Bisnis,Umum

Inilah 3 Perbedaan Umum Antara Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional – Mungkin bagi orang-orang yang tidak awam dengan dunia perbankan, bank syariah dan bank konvensional terlihat seperti dua jenis bank yang serupa. Walaupun memang serupa, kedua jenis bank tersebut tidak mirip.

Ada beberapa perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Dengan mengenal perbedaan-perbedaan tersebut, Anda bisa memilih jenis bank mana yang lebih menguntungkan dan praktis. Inilah beberapa perbedaan tersebut yang mungkin harus Anda ketahui.

Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional

1. Perjanjian Transaksi

teller melayani nasabah Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional
m.rmolsumsel.com

Bank konvensional adalah bank yang bersifat umum untuk kalangan siapapun. Karena itu, perjanjian yang ditetapkan pihak bank adalah perjanjian ekonomi yang bersifat positif dan dapat berubah sesuai dengan kondisi tertentu, walaupun jarang.

Hal ini berbeda dari bank syariah yang merupakan bank yang berdasarkan agama Islam. Karena memiliki dasar tersebut, segala perjanjian dalam transaksi harus didasari ajaran-ajaran agama Islam. Walaupun kedua jenis bank tersebut memiliki ikatan perjanjian yang prosedurnya berbeda, kedua jenis bank tersebut memiliki tujuan yang sama, untuk memuaskan pihak bank serta pihak nasabahnya.

2. Pembagian Hasil

pembagian hasil bank syariah yang transparan Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional
infobanknews.com

Inilah perbedaan bank syariah dan bank konvensional yang sangat mencolok. Kedua pihak bank tentu memiliki tujuan untuk meraih keuntungan. Namun, bank syariah memiliki sistem bagi hasil yang patokannya adalah keuntungan serta kerugian transaksi serta didasari pada pedoman perjanjian transaksinya.

Walaupun kelihatannya semua pihak bank bisa merasakan keuntungan dari transaksi dengan nasabah-nasabah, seluruh pihak bank tidak akan lolos dari risiko kerugian yang juga harus ditanggung bersama. Dengan kata lain, rasa senang dan sakit harus ditanggung bersama.

Sementara itu, bank konvensional memiliki sistem pembagian hasil yang terbilang umum. Bunga bank adalah keuntungan yang didapat dari transaksi dengan nasabah. Ketentuan bunga yang didapat sesuai dengan perjanjian sebelum transaksi. Cara ini mematok pemikiran bahwa pihak bank akan selalu mendapat keuntungan, karena itu bunga tidak akan meningkat sekalipun keuntungan pihak bank bertambah.

3. Hubungan Pribadi Antara Pihak Bank dengan Nasabah

keeratan hubungan pegawai teller bank dengan nasabah Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional
bisnis.com

Salah satu perbedaan bank syariah dan bank konvensional adalah hubungan antar pihak. Memang, banyak nasabah yang mulai merasakan perbedaan keeratan hubungan antara bank syariah dengan bank konvensional.

Bank syariah memiliki perjanjian yang transparan serta berupaya menjadikan pihak nasabah sebagai mitra. Sementara itu, bank konvensional memandang hubungan dengan nasabah seperti kreditur dengan debitur. Meskipun begitu, bank konvensional mulai memiliki hubungan yang intim dan saling pengertian antara pihak bank dengan nasabahnya.

Itulah tiga perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Dengan memiliki banyak perbedaan yang mencolok, kedua jenis bank ini memiliki kelebihan serta kekurangan yang pastinya berbeda. Bila ingin melakukan transaksi dengan salah satu dari kedua jenis bank tersebut, atau dengan kedua jenis tersebut, pastikan Anda telah menetapkan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan Anda! 

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*