Pengertian Software dan Jenis-jenis Software

software

img source: www.k3dav.com

Lamandala.net – Artikel kali ini akan sedikit membahas tentang software dan macam-macam software. Software atau perangkat lunak adalah suatu aplikasi yang mengontrol kinerja perangkat keras (hardware). Ada berbagai jenis perangkat lunak, yang dapat menjadi sedikit membingungkan bagi yang belum tahu. Berikut adalah definisi singkat dari masing-masing jenis, dan perbedaan antara mereka.

Software Retail

Jenis ini dijual dari rak-rak toko ritel. Ini termasuk kemasan mahal yang dirancang untuk menangkap mata pembeli dan, dengan demikian, umumnya lebih mahal. Sebuah keuntungan dari perangkat lunak ritel adalah bahwa ia datang dengan cetak manual dan petunjuk instalasi, hilang dalam bentuk hard-copy dari hampir setiap kategori lainnya. Namun, ketika manual dan petunjuk hard copy tidak diperlukan, versi download dari internet akan lebih murah, jika tersedia.

Software OEM

OEM adalah singkatan dari “Original Equipment Manufacturer” dan mengacu pada yang dijual dalam jumlah besar untuk reseller, dirancang untuk digabungkan dengan hardware. Misalnya, Microsoft memiliki kontrak dengan berbagai perusahaan termasuk Dell Komputer, Toshiba, Gateway dan lain-lain.

Microsoft menjual sistem operasi sebagai perangkat lunak OEM dengan harga berkurang, dikurangi kemasan ritel, manual dan petunjuk instalasi. Reseller menginstal sistem operasi sebelum sistem dijual dan CD OEM dipasok ke pembeli. Manualnya terdiri dari menu Help yang dibangun ke dalam program itu sendiri. Software OEM tidak sah untuk membeli mengikat dari sistem hardware aslinya.

Shareware

Software ini dapat didownload dari internet. Lisensi berbeda, namun pada umumnya pengguna diijinkan untuk mencoba program gratis, untuk jangka waktu yang ditetapkan dalam izin tersebut, biasanya tiga puluh hari. Pada akhir masa percobaan, itu harus dibeli atau dihapus.

Beberapa shareware menggabungkan jam internal yang menonaktifkan program ini setelah masa percobaan kecuali sebuah nomor seri disediakan. Desain shareware lain terus bekerja dengan tampilan layar seperti terdapat watermark, yang mendorong pengguna untuk membeli program.

Crippleware

Software ini mirip dengan shareware kecuali bahwa fitur utama akan berhenti bekerja setelah masa percobaan telah berakhir. Misalnya, “menyimpan” fungsi, fungsi print, atau beberapa fitur penting lainnya yang diperlukan untuk menggunakan program secara efektif dapat menjadi tidak dapat digunakan. Ini “melumpuhkan” program. Jenis lain dari crippleware menggabungkan fungsi lumpuh selama masa percobaan. Pembelian diperlukan untuk membuka fitur lumpuh.

Software Demo

Demo software ini tidak dimaksudkan untuk menjadi program berfungsi, meskipun mungkin memungkinkan fungsi parsial. Hal ini terutama dirancang untuk menunjukkan apa yang versi dibeli mampu melakukan, dan sering bekerja lebih seperti tutorial otomatis. Jika seseorang ingin menggunakan program ini, mereka harus membeli versi berfungsi penuh.

Adware

Ini adalah perangkat lunak gratis yang didukung oleh iklan yang dibangun dalam program itu sendiri. Beberapa adware membutuhkan pakan Internet hidup dan menggunakan bandwidth yang konstan untuk meng-upload iklan baru. Pengguna harus melihat iklan ini di antarmuka program. Menonaktifkan iklan adalah terhadap perjanjian lisensi. Adware tidak terlalu populer.

Spyware

Spyware biasanya gratis, tapi bisa shareware. Ini secara sembunyi-sembunyi “telepon rumah” dan mengirimkan data kembali ke pencipta spyware, yang paling sering tanpa sepengetahuan pengguna. Misalnya, multimedia player mungkin profil apa musik dan file video yang program ini dipanggil untuk bermain. Informasi ini dapat disimpan dengan tag identifikasi unik yang terkait dengan program khusus pada mesin pengguna, pemetaan hubungan satu-ke-satu.

Konsep spyware sangat tidak populer, dan banyak program yang menggunakan spyware protokol dipaksa untuk mengungkapkan ini kepada pengguna dan menawarkan cara untuk mematikan fungsi pelaporan. program spyware lainnya membocorkan protokol di lisensi mereka, dan membuat penerimaan spyware fitur kondisi perjanjian untuk menggunakan perangkat lunak.

Freeware

Freeware ini juga dapat diunduh dari internet dan gratis. Seringkali freeware hanya gratis untuk penggunaan pribadi, sementara penggunaan komersial memerlukan lisensi berbayar. Freeware tidak mengandung spyware atau adware. Jika ditemukan mengandung salah satu dari ini, itu direklasifikasi seperti itu.

Software Public Domain

Ini adalah perangkat lunak bebas, tapi tidak seperti freeware, tidak memiliki pemilik hak cipta atau lisensi tertentu pembatasan. Ini adalah satu-satunya jenis yang dapat dimodifikasi secara hukum oleh pengguna untuk tujuan sendiri-sendiri.

Masyarakat dianjurkan untuk membaca lisensi hati-hati ketika menginstal software, karena mereka sangat bervariasi.

Originally posted 2016-12-27 19:49:05.

Leave a Reply