Nasehat Pernikahan untuk Pasangan Suami dan Istri agar Tercipta Keberkahan dalam Rumah Tangga

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Allah Ta’ala telah berfirman :

Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (Qs. Ar. Ruum (30) : 21)

Nasehat Pernikahan – Pernikahan adalah “mithaq”, perjanjian yang suci. Ini bukan suatu hal yang bisa dianggap enteng. Keduanya harus berkomitmen penuh dalam membangun suatu hubungan. Hal ini tidak seperti membeli baju baru di mana kita dapat bertukar itu jika kita tidak menyukainya. Pasangan kita harus menjadi pilihan kita untuk seumur hidup.

Bahkan sebelum melangsungkan pernikahan pun kiranya harus dipersiapkan secara matang. Sehingga ketika nantinya sudah menjalani rumah tangga, maka keduanya bisa saling menerima satu sama lain. Persiapan-persiapan seperti akad nikah, menyiapkan kartu undangan pernikahan, hingga resepsi pernikahan itu sendiri sebagai bentuk syiar kepada khalayak bahwasannya kedua pasangan sudah sah menjadi suami istri.

Nasehat Pernikahan – Nasehat Untuk Suami

Dalam mengarungi bahtera rumah tangga, dibutuhkan nahkoda yang tangkas dalam mengendalikannya. Nahkoda itu tidak lain adalah suami.

Nasehat untuk suami nasehat untuk istri nasehat pernikahan foto prewedding muslim

scanfree.org

Diantara pesan untuk para suami adalah :

  • Wahai para suami, apa yang memberatkanmu untuk tersenyum dihadapan istrimu ketika engkau masuk menemuinya. Agar engkau memperoleh ganjaran dari Allah Ta’ala. Karena senyummu kepada saudaramu adalah shadaqah.
  • Wahai para suami, apa yang membebanimu untuk bercerah ceria wajahmu ketika menghadapi istrimu. Nabi mengatakan “Janganlah kau remehkan perbuatan baik sekecil apapun, walaupun berupa penyambutan saudaramu dengan wajah berseri-seri.”
  • Wahai para suami, jangan pelit untuk mengucapkan salam ketika berjumpa dengan istrimu. Dengan ucapan Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Karena engkau akan mendapatkan 10 kebaikan

Baca Juga Tanda-tanda Pasangan Anda Pasangan Penuh Berkah

  • Apa yang menyusahkanmu wahai para suami, jika engkau berkata kepada istrimu dengan perkataan yang baik, dengan lemah lembut. Itu tidak perlu tenaga yang banyak, tapi itu akan mendatangkan manfaat yang besar.
Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri Foto Muslim Couple

scanfree.org

  • Luangkan waktumu untuk menemani istrimu membaca Al-Qur’an, membaca buku-buku yang bermanfaat dan mendatangi majelis ilmu. Dan hendaknya para suami membimbing, menuntun istrinya hadir ke majelis ilmu, bukan melarang istrinya ngaji. Suami-suami yang bodoh melarang istri berangkat ngaji. Dia sendiri tidak mengajari tapi istrinya cari pengajian dilarang. Suami-suami seperti ini yang akan dimintai pertanggungjawaban nanti di hari kiamat.
  • Wahai para suami, apakah yang menyusahkanmu jika engkau berdoa “Ya Allah, perbaikilah istriku dan curahkan keberkahan kepadanya. Sering-sering kita doakan “Ya Allah, perbaikilah istriku dan curahkanlah keberkahan kepadanya.” Agar kita mendatangkan keberkahan dari istri kita. Atau kita doakan, “Ya Allah aku mohon kebaikannya, dan kebaikan yang engkau telah ciptakan atasnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, dan keburukan yang engkau ciptakan atasnya.”
  • Wahai para suami, berikanlah hadiah untuk istrimu dan anak-anakmu ketika engkau pulang dari safar. Ini juga tidak boleh diremehkan. Pulang dari bepergian kita bawakan oleh-oleh untuk istri dan anak-anak kita.
  • Tahukah engkau wahai para suami, bahwasanya bercampur suami istri adalah shadaqah. Oleh karenanya, segera memenuhi panggilan istri apabila istri memintanya untuk bercampur. Dan adakalanya istri tidak minta secara langsung, tapi dilihat dari gelagatnya, adanya suami bisa membacanya.
Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri foto prewedding muslim

blog.debusanacom

Semoga rumah tangga kita semakin hari semakin bahagia, semakin hari semakin berkah. Senantiasa berada di dalam naungan Allah SWT.

Berikut ini video nasehat pernikahan, nasehat untuk suami (Oleh Ust. Sulam bin Mustareja)

Nasehat Pernikahan – Nasehat Untuk Istri

Karena istri adalah perhiasan suami, maka jadilah istri yang shalihah agar nantinya menjadi perhiasan yang terindah untuk suami.

foto prewedding muslim Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri

pinterest

Berikut ini adalah nasehat pernikahan, nasehat untuk seorang istri.

  • Apakah yang menyulitkanmu jika engkau menemui suamimu, ketika suamimu masuk ke rumahmu kamu berikan kepadanya wajah yang manis, wajah yang berseri-seri. Nabi bersabda “Jangan kau remehkan perbuatan baik sekecil apapun walaupun hanya berupa penyambutan saudaramu dengan wajah berseri-seri.”

Baca Juga Amalan yang Dapat Meninggikan Derajat Seorang Mukmin

  • Berhiaslah, berdandanlah di hadapan suamimu. Gunakan wangi-wangian, pakai minyak wangi sangat dianjurkan bg wanita ketika menjumpai suaminya di rumahnya. Sambut suamimu dengan wajah ceria. Cium keningnya tanpa dia sadari, niscaya itu akan terasa sejuk di hati suami, bagaikan embun yang turun di musim kemarau.
  • Jadilah engkau seorang istri yang memiliki sifat lapang dada. Yang tenang dan selalu ingat kepada Allah dalam segala keadaan. Suamimu memberi rezeki yang banyak, bersyukur kepada Allah. Suamimu memberi rezeki yang sedikit, sesuai dengan kesanggupannya. Maka bersabarlah, ucapkanlah “jazakallahu khoiron” kepada suamimu. Doakanlah agar dia mendapatkan yang lebih banyak.
  • Didiklah anak-anakmu wahai para istri-istri dengan baik. Ajarkan kepada mereka adab-adab Islam. Di rumah hendaknya engkau banyak bertasbih, bertakbir, bertahlil. Sering-seringlah membuka mushaf Al-Qur’an dan menelaahnya. Baca terjemahannya, sehingga engkau akan bisa seakan-akan bercakap dengan Allah Ta’ala. Baca surat Al-Baqarah di rumah, karena setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah.
Muslim Couple Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri

woogle.com

  • Bangunkanlah suamimu untuk mengerjakan shalat malam, shalat  tahajjud. Karena Allah akan memberikan rahmat kepada seseorang yang bangun di malam hari lalu membangunkan istrinya untuk shalat tahajjud. Kalau tidak mau maka diperciki air. Allah pun akan memberikan rahmat kepada seorang wanita yang membangunkan suaminya di malam hari untuk shalat malam. Jika tidak mau, maka percikkan air kepadanya.
  • Anjurkan suamimu untuk puasa sunnah, puasa Senin dan Kamis. Dan siapkan masakan sahur pada malamnya, dan ketika siap-siap makan sahur, bangunkan suaminya untuk makan sahur. Bangunkan pula anak-anaknya. Tawarkan kepada anak-anak di sore hari sebelum tidur, “Besok kita mau puasa nak, kamu mau ikutan apa tidak?.” Kalau anak kita mau ikut puasa sunnah maka kita bangunkan. Kalau dia tidak mau, maka jangan dipaksakan. Karena itu hukumnya sunnah.
  • Dan ingatkan juga kepada suami untuk berbuat baik kepada orang tua. Ingatkan kepada suami untuk menyambung tali silaturahmi. Karena banyak suami-suami setelah menikah, ia sibuk dengan istrinya, dan dia lupa dengan keluarganya.
  • Wahai para istri. Bersabarlah kalian menghadapi suamimu. Perbanyaklah istighfar untuk dirimu, suamimu, orang tuamu dan semua kaum muslimin. Doakan mereka, mohonkan ampun. Dan berdoalah selalu, agar diberikan keturunan yang shalih, dan memperoleh kebaikan di dunia dan di akhirat. Dan ketahuilah bahwa Allah SWT mendengar doamu. Allah berfirman dalam surat Al-Mu’min.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb kalian berfirman : “Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkan untuk kalian” (QS Al-Mu’min, surat 40 ayat 60)

foto prewedding muslim Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri

scanfree.org

Begitulah seorang istri hendaknya dirumah, senantiasa mendoakan kebaikan untuk dirinya, untuk suaminya, dan untuk anak-anaknya.

Baca juga Mengajak Istri Jalan-jalan Maka Pahalanya Melebihi Iktikaf di Masjid Selama Sebulan

Ucapkan kata-kata yang baik apabila sedang marah dengan anak, jangan katakan yang buruk. Doakan kepada anakmu, semoga enteng jodohnya. Juga doakan kepada anakmu, semoga dimurahkan rezekinya.

Foto Pasangan Muslim Nasehat Pernikahan Nasehat untuk suami nasehat untuk istri

deshebideshe.com

Doakan kepada anak-anakmu agar menjadi anak yang shalih dan shalihah. Karena anak adalah harta yang paling berharga yang ditinggalkan oleh kedua orang tuanya. Apabila anaknya menjadi orang-orang yang shalih, anak-anak yang bertakwa, maka bisa jadi penolong bagi orang tua.

Berikut ini video nasehat pernikahan, nasehat untuk istri (Oleh Ust. Sulam bin Mustareja)

Originally posted 2016-03-07 05:54:20.

2 Comments

  1. Dwi Aprilytanti 10 Maret 2016

Leave a Reply