Agama

Pengertian Hari Tasyrik, Keutamaannya dan Ibadah yang Disunnahkan serta Diharamkan di Hari Tasyrik

Hari Tasyrik – Pasti ada diantara kita yang sudah familiar dengan istilah hari tasyrik. Terlebih yang sedari kecil mendapat bekal ilmu agama yang kuat, tentu tahu apa itu hari tasyrik. Namun tidak semua mengerti apa itu hari tasyrik.

Ada beberapa orang yang masih bertanya-tanya, apa itu hari tasyrik? Mungkin ada sebagian yang masih asing mendengar istilah hari tasyrik. Apalagi jika seseorang tersebut baru mengenal agama Islam seperti seorang muallaf atau orang yang baru memeluk agama Islam.

Maka tulisan ini akan sedikit mengulas tentang apa itu hari tasyrik. Mulai dari pengertian hari tasyrik, lalu amalan apa yang dianjurkan atau disunnahkan untuk dilakukan sewaktu menemui hari tasyrik. Dan yang terakhir adalah ibadah apa saja yang dilarang bahkan haram dilakukan di hari tasyrik. Berikut penjelasannya.

Pengertian Hari Tasyrik

Dari segi bahasa, tasyriq atau syuruq ialah mempunyai makna terbit. Sebagian lagi berpendapat bahwasannya istilah hari tasyrik merujuk kepada hari-hari setelah tanggal 10, waktu dimana kaum Muslimin menjemur (kata menjemur dalam bahasa arab adalah yusriqun) yakni menjemur daging qurban yang telah disembelih, dan juga waktu penyembelihan hewan qurban ini adalah ketika syuruq (setelah terbitnya matahari).

menyembelih hewan qurban di hari tasyrik
www.suara-islam.com

Hari tasyrik jatuh pada 3 hari setelah Hari Raya Qurban (Idul Adha) yakni tanggal 11, 12 dan 13 bulan Dzulhijjah. Ini adalah tiga hari kemuliaan untuk ibadah, dimana umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji sedang menetap di Mina, untuk melaksanakan lempar jumroh dan memperbanyak amal ibadah lainnya.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

إِنَّ أَعْظَمَ الأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَوْمُ النَّحْرِ ثُمَّ يَوْمُ الْقَرِّ

“Sesungguhnya hari yang paling mulia disisi Allah Tabaaraka wa Ta’ala ialah hari Idul Adha dan yaumul qorr (hari Tasyrik)”

Sedangkan bagi kaum muslimin di seluruh dunia, hari tasyrik merupakan hari untuk menikmati makan dan minum sekaligus hari berbahagia. Disebut hari bahagia karena selain masih dalam suasana merayakan hari Raya Idul Adha, di dalamnya juga terdapat ritual penyembelihan hewan qurban.

Rasulullah SAW bersabda:

 إِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْب وَذِكْرِ اللهِ تَعَالى – رواه مسلم

“Sesungguhnya hari itu (hari tasyrik) adalah hari makan, minum dan mengingat Allah (dzikrullah).” (HR Muslim)

Maka karena hal tersebutlah diharamkan untuk berpuasa di hari tasyrik. Meskipun ada pengecualian yakni bagi jamaah haji yang tidak mampu membayar denda atau dam haji dan menggantinya dengan puasa 3 hari selama perjalanan ibadah haji, maka diperbolehkan berpuasa di hari tasyrik ini.

Keutamaan Hari Tasyrik

Hari tasyrik adalah hari ibadah, karena di hari-hari ini Allah memerintahkan hambanya untuk berdzikir mengingat Allah, dan memperbanyak ibadah-ibadah yang lain. Terkhusus bagi saudara-saudara seiman kita yang sedang melaksanakan ibadah haji.

mabit di mina hari tasyrik
antaranews.com

Di hari tasyrik ini jamaah haji di seluruh dunia tengah melaksanakan mabit atau menetap di Mina. Disanalah mereka dianjurkan memperbanyak ibadah, berdzikir dan mendekatkan diri dan melempar jumrah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam surat yang kedua, surat Al-Baqarah:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَّعْدُودَاتٍ ۚ فَمَن تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَن تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ 

“Dan berdzikirlah (dengan menyebut) akan Allah (yakni dengan mengucap takbir selama menunaikan haji) dalam beberapa hari yang tertentu bilangannya (yakni di hari-hari tasyrik). Barangsiapa yang ingin segera berangkat (meninggalkan Mina) pada hari yang kedua, maka ia tidaklah berdosa. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (menunda keberangkatannya dari dua hari itu), maka tiada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa.” (Al-Baqarah:203)

Amalan yang Dianjurkan dan Disunnahkan di Hari Tasyrik

Berikut amalan-amalan yang dianjurkan ketika menemui hari tasyrik ialah:

Pertama: Memperbanyak Berdzikir Kepada Allah

Adapun beberapa dzikir yang umum dilakukan ketika hari tasyrik serta sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT adalah:

  1. Berdzikir dengan bertakbir setelah selesai melaksanakan shalat wajib, diantaranya dengan melantunkan bacaan berikut

    bacaan takbir tashriq
    Allaahu akbar Allaahu akbar, Laa Ilaaha illa Allaahu wa Allaahu akbar, Allaahu akbar wa Lillaahil hamdu
  2. Berdzikir dengan membaca tasmi (bismillah) dan takbir ketika akan menyembelih hewan qurban, dengan membaca

    bismillahi allahu akbar
    Bismillahi Allahu Akbar
  3. Berdzikir dengan memuji Allah Ta’ala ketika makan ataupun minum. Yakni sebelum memulai makan atau minum maka mengucapkan Bismillah. Dan ketika selesai makan dan minum maka diakhiri dengan membaca Alhamdulillah.
  4. Berdzikir dengan mengucapkan takbir bagi jamaah haji ketika melempar jumrah pada hari tasyrik.
  5. Berdzikir memuji Allah kapan saja dan dimana saja. Diperbolehkan berdzikir dimanapun asal tempatnya suci. Sebab Allah menganjurkan memperbanyak dzikir di hari tasyrik ini.

Kedua: Memperbanyak dalam Berdoa Kepada Allah

Adapun doa yang paling sering dan banyak dibaca Nabi Muhammad SAW adalah doa meminta kebaikan di dunia dan di akhirat atau dikenal dengan doa sapu jagad:

 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaabannaari”

Berdoa di hari tasyrik
www.virtualmosque.com

Ketiga: Memperbanyak Bersyukur Kepada Allah

Bersyukur kepada Allah atas segala karunia nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita semua. Karena sesungguhnya Allah menyukai seorang hamba yang senantiasa bersyukur.

Keempat: Makan dan Minum untuk Memperkuat Ibadah

Di hari tasyrik dianjurkan untuk menikmati makan dan minum. Makan dan minum diperbolehkan asal halal dan baik (thoyyib) serta tidak berlebihan. Karena tujuan utama dari makan dan minum disini adalah agar kita lebih bisa kuat dalam menunaikan ibadah.

Baca juga Pahala Suami Mengajak Istri Jalan-jalan, Ternyata Pahalanya Melebihi Pahala I’tikaf

Hal-hal yang Dilarang dan Haram Dilakukan di Hari Tasyrik

Hari Tasyrik termasuk dalam beberapa hari dimana diharamkannya berpuasa pada hari tersebut. Seperti telah dikemukakan sebelumnya, bahwa hari tasyrik adalah hari bergembira, hari makan dan minum, hari dimana dibagikannya daging qurban untuk dinikmati bersama.

Hikmah yang dapat diambil dari peristiwa ini ialah ketika semua orang atau saudara sesama kita sedang merayakan kegembiraan (dalam hal ini bergembira karena merayakan Hari Raya Qurban), maka kita seyogyanya perlu turut serta bersama merayakannya.

Dalam Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, mengutip perkataan Imam An Nawawi Rahimahullah yaitu “Hari tasyriq ialah tiga hari sesudah hari Idul Adha. Hari tersebut (tasyrik) dimasukkan kedalam hari ‘ied. Maka hukum yang terdapat pada hari ‘ied sebagian besar berlaku pula pada hari tasyriq. Seperti halnya di hari tasyriq sama dalam hal waktu pelaksanaan menyembelih hewan qurban. Juga di hari ‘ied dan tasyrik sama-sama dilarang berpuasa dan dianjurkan untuk bertakbir.”

Hari Tasyrik ini termasuk dalam hari ‘Ied-nya umat muslim, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

يَوْمُ عَرَفَةَ وَيَوْمُ النَّحْرِ وَأَيَّامُ التَّشْرِيقِ عِيدُنَا أَهْلَ الإِسْلاَمِ وَهِىَ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

“Hari Arafah, hari Idul Adha, dan hari-hari Tasyrik ialah (hari) ‘ied kami, kaum muslimin. Dan hari tersebut (Hari Raya Idul Adha dan hari Tasyrik) ialah hari (menyantap) makan dan minum.”

Sedangkan terdapat pengecualian untuk seorang jamaah haji tamattu’, boleh melaksanakan puasa pada hari tasyrik ketika ia tidak dapat membayar biaya dam haji atau tidak mendapati hewan sembelihan (hadyu).

Berikut ini video penjelasan singkat tentang hari tasyrik, dan amalan apa saja yang dianjurkan atau disunnahkan di hari tasyrik. [Source Yufid Tv]

Originally posted 2016-09-11 14:00:04.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*