia, Malaysia Airlines (MH) terbang non-stop ke sekitar 60 destinasi. Ini termasuk sejumlah titik dalam Malaysia, serta destinasi internasional di Asia, Australia, Eropa, Timur Tengah dan Selandia Baru. Armadanya terdiri atas pesawat dengan konfigurasi tiga kabin (Kelas Utama, Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi) dan dua kabin (Kelas Bisnis dan kelas Ekonomi). Mengoperasikan dua hub utama di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL) dan Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI), serta hub sekunder di Bandara Internasional Kuching (KIA). Merupakan bagian dari aliansi Oneworld, dan juga memiliki perjanjian codeshare dengan sekitar 30 maskapai lainnya.

Maskapai Terbaik di dunia Malaysia air

pixabay.com

Terkait dengan hilangnya pesawat milik maskapai penerbangan Malaysia, Malaysia Airlines, ternyata maskapai ini memiliki peringkat yang relatif tinggi dalam peringkat maskapai penerbangan internasional.

Berdasarkan pemeringkatan maskapai penerbangan tahun 2013 yang diumumkan di World Airline Awards pada acara Paris Air Show, Malaysia Airlines menempati peringkat ke 14 dari seluruh maskapai penerbangan yang ada di dunia. Peringkat ini turun 4 angka dari tahun 2012, dimana Malaysia Airlines berada di peringkat 10.

Meksi imej Malaysia Airlines sempat jeblok usai peristiwa hilangnya pesawat dengan nomor penerbangan MH 370 beberapa bulan lalu, tapi tidak ada perubahan dalam tingkat kualitas dan pelayanan yang disuguhkan oleh kru pesawat. Tapi memang saat ini pihak manajemen tengah dilanda permasalahan finansial hebat usai tragedi MH 370. Tapi untuk efisiensi, maskapai terbaik di dunia ini masih meraup nilai sempurna.

25. AirAsia

Maskapai penerbangan bertarif murah asal Malaysia, AirAsia (AK) menyediakan penerbangan nonstop ke lebih dari 75 bandara di Malaysia dan berbagai kota di Asia. Bandara penghubung utamanya berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL). Sedangkan bandara penghubung sekundernya terdapat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI), Bandara Internasional Penang (PEN), Bandara Internasional Kuching (KIA) dan Bandara Internasional Senai (JHB). Pesawatnya hanya memiliki kabin Kelas Ekonomi. AK memiliki sejumlah maskapai afiliasi dan anak perusahaan, antara lain AirAsia India, AirAsiaX, AirAsia Zest, AirAsia Indonesia, AirAsia Filipina dan AirAsia Thailand.

AirAsia kembali dinobatkan sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia dan Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Asia selama tujuh tahun berturut-turut dalam gelaran penghargaan yang sama.

Maskapai Terbaik di dunia Airasia

pixabay.com

Group CEO AirAsia Tony Fernandes mengungkapkan, pihaknya menghadapi banyak tantangan selama setahun terakhir ini, tetapi ia dengan bangga menyatakan bahwa seluruh staf bersatu bersama untuk pelanggan AirAsia dan menjadikan semua lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

“Dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia selama tujuh tahun berturut-turut merupakan kehormatan yang luar biasa, dan saya mendedikasikan ini untuk 17.000 AirAsia Allstars, yang menjadi kekuatan di balik semua ini,” ujarnya.

Saat ini AirAsia Group terdiri dari maskapai berbiaya hemat jarak pendek AirAsia Berhad (kode AK). AirAsia Indonesia (kode QZ), Thai AirAsia (kode FD), AirAsia Filipina (kode PQ & Z2) dan AirAsia India (kode I5).

Lebih lanjut, AirAsia X, perusahaan penerbangan jarak jauh afiliasi dari AirAsia Group mendapatkan penghargaan sebagai ‘World’s Best Low Cost Airline Premium Cabin’ dan ‘Best Low Cost Airline Premium Seat’ untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Datuk Kamarudin Meranun, Group CEO AirAsia X mengungkapkan, pihaknya senang mengetahui bahwa pelanggan menikmati kursi Premium Flatbed dari AirAsia X.

World’s Best Low-Cost Airline
Best Low-Cost Airline in Asia

26. Virgin America

Virgin America (VX) yang berbasis di California adalah maskapai biaya rendah yang terbang ke lebih dari 20 tujuan di Amerika Serikat dan Meksiko. Armada maskapai ini dikonfigurasikan dengan dua kelas layanan: Kelas Satu dan Main Cabin (Kelas Ekonomi). Di dalam Main Cabin, penumpang dapat memilih kursi Main Cabin Select. Kursi-kursi ini, yang terletak di baris pertama dan baris jalur keluar darurat, memberikan ruang kaki yang lebih lega. Virgin America mengoperasikan hub di Bandara Internasional San Francisco (SFO) dan Bandara Internasional Los Angeles (LAX). Penumpang Kelas Satu dan Main Cabin Select dapat membeli tiket untuk masuk ke tiga ruang tunggu Virgin America Clubhouse atau Virgin America Loft di LAX.

VirginAmericaAirbus320 Maskapai Terbaik di dunia

Virgin America Airbus 320 via twolittlecavaliers.com

Jenis penerbangan dengan biaya rendah memiliki pasar paling kompetitif dan paling berkembang pesat sehingga persaingan untuk menjadi yang terbaik merupakan tantangan untuk menyeimbangkan produk dengan biaya yang rendah.

Virgin America bisa dibilang sebagai salah satu maskapai bujet tersohor di AS yang sudah beroperasi sejak tahun 2007. Maskapai terbaik di dunia milik pengusaha nyentrik Richard Branson ini melayani penerbangan ke 23 kota di AS.

27. Air Canada

Air Canada (AC) adalah maskapai penerbangan terbesar di Kanada sekaligus maskapai penerbangan nasional di negara tersebut. Dengan bandara penghubung di Bandara Internasional Calgary (YYC), Bandara Internasional Montréal–Pierre Elliott Trudeau (YUL), Bandara Internasional Toronto Pearson (YYZ) dan Bandara Internasional Vancouver (YVR), maskapai ini melayani penerbangan ke-21 destinasi domestik dan 81 kota internasional di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia dan Oseania. Dengan memperhitungkan partner regionalnya, Air Canada melayani penerbangan ke lebih dari 180 destinasi di 46 negara dan lima benua. Pada umumnya, maskapai ini menawarkan layanan Kelas Ekonomi dan Bisnis. Pada beberapa rute internasionalnya, maskapai ini juga menggunakan layanan Kelas Ekonomi Premium.

Air Canada 777-300 Maskapai Terbaik di dunia

Air Canada 777-300 via panoramio.com

Best Airline in North America
Armada Dreamliner sendiri memiliki sistem hiburan yang mengagumkan. Perusahaan ini memang berbasis di Amerika Utara, tetapi Anda tidak perlu takut dengan sikap membedakan yang biasanya dilakukan para pramugari asal Amerika Utara.
Awak kabin Air Canada tidak secara genetik diprogram untuk menjadi tidak sopan. Buktinya, Air Canada telah dinobatkan menjadi Best International Airline pada penghargaan World Airline Award 2011.

28. KLM

Merupakan maskapai nasional Belanda, KLM (KL) bermarkas di Amstelveen di dekat hub-nya di Bandara Schiphol (AMS). Berstatus sebagai anggota aliansi SkyTeam, KLM terbang non-stop ke sekitar 130 destinasi di sekitar 70 negara. Ini termasuk sejumlah titik di seluruh Eropa, serta kota di Afrika, Asia, Australia, Karibia, Timur Tengah, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

KLM Maskapai Terbaik di dunia

KLM via www.jetstreamtv.net

Pesawat maskapai terbaik di dunia ini memiliki konfigurasi tiga kabin: Kelas Bisnis, Kelas Economy Comfort dan Kelas Ekonomi. Untuk penerbangan jarak jauh, Kelas Bisnis (disebut World Business Class) menyediakan kursi yang dapat dibaringkan.

29. Aegean Airlines

Maskapai penerbangan terbesar di Yunani, Aegean Airlines (A3) terbang ke lebih dari 80 destinasi di seluruh Eropa, serta beberapa titik di Afrika dan Timur Tengah. Bandara penghubungnya ada di Bandara Internasional Athena (ATH), Bandara Internasional Larnaca (LCA) dan Bandara Internasional Thessaloniki (SKG), dan telah dirancang untuk menggunakan enam bandara lainnya di Yunani sebagai kota fokus. Maskapai terbaik di dunia ini merupakan bagian dari Star Alliance dan mempunyai perjanjian codeshare dengan sekitar 15 maskapai lainnya.

Maskapai Terbaik di dunia aegean-airlines-airbus-a320-232

www.planespotters.net aegean airlines airbus a320-232

Armadanya dilengkapi dengan kabin Kelas Ekonomi dan Bisnis. Penumpang Kelas Bisnis dan beberapa pelanggan memiliki akses ke Aegean Business Lounges ketika terbang keluar dari Athena, Thessaloniki dan Larnaca.

Best Regional Airline in Europe

30. Hong Kong Airlines

Dari hub-nya di Bandara Internasional Hong Kong (HKG), Hong Kong Airlines (HX) melayani penerbangan komersil ke lebih dari 30 destinasi. Ini termasuk lebih dari 20 kota di Cina, serta sejumlah titik di Burma, India, Indonesia, Jepang, Maladewa, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Maskapai Terbaik di dunia B-LHM Hong Kong Airlines Boeing 737-37K(SF)

www.planespotters.net B-LHM Hong Kong Airlines Boeing 737-37K(SF)

Armadanya terdiri atas sekitar 20 Airbus A320-200, Airbus A330-200 dan Airbus A330-300 dengan konfigurasi dua kabin (Business Class dan Economy Class). Maskapai terbaik di dunia ini juga memiliki perjanjian codeshare dengan sembilan maskapai lain, termasuk Air India (AI), Etihad Airways (EY) dan Shanghai Airlines (FM).

World’s Most Improved Airline

31. Finnair

Finnair (AY) adalah maskapai terbesar sekaligus maskapai nasional Finlandia. Memiliki hub di Bandara Helsinki (HEL) dan terbang ke sekitar delapan destinasi lainnya dalam Finlandia. Melayani penerbangan internasional ke sekitar 80 destinasi di seluruh Eropa, Afrika, Asia dan Amerika Utara. Finnair merupakan anggota aliansi Oneworld dan memiliki perjanjian codeshare dengan sekitar 10 maskapai non-aliansi. Armadanya terdiri atas sejumlah pesawat yang hanya dilengkapi dengan kursi Economy Class dan pesawat lainnya dengan konfigurasi tiga kabin (Business Class, Economy Comfort Class dan Economy Class). Finnair mengoperasikan sebuah lounge bagi penumpang premium di Bandara Helsinki.

Finn air Maskapai Terbaik di dunia

finnair via DEVIANTART

Merupakan salah satu penerbangan tertua yang masih beroperasi, Finnair mencatat prestasi luar biasa. Tak pernah terjadi kecelakaan fatal pada pesawat-pesawat di maskapai ini selama 50 tahun terakhir. Maskapai terbaik di dunia yang berdiri sejak 1920 ini membawa penumpang 55 tujuan internasional di seluruh dunia.
Best Airline in Northern Europe

32. LAN Airlines

Berbasis di Santiago, Chile, LAN AIrlines (LA) juga merupakan maskapai nasional Chile dan menjadi salah satu maskapai terbesar di Amerika Selatan. Sebagai anggota aliansi Oneworld, LAN terbang ke lebih dari 65 destinasi. Ini termasuk sekitar 15 destinasi domestik, serta sejumlah titik di Amerika Selatan, Amerika Utara, Karibia, Eropa dan Oseania.

Maskapai Terbaik di dunia boeing 767 lan

www.deviantart.com

Armadanya memiliki konfigurasi baik satu kabin (Kelas Ekonomi) dan dua kabin (Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi). Hub utamanya berada di Bandara Internasional Comodoro Arturo Merino Benitez (SCL) di Santiago. Memiliki anak perusahaan antara lain LAN Peru, LAN Argentina, LAN Colombia, LAN Ecuador dan LAN Express.

Best Airline in South America
Best Airline Staff Service in South America

33. Norwegian

Norwegian Air Shuttle (DY) adalah salah satu maskapai biaya rendah terbesar di Eropa. Dari basisnya di Norwegia, maskapai ini terbang non-stop ke sekitar 125 tujuan di 35 negara Eropa, Afrika dan Timur Tengah. Selain itu, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh maskapai terbaik di dunia ini, Norwegian Long Haul dan Norwegian Air International, mengoperasikan penerbangan ke Asia dan Amerika Utara.

Maskapai Terbaik di dunia norwegian air

www.englishradionews.com

Armada pesawat jarak pendek maskapai ini terdiri dari pesawat dengan kabin tunggal Kelas Ekonomi, sementara pesawat-pesawat jarak jauh menawarkan baik kabin Kelas Ekonomi Premium maupun Kelas Ekonomi. Norwegian memiliki hampir 20 basis operasional, yang terbesar berlokasi di Bandara Oslo (OSL) di Gardermoen.

Best Low-Cost Airline in Europe

34. South African Airways

South African Airways (SA) adalah maskapai penerbangan nasional sekaligus maskapai penerbangan terbesar di Afrika Selatan. Sebagai anggota dari Star Alliance, SA menawarkan penerbangan nonstop ke lebih dari 40 destinasi di 26 negara. Ini mencakup berbagai lokasi di Afrika Selatan dan destinasi-destinasi lainnya di Afrika, begitu juga dengan Eropa, Asia, Timur Tengah, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. South African Airways juga memiliki perjanjian codeshare dengan sekitar 15 maskapai penerbangan lainnya, termasuk anak perusahaannya, Mango, yang menawarkan penerbangan domestik bertarif rendah.

South African Airways - Airbus A330 Maskapai Terbaik di dunia

ZS-SXY – South African Airways – Airbus A330 via panoramio

Armada South African Airways terdiri atas pesawat dengan dua macam konfigurasi dua-kabin (Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis, atau Kelas Satu dan Kelas Ekonomi). Hub maskapai penerbangan ini berlokasi di Bandara Internasional OR Tambo, Johannesburg.

Best Airline in Africa
Best Airline Staff Service in Africa

35. Oman Air

Berbasis di Muscat, Oman Air (WY) adalah maskapai nasional Oman. Terbang non-stop ke lebih dari 40 tujuan di 23 negara di Timur Tengah, Asia, Afrika, dan Eropa. Armada pesawat Oman Air terdiri dari konfigurasi dua kabin (Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi) dan tiga kabin (Kelas Satu, Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi). Sekalipun bukan bagian dari aliansi maskapai, Oman Air memiliki kesepakatan berbagi kode dengan lima maskapai lain. Hub utama maskapai ini terletak di Bandara Internasional Muscat (MCT).

Oman Air A-330-300 (A4O-DB) - Maskapai Terbaik di dunia

Oman Air A-330-300 (A4O-DB) – Frankfurt via panoramio

Best Airline Staff Service in the Middle East

36. China Southern

Maskapai Terbaik di dunia China Southern Airlines Airbus A380

www.alotrip.com China Southern Airlines Airbus A380

Pembawa penumpang terbesar keenam di dunia, China Southern Airlines (CZ) mengoperasikan penerbangan nonstop ke lebih dari 190 tujuan di Tiongkok, di seluruh Asia, dan Eropa, Oseania dan Amerika Utara. Secara total, maskapai terbaik di dunia ini terbang ke 35 negara. Sebagai anggota aliansi SkyTeam, hub utama maskapai ini adalah Bandara Internasional Baiyun Guangzhou (CAN). Hub sekundernya berada di Bandara Internasional Jiangbei Chongqing (CKG), Bandara Internasional Capital Beijing (PEK) dan Bandara Internasional Ürümqi Diwopu (URC). Armada Tiongkok Selatan ini mencakup berbagai konfigurasi, termasuk First Class, Business Class, Premium Economy Class, dan Economy Class.

37. Virgin Atlantic

Virgin Atlantic (VS) berbasis di Inggris terbang ke sekitar 30 tujuan di Inggris, di Eropa, dan di Afrika, Asia, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Kepulauan Karibia. Pesawatnya memiliki konfigurasi tiga kabin: Upper Class (Kelas Bisnis), Kelas Ekonomi Premium, dan Kelas Ekonomi. Kabin Upper Class memiliki kursi yang dapat diubah menjadi tempat tidur datar, dan penumpang juga mendapat akses layanan antar jemput pribadi dan ruang tunggu Virgin Atlantic Clubhouse. Virgin Atlantic memiliki tiga basis operasional: Bandara Gatwick London (LGW), Bandara Heathrow London (LHR) dan Bandara Manchester (MAN).

Maskapai Terbaik di dunia virgin atlantic

pixabay.com

Best Cabin Crew
Kategori ini selama 2 tahun berturut-turut dimenangkan oleh maskapai penerbangan yakni Virgin Atlantic.
Selain cantik-cantik, kualitas layanan cabin crew Virgin Atlantic sangat prima.

38. Korean Air

Sebagai maskapai nasional Korea Selatan, Korean Air (KE) adalah maskapai terbesar di Korea Selatan. Berbasis di Seoul, maskapai ini terbang non-stop ke 20 destinasi domestik dan sekitar 100 destinasi internasional di seluruh Asia, Australia, Afrika, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Maskapai terbaik di dunia yang merupakan bagian dari aliansi SkyTeam ini juga memiliki perjanjian codeshare dengan sekitar 40 maskapai. Armadanya terdiri atas pesawat dengan konfigurasi dua kabin (Kelas Prestise, yang merupakan versi dari Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi) dan tiga kabin (Kelas Utama, Kelas Prestise dan Kelas Ekonomi). Korean Air memiliki hub di Bandara Internasional Gimpo (GMP) dan Bandara Internasional Incheon (ICN).

Maskapai Terbaik di dunia korean air

DEVIANTART korean air

Pernah mengalami kecelakaan tragis di akhir 90-an, Korean Air sudah bertekad mengubah diri dan saat ini sukses menjadi salah satu maskapai komersial terbaik di dunia. Selama satu dekade terakhir, perubahan drastis diterapkan oleh manajemen. Penumpang mengaku nyaman dengan kebersihan kabin dan tempat duduk yang cukup lapang.

39 easyJet

Maskapai Terbaik di dunia easyjet

pixabay.com

Maskapai penerbangan bertarif rendah easyJet (U2) adalah maskapai penerbangan terbesar di United Kingdom. Berkantor pusat di Bandara Luton London (LTN), easyJet terbang ke 32 negara di Eropa, Afrika dan Asia menggunakan model rute point-to-point. Semua maskapai pesawat ini dikonfigurasi dengan tempat duduk Economy Class kabin tunggal. EasyJet menjaga tarifnya tetap murah dengan menawarkan beberapa layanan gratis, dan penumpang harus membeli makanan dan minuman saat di dalam kapal. Maskapai terbaik di dunia ini memiliki lebih dari 20 basis di seluruh Eropa. Dari situ, Bandara Gatwick London (LGW) adalah yang terbesar. Basis-basis besar lainnya termasuk Bandara Milan–Malpensa (MXP), Bandara Bristol (BRS), Bandara Stansted Luton dan London (STN).

40 Air Astana

Air Astana (KC) adalah maskapai penerbangan nasional Republik Kazakhstan sekaligus maskapai terbesar di negara itu. Maskapai ini menawarkan layanan penerbangan domestik dan internasional ke sekitar 65 destinasi di Kazakhstan serta beberapa titik di Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Maskapai terbaik di dunia ini juga mempunyai perjanjian codeshare dengan Asiana Airlines, Austrian Airlines, Air India, Etihad Airways dan Turkish Airlines. Air Astana beroperasi di bandara penghubungnya, Bandara Internasional Almaty (ALA), Bandara Internasional Astana (TSE) dan Bandara Atyrau (GUW). Armada maskapai ini, salah satu yang termuda di Eropa, menggunakan pesawat Airbus, Boeing dan Embraer yang memadukan antara satu kabin (Kelas Ekonomi) dan dua kabin (Kelas Bisnis dan Ekonomi).

air astana b757 Maskapai Terbaik di dunia

DEVIANTART air_astana_b757

Best Airline Central in Asia / India
Best Airline Staff Service Central in Asia / India

41 Jetstar Airways

A330 Jetstar Maskapai Terbaik di dunia

A330 Jetstar via panoramio

Best Low-Cost Airline in Australia / Pacific
Merupakan anak perusahaan Qantas, Jetstar Australia (JQ) adalah maskapai bertarif rendah yang bermarkas di Melbourne. Hub utamanya berlokasi di Bandara Melbourne (MEL), dan hub sekundernya di Bandara Brisbane (BNE), Bandara Sydney (SYD), Bandara Gold Coast (OOL) dan Bandara Cairns (CNS). Merek Jetstar juga termasuk anak perusahaan yang beroperasi dari SIngapura, Jepang dan Vietnam. Armada Jetstar sebanyak 72 pesawat termasuk Airbus A320, Airbus A321, Airbus A330-200 dan Boeing 787-8.

42. SilkAir

Maskapai Terbaik di dunia Silk Air Airbus A319

www.flickriver.com Silk Air Airbus A319

SilkAir (MI) yang berbasis di Singapura merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines (SQ). Didirikan pada tahun 1976 dengan nama Tradewinds Charters, maskapai penerbangan ini beroperasi dari hub di Bandara Changi Singapura (SIN). SilkAir terbang ke lebih dari 50 destinasi di seluruh Asia dan juga Selandia Baru. SilkAir juga memiliki perjanjian codeshare dengan Bangkok Airways, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Shenzhen Airlines, Virgin Australia, dan Vistara, demikian juga dengan perusahaan induknya, Singapore Airlines. Armada SilkAir terdiri atas 29 pesawat yang menawarkan kabin Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi.

43. AirAsia X

Maskapai Terbaik di dunia airasia

Airasia pixabay.com

AirAsia X (D7), yang didirikan pada 2007, adalah maskapai penerbangan jarak jauh bertarif murah. Maskapai yang merupakan sister company dari AirAsia (AK) ini beroperasi dari bandara penghubungnya, Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL). AirAsia X melayani penerbangan ke sekitar 20 destinasi di Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Nepal, Arab Saudi, Sri Lanka dan Taiwan. Setiap pesawat Airbus A330-300 yang berjumlah 20 unit memiliki konfigurasi dua kabin: Kelas Premium dan Ekonomi. AirAsia X bukanlah anggota dari aliansi maskapai-maskapai besar

Penghargaan antara lain :

  • Best Low Cost Airline Premium Cabin
  • Best Low Cost Airline Premium Seat

44. Indigo

Maskapai Terbaik di dunia indigo airlines

Deviantart.com

Best Low-Cost Airline in Central Asia / India
Merupakan yang terbesar di India, maskapai bertarif rendah IndiGo Airlines (6E) terbang ke lebih dari 35 destinasi dalam India, serta lima destinasi internasional di Nepal, Oman, Singapura, Thailand dan Uni Emirat Arab. Didirikan tahun 2006, maskapai ini memiliki hub utama di Bandara Internasional Indira Gandhi (DEL) dan Bandara Internasional Visakhapatnam (VTZ) di Andhra Pradesh. Hub sekundernya berada di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji (BOM) di Mumbai dan Bandara Internasional Netaji Subhash Chandra Bose (CCU) di Kolkata. Armadanya dikonfigurasi sepenuhnya dengan kursi Economy Class.

45. Delta Air Lines

Sebagai salah satu perusahaan penerbangan tertua dan terbesar yang berbasis di Atlanta, Delta Air Lines (DL) mengoperasikan penerbangan nonstop ke lebih dari 330 tujuan di 64 negara dan 6 benua. Maskapai penerbangan ini, yang merupakan anggota pendiri aliansi SkyTeam, memiliki 10 hub domestik AS, serta hub-hub internasional di Amsterdam, Paris dan Tokyo. Penerbangan regionalnya beroperasi di bawah nama merek Delta Connection.

delta Maskapai Terbaik di dunia

Deviantart.com

Armada pesawat Delta memiliki berbagai konfigurasi kabin yang mencakup Delta One (Business Class internasional jarak jauh maskapai ini), First Class (penerbangan domestik), Business Class (penerbangan internasional ke Karibia), Delta Comfort+ (Premium Economy Class), Main Cabin (Economy Class) dan Basic Economy (versi hemat dari Main Cabin). Mendapat Penghargaan di kategori Best Long Haul Airlines, Delta Airlines melayani penerbangan jarak dengan menawarkan layanan prima.

46. Aeroflot

Maskapai Terbaik di dunia aeroflot

Deviantart.com

Maskapai penerbangan nasional Rusia, Aeroflot (SU), adalah maskapai terbesar di Federasi Rusia yang menawarkan layanan penerbangan domestik dan internasional ke sekitar 130 destinasi. Sebagai bagian dari aliansi SkyTeam, Aeroflot terbang nonstop ke berbagai titik di Rusia dan Eropa serta beberapa kota di Afrika, Timur Tengah, Asia, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Maskapai yang bermarkas di Moscow ini menggunakan Bandara Internasional Sheremetyevo (SVO) di Moscow sebagai bandara penghubungnya. Anak perusahaan maskapainya antara lain Aurora, Donavia, Orenair, Pobeda dan Rossiya. Maskapai ini mendapat penghargaan Best Airline Eastern in Europe.

47. WestJet

Maskapai Terbaik di dunia Westjet Boeing 737

Calgary International Airport – Westjet Boeing 737

WestJet Airlines (WS), maskapai biaya rendah Kanada adalah maskapai kedua terbesar di negara tersebut. Bersama dengan anak perusahaan regionalnya, WestJet Encore, maskapai ini terbang ke sekitar 90 tujuan. Meliputi tujuan di Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Eropa. Maskapai ini juga memiliki kesepakatan berbagi kode dengan lebih dari dua belas maskapai lain. WestJet mengoperasikan pesawat dengan seluruh tempat duduk Kelas Ekonomi. Penumpang dapat memilih membayar harga tiket tertentu (dikenal dengan sebutan Plus) yang menawarkan tempat duduk yang diinginkan di bagian depan pesawat dengan ruang kaki lebih lega. Maskapai ini memiliki hub di Bandara Internasional Calgary (YYC) dan Bandara Internasional Pearson Toronto (YYZ).

48 Porter Airlines

Maskapai Terbaik di dunia porter airlines

porter airlines via www.flightcentre.ca

Porter Airlines (PD) adalah maskapai regional berbasis Kanada yang terbang ke lebih dari 20 tujuan di Kanada dan Amerika Serikat. Armadanya terdiri dari kabin tunggal Kelas Ekonomi. Maskapai ini dikenal dengan layanan tambahan yang sudah termasuk dalam harga tiket. Ini termasuk makanan dan minuman ringan gratis saat penerbangan, dan juga ruang tunggu (yang dapat digunakan semua penumpang) di Billy Bishop, Bandara Internasional Macdonal-Cartier Ottawa (YOW) dan Bandara Internasional Liberty (EWR) Newark. Maskapai ini, yang berbasis di Toronto, memiliki hub di Bandara Billy Bishop Kota Toronto (YTZ). Porter juga menawarkan layanan antar jemput gratis antara pusat kota Toronto ke bandara. Maskapai ini juga mendapat penghargaan Best Regional Airline in North America.

49 Avianca

Avianca Maskapai Terbaik di dunia

Avianca Airbus via Planespotters.Net

Avianca (AV) yang berbasis di Bogota adalah maskapai nasional Kolombia. Maskapai kedua terbesar di Kolombia, hub utama Avianca adalah di Bandara Internasional El Dorado Bogotá’s (BOG) sedangkan hub sekunder di Bandara Internasional El Salvador (SAL) dan Bandara Internasional Jorge Chavez (LIM). Secara total, Avianca terbang ke 87 tujuan di 22 negara di seluruh Amerika Selatan, Amerika Utara, Kepulauan Karibia, dan Eropa. Armada Avianca mencakup pesawat yang berkonfigurasi hanya Kelas Ekonomi, dan juga dengan dua kabin, Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi. Penumpang Kelas Bisnis mendapat akses pada ruang tunggu VIP Avianca. Avianca juga termasuk dalam maskapai paling tepat waktu di dunia.

Penghargaan antara lain :

  • Best Airline in C America / Caribbean
  • Best Airline Staff Service in Central America / Caribbean

50 jetBlue Airways

JetBlue Maskapai Terbaik di dunia

JetBlue via gatetoadventures.com

JetBlue Airways (B6) adalah maskapai bertarif rendah yang berbasis di New York. Memiliki penerbangan nonstop ke lebih dari 85 destinasi di Amerika Serikat, serta titik lainnya di Amerika Utara, Karibia dan Amerika Selatan. Basis operasi utamanya terletak di Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK) di New York. Kota fokusnya antara lain Bandara Internasional Hollywood-Fort Lauderdale (FLL), Bandara Internasional Logan (BOS) di Boston, Bandara Long Beach (LGB), Bandara Internasional Luis Muñoz Marín (SJU) dan Bandara Internasional Orlando (MCO). Secara umum armadanya hanya memiliki kabin Kelas Ekonomi, namun layanan dua kabin juga tersedia.

Nah, dari 50 Maskapai Terbaik Di Dunia Tahun 2015. Dari sekian banyak maskapai penerbangan diatas, kira – kira favorit kalian yang mana nih?

5 Comments

  1. evrinasp 17 Maret 2016
    • lamandala 18 Maret 2016
  2. Travel 2 Agustus 2016
  3. Nia 20 September 2016
  4. rian 20 September 2016

Leave a Reply