Inilah Negara Terbesar Dunia, Negara-Negara Adidaya Penguasa Dunia

Negara Terbesar di Dunia – Keseluruhan luas bumi ini yaitu kurang lebih 510 juta km² yang diantaranya terbagi dalam 148.94 juta km² (70,9%) air serta 361.132 juta km² (29,1%) daratan.

Untuk daratan, kita mengetahui ada 6 benua yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia serta Benua Antartika. Serta terbagi dalam 5 Samudra yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Antartika (Samudra Selatan) serta Samudra Arktik.

Negara Terbesar di Dunia

Di bawah ini merupakan daftar negara-negara terbesar di dunia menurut luas wilayahnya. Wilayah termasuk juga danau-danau, sungai serta waduk.

1. Negara Terbesar di Dunia Pertama – Rusia

Negara terbesar di dunia adalah rusia pertama satu

www.dailystormer.com

 

Rusia yaitu satu negara yang membentang luas di sisi timur Eropa serta utara Asia. Dengan area seluas 17.075.400 km², Rusia merupakan negara terluas di dunia. Wilayahnya sekitar dua kalinya wilayah Republik Rakyat Tiongkok (Tiongkok, RRT), Kanada, atau Amerika Serikat.

Penduduknya menempati peringkat ketujuh paling banyak di dunia sesudah Republik Rakyat Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, serta Pakistan. Negara ini pernah jadi negara bagian terbesar pada waktu masih menjadi Uni Soviet.

Rusia merupakan ahli waris terbesar Uni Soviet, yang mana mewarisi 50% jumlah masyarakatnya, 2/3 luas area, serta lebih kurang 50% aset-aset ekonomi juga persenjataannya. Sekarang ini Rusia masih tetap berupaya keras agar kembali menjadi negara adidaya, seperti di zaman Uni Soviet dulu.

Rusia terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa Timur dan benua Asia yang mana Pegunungan Ural adalah batas kedua benua tersebut. Area paling luas yaitu Siberia yang mempunya iklim tundra. Lantaran letaknya di belahan bumi bagian utara, mengakibatkan wilayah perairan Rusia kebanyakan tertutupi es.

Rusia punya beberapa sungai, salah satunya Sungai Dnieper (perbatasan dengan Ukraina) serta Sungai Volga. Diluar itu ada juga Laut Kaspia dan Laut Hitam yang bersebelahan dengan Turki. Kapal-kapal Rusia dari Laut Hitam bisa berlayar menuju Laut Tengah serta Terusan Suez melalui Selat Bosphorus dan Selat Dardanela.

2. Negara Terbesar di Dunia Kedua – Kanada

Negara terbesar di dunia kanada kedua nomor dua

www.vrbo.com

Kanada yaitu negara paling utara di Amerika Utara. Ibukotanya yakni Ottawa yang merupakan tempat parlemen nasional, rumah Gubernur Jenderal serta Perdana Menteri. Kanada adalah negara bekas jajahan Perancis serta Inggris Raya.

Kanada merupakan anggota La Francophonie serta negara persemakmuran. Nama “Kanada” sendiri diyakini berasal dari kata Huron-Iroquoia Kanata, yang bermakna “desa”, “permukiman”, atau “kumpulan pondok”.

Kanada menjadi negara terbesar di Amerika Utara, mencakup kurang lebih 41% luas benua Amerika Utara. Negara ini juga menjadi negara terbesar kedua di dunia menurut luasnya sesudah Rusia. Luas negara Kanada sendiri adalah 9.970.610 km².

Kanada menduduki setengah bagian dari Amerika Utara. Ia bersebelahan dengan AS di selatan, serta di barat laut berbatasan dengan Alaska. Terbentang dari Samudra Atlantik, Selat Davis di timur hingga ke Samudra Pasifik di barat. Di utara terdapat Laut Beaufort juga Samudra Arktik sedangkan Tanah Hijau (Greenland) terdapat di timur laut.

Kanada dikategorikan sebagai negara maju dari sisi ekonominya. Negara ini mengandalkan pada ketersediaan sumber daya hasil alam yang melimpah. Kanada adalah negara industri, dengan teknologi yang maju, berkecukupan dalam pengadaan sumber energi disebabkan terdapat bahan bakar fosil, energi nuklir, serta tenaga hidroelektrik.

Kanada juga maju dalam perdagangan, terlebih dengan Amerika Serikat, dimana Kanada mempunyai interaksi yang baik dan berjangka panjang. Walau bisa dibilang menjadi negara modern, ekonomi Kanada tetaplah meluas, sumber daya alam masih menjadi kekuatan yang mengatur ekonomi negara itu.

3. Negara Terbesar di Dunia Ketiga – Tiongkok

Negara terbesar di dunia tiongkok ketiga nomor tiga

cina.panduanwisata.id

Republik Rakyat Tiongkok merupakan negara yang berada di Asia Timur, dengan ibukota di Beijing. Negara ini mempunyai jumlah penduduk paling banyak di dunia (kurang lebih 1,35 milyar jiwa) dengan luas wilayah negara 9,69 juta km² atau urutan ke-4 negara terluas di dunia.

Negara ini berdiri pada 1949 sesudah selesainya Perang Saudara Tiongkok. Mulai dipimpin oleh satu partai tunggal yang berkuasa, yakni Partai Komunis Tiongkok (PKT). Meskipun kerapkali dipandang sebagai negara komunis, namun ekonomi republik ini sudah diswastakan sejak 1980-an.

Walaupun begitu, pemerintah masih tetap mengawasi ekonominya dengan cara politik khususnya dengan perusahaan-perusahaan milik negara juga pada sektor perbankan. Secara politik, ia tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Sebagai negara dengan populasi penduduk paling banyak di dunia, melebihi 1,363 miliar jiwa (perkiraan tahun 2014), yang sebagian besar adalah suku bangsa Tionghoa. Untuk terus menekan ledakan populasi, pemerintah giat menggalakkan kebijakan satu anak.

Tiongkok mempunyai ekonomi terbesar dan paling kompleks di dunia. Sejak mulai diperkenalkannya reformasi ekonomi pada 1978, Tiongkok bertransformasi menjadi negara dengan perkembangan ekonomi paling cepat di dunia.

Per 2013, negara ini jadi ekonomi paling besar nomor dua di dunia berdasar pada keseluruhan nominal GDP serta PPP, dan menjadi negara eksportir dan importir paling besar di dunia. Tiongkok merupakan salah satu kekuatan besar di Asia, bahkan menurut para pengamat Tiongkok berpotensi menjadi negara adidaya diwaktu yang akan datang.

Tiongkok merupakan salah satu negara yang mempunyai senjata nuklir juga mempunyai tentara aktif terbesar dunia, dengan belanja militer paling besar nomor dua dunia. Tiongkok juga menjadi anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di tahun 1971. Tiongkok juga menjadi anggota organisasi lain seperti WTO, APEC, BRICS, Shanghai Cooperation Organization, BCIM dan juga tergabung dalam Negara G-20.

4. Negara Terbesar di Dunia Keempat – Amerika Serikat

Negara terbesar di dunia amerika serikat kelima nomor lima

dream.co.id

Amerika serikat adalah negara terbesar di dunia selanjutnya. Negara yang terletak di Amerika Utara ini berada di urutan nomor empat negara terbesar di dunia, serta nomor dua terbesar di benua Amerika, setelah Kanada. Negara yang dikenal dengan julukan “Uncle Sam” atau “Paman Sam” ini memiliki luas wilayah 9.826.675 km², dengan rincian luas daratan sebesar 9.161.966 km² dan perairan 664.709 km².

Amerika Serikat juga berada di urutan ketiga negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Data sensus penduduk tahun 2016 menunjukkan total populasi penduduk Amerika Serikat adalah 324.099.593 jiwa, berada di urutan ketiga setelah India dan Tiongkok.

5. Negara Terbesar di Dunia Kelima – Brazil

Negara terbesar di dunia brazil keenam nomor enam

www.zdnet.com

Negara terbesar kelima adalah Brazil. Negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini merupakan negara terbesar di belahan bumi selatan. Total luas wilayah Brazil adalah 8.514.877 km², dengan daratan 8.459.417 km² dan perairan 55.460 km².

Selain negaranya yang luas, populasi penduduk di Brazil juga besar. Data sensus penduduk tahun 2015 menunjukkan total populasi Brazil mencapai 205.338.000 jiwa. Itu artinya negara ini berada di urutan 5 negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia setelah Indonesia.

6. Negara Terbesar di Dunia Keenam – Australia

Lokasi : Benua Australia
Luas Wilayah : 7.741.220 km²
Daratan : 7.682.300 km²
Air : 58.920 km²

7. Negara Terbesar di Dunia Ketujuh – India

Lokasi : Benua Asia
Luas Wilayah : 3.287.263 km²
Daratan : 2.973.193 km²
Air : 314.070 km²

8. Negara Terbesar di Dunia Kedelapan – Argentina

Lokasi : Benua Amerika (Amerika Selatan)
Luas Wilayah : 2.780.400 km²
Daratan : 2.736.690 km²
Air : 43.710 km²

9. Negara Terbesar di Dunia Kesembilan – Kazakhstan

Lokasi : Benua Asia
Luas Wilayah : 2.724.900 km²
Daratan : 2.699.700 km²
Air : 25.200 km²

10. Negara Terbesar di Dunia Kesepuluh- Aljazair

Lokasi : Benua Afrika
Luas Wilayah : 2.381.741 km²
Daratan : 2.381.741 km²
Air : 0 km²

11. Negara Terbesar di Dunia Ke-11 – Republik Demokrasi Kongo

Lokasi : Benua Afrika
Luas Wilayah : 2.345.410²

12. Negara Terbesar di Dunia Ke-12 – Arab Saudi

Lokasi : Benua Asia
Luas Wilayah : 2.218.000²

13. Negara Terbesar di Dunia Ke-13 – Indonesia

Lokasi : Benua Asia
Luas Wilayah : 1.990.250²

14. Negara Terbesar di Dunia Ke-14 – Libya

Lokasi : Benua Afrika
Luas Wilayah : 1.989.440²

15. Negara Terbesar di Dunia Ke-14 – Meksiko

Lokasi : Benua Amerika (Amerika Selatan)
Luas Wilayah : 1.909.540²

 

Sumber Wikipedia

Leave a Reply