Jalan-jalan

Pantai Klayar Pacitan, Destinasi Wisata Pantai yang Eksotik di Ujung Jawa Timur

Pantai Klayar Pacitan – Tahukah Anda tentang pantai Klayar Pacitan? Pantai ini merupakan satu diantara sekian banyak pantai-pantai di Jawa Timur yang dikenal menawan. Pantai Klayar Pacitan mempunyai pesona alam yang begitu indah yang sayang untuk dilewatkan bagi pecinta pantai.

Memang, destinasi satu ini belum setenar Gua Gong atau Pantai Teleng Ria yang sama-sama berlokasi di Pacitan. Namun pada umumnya, pantai ini telah tersohor di kalangan traveller Jawa Timur. Karena termasuk satu diantara destinasi wisata dengan keindahan alam yang mempesona.

Di Pantai Klayar Pacitan, Anda bisa temukan pesona alam yang eksotis serta keunikannya pada hamparan pasir yang putih yang membentang luas. Ada bebatuan karang raksasa serupa Sphinx, dan air mancur alami yang tingginya hingga 10 meter. Juga ada karang boling dan seruling samudera.

pantai klayar pacitan sphinx
Sphinx di Pantai Klayar via www.panoramio.com

Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan berada di Kecamatan Donorojo, tepatnya di Desa Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar bisa ditempuh dengan jarak perjalanan lebih kurang 40 km dari pusat kota Pacitan. Perjalanan kesana menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dengan mengendarai mobil pribadi atau motor.

Yang perlu diketahui untuk sampai ke lokasi pantai Klayar Pacitan ini Anda akan dihadapkan dalam suatu perjalanan yang menantang. Karena akses menuju pantai ini tidaklah mudah. Bila Anda berkunjung ke pantai Klayar Pacitan ini, jangan kaget jika Anda menjumpai beberapa sisi jalan yang sempit serta rusak dan belum teraspal dengan baik.

Anda juga akan melalui ruas jalan naik turun perbukitan yang cukup ekstrim ditambah banyak kelokan tajam. Terdapat banyak ruas dengan tanjakan serta turunan cukup ekstrim. Dibutuhkan kewaspadaan Anda dalam mengemudikan kendaraan.

Pastinya perjalanan ini bakal seru dan tentunya bisa memacu adrenalin Anda. Tak perlu merasa khawatir bosan dalam perjalanan. Karena di sepanjang perjalanan menuju Lokasi Pantai Klayar Anda akan menemukan panorama bukit serta lembah hijau yang menawan.

Masalah infrastruktur wisata perlahan-lahan mulai digarap oleh pemerintah lokal serta dieksekusi dalam gagasan pengembangan wisata Pacitan. Pembangunan sarana pariwisata ini mulai diutamakan, mengingat kunjungan wisata di Pacitan menunjukkan tren positif. Artinya banyak tempat wisata di Pacitan yang mulai banyak dikunjungi para pecinta traveller.

akses jalan menuju pantai klayar pacitan
Jalanan Menuju Pantai Klayar via pacitanku.com

Pantai Klayar Pacitan

Setibanya di pantai Klayar Pacitan, Anda akan disambut pemandangan panorama pantai yang luar biasa indah. Tepat di sisi timur pantai, Anda akan mendapati dua karang besar setinggi pohon kelapa yang sekaligus menjadi ikon dari pantai Klayar Pacitan ini.

Adapun di belakangnya ikon ini terdapat gugusan karang lainnya yang sekaligus menahan terjangan ombak laut selatan Jawa. Satu hal yang menarik, diantara karang-karang penahan tersebut ada satu karang raksasa. Bahkan bisa dibilang karang ini serupa dengan obyek wisata Tanah Lot yang ada di Bali.

Bagi Anda yang suka mengabadikan momen dengan berfoto ria, pantai Pacitan ini terdapat karang-karang besar yang cantik. Anda akan dibuat terlena saat hembusan angin menerpa Anda ketika berdiri diatas karang-karang ini. Dari atas karang dapat Anda dapat menikmati hamparan laut biru yang luas ditemani suara debur ombak ketika menerpa karang.

Tempat ini juga pas sebagai tempat pemotretan pre-wedding, dikarenakan suasananya yang nyaman serta panorama yang menawan. Selain itu, pemandangan pantai dengan laut biru juga pasirnya yang lembut pastinya membuat pengunjung yang datang kerasan berlama-lama di pantai ini.

Wisata Pantai Klayar Pacitan dapat disebutkan sebagai pantai yang begitu pas untuk berolahraga selancar. Pada waktu-waktu tertentu, ombak yang ada di Pantai Klayar begitu pas untuk berselancar. Namun perlu diingat, Anda tak diijinkan untuk berenang di pantai ini sembarangan mengingat ombak yang termasuk besar ditambah banyak tebing.

Sehari-harinya, mungkin Anda hanya akan menjumpai kelompok nelayan lokal yang melakukan aktivitas di pantai Pacitan yang satu ini. Namun di saat masa libur tiba pantai Klayar akan sesak dipadati banyak wisatawan, baik itu yang dari domestik (lokal) maupun dari mancanegara (luar negeri).

Pesona di Pantai Klayar Pacitan

pantai klayar pacitan seruling samudera
Pantai Klayar via www.panoramio.com

Pantai Klayar mempunyai banyak tebing yang kebanyakan mempunyai lubang-lubang akibat terjangan ombak, juga deretan pohon kelapa yang berjejer di lokasi pantai. Salah satu fenomena unik yang akan Anda jumpai disini pantai Klayar Pacitan yaitu seruling samudra.

Seruling samudera adalah sebutan untuk menggambarkan fenomena dimana ada cekungan di bagian bawah tebing atau batuan yang ada di pantai. Di kala cekungan ini diterjang ombak, air laut menyembur keluar permukaan lewat sela-sela bebatuan karang. Hal ini yang menyebabkan terciptanya bunyi yang indah laksana seperti seruling yang dimainkan.

Anda bisa melihat fenomena dimana terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang ini membuat air mancur alami tingginya bisa mencapai 10 meter. Panorama indah ini yaitu akibat hantaman kencang air laut yang masuk lewat sisi bawah bebatuan.

Hal lainnya adalah banyaknya tebing-tebing tinggi di pantai Klayar ini. Dari sekian banyak tebing yang menjulang Anda bisa menjumpai patung yang mirip bentuk Sphinx seperti yang ada di Mesir. Anda sudah pasti bisa menaiki tebing ini, namun perlu diperhatikan akan keselamatan mengingat tebing ini termasuk tinggi sekaligus curam.

Sesekali alihkan pandangan Anda ke barat dari pantai Klayar Pacitan. Disana ada satu tebing karang besar menjulang tinggi sampai 50 meter. Tebing karang ini adalah satu diantara gugusan karang yang ada di wisata pantai Klayar Pacitan.

Tiba di saat senja, jangan sampai melewatkan pemandangan sunset yang memikat di pantai Klayar Pacitan ini. Anda bakal merasakan sensasi pemandangan panorama pantai yang mempesona sejauh mata memandang.

wisata pantai klayar pacitan
Pemandangan Pantai Klayar Pacitan via www.pinterest.com

Rute Ke Lokasi Wisata Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Karena rute yang akan ditempuh melewati jalan-jalan yang sempit dan berkelok, baiknya memakai motor untuk menuju ke wisata pantai Klayar Pacitan ini. Karena jika memakai kendaraan mobil bisa jadi akan menghabiskan waktu perjalanan yang lebih lama.

Untuk Anda yang berada di pusat Kota Pacitan menuju lokasi ini dapat dengan naik sepeda motor maupun mobil dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan transportasi umum yang bisa mengantarkan ke wisata pantai Klayar Pacitan ini hanya ada di pagi hari. Itupun ikut kendaraan warga setempat yang hendak menuju pasar di kecamatan Pringkuku. Atau bisa juga dengan naik ojek.

Untuk Anda yang memulai perjalanan dari Yogyakarta, Ada beberapa rute yang dapat ditempuh untuk menuju Lokasi tempat wisata pantai Klayar Pacitan. Namun rute yang paling direkomendasikan karena cepat yakni dengan melalui daerah kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

Jika perjalanan melalui daerah Wonosari ke pantai Klayar di Pacitan dengan rute Gunung Kidul Wonosari yakni melewati Pathuk kemudian ke Kota Wonosari. Lalu menuju Pracimantoro dan melewati Giribelah hingga mencapai Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perjalanan dilanjutkan ke Punung hingga akhirnya berakhir di pantai Klayar Pacitan. Total lama perjalanan sekitar 2, 5 jam.

Beda lagi jika perjalanan Anda mulai dari Surakarta atau Solo. Dari Solo lanjutkan perjalanan ke kecamatan Pracimantoro hingga sampai di pertigaan Giribelah dan silahkan belok kanan. Anda akan menemukan tanjakan panjang yang cukup terjal.

Teruskan perjalanan sampai perempatan Kalak. Sesampainya di Kalak cukup lanjutkan perjalanan Anda menuju pantai Klayar Pacitan. Jarak Kalak menuju Objek Wisata Pantai Klayar hanya sekitar satu jam perjalanan dengan kecepatan sedang.

Sekian informasi seputar pantai Klayar Pacitan. Tempat wisata di Pacitan ini tidak kalah eksotis dengan destinasi wisata pantai di Jawa Timur yang lain. Semoga informasi ini dapat menjadi bahan rujukan untuk Anda yang ingin dan akan berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan.

Wisata pantai di Pacitan dengan pemandangan alamnya yang eksotis ini memang menjadi spot destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Mudah-mudahan Informasi wisata Pacitan, yakni wisata pantai Klayar Pacitan ini menambah wawasan Anda. Selamat berlibur!

Originally posted 2016-07-08 11:48:03.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*