Perbedaan Expired Date dan Best Before yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Expired Date dan Best Before – Anda pasti sering khawatir bila beli makanan yang mendadak telah lewat tanggal best before atau expired date-nya. Rasa-rasanya menyesal sekali setelah membeli dan tentunya takut kenapa-kenapa jika mengonsumsi makanan yang telah lewat tanggal yang tercantum pada kemasan. Tapi tahukah Anda, ternyata best before dan expired date adalah dua istilah yang mempunyai makna berbeda. Lalu apa sih perbedaan expired date dan best before?

Definisi Expired Date

Expired date adalah tanggal kedaluwarsa atau tanggal batas maksimal barang atau produk khususnya bahan makanan aman untuk dikonsumsi. Artinya jika produk atau makanan tersebut telah melewati tanggal kadaluwarsanya maka sebisa mungkin untuk dihindari atau tidak dikonsumsi lagi.

Best Before

Sedangkan best before adalah waktu sebaiknya produk dikonsumsi atau dimakan sebelum tanggal atau waktu yang dicantumkan. Best before tak ada hubungan dengan keamanan makanan, namun lebih dipengaruhi yaitu rasa makanannya.

Demikian juga sebaliknya, bila anda konsumsi makanan yang telah melalui tanggal kedaluwarsa, mungkin saja makanan itu dapat membahayakan kesehatanmu.

Perbedaan Expired Date dan Best Before

Nah, ada banyak hal lain yang perlu anda kenali tentang dua istilah ini, setidaknya terdapat empat perbedaan yang dirangkum dari beragam sumber:

1. Ada lima tipe produk/makanan yang wajib memiliki tanggal kedaluwarsa atau expired date

The Canadian Food Inspection Agency melaunching lima type makanan yang perlu miliki tanggal kedaluwarsa. Makanan itu yaitu susu formula bayi serta pengganti ASI yang lain, suplemen gizi, makanan pengganti, makanan untuk diet rendah daya, serta makanan diet cair. Senantiasa lakukan untuk lihat tanggal kedaluwarsa product yang dibeli supaya tidak berlangsung beberapa hal yg tidak dikehendaki berkaitan kesehatan kita.

2. Best before date mengacu ke kwalitas makanan

Lantaran mengacu ke kwalitas, jadi makanan yang belum di buka kemasannya serta disimpan dengan pas bakal menolong kesegaran dan kwalitas product terbangun.

3. Tanggal best before tak berlaku saat makanan telah dibuka

Bila paket telah di buka serta penyimpanannya tidak cocok standard saat masihlah di toko, artinya makanan telah bersentuhan dengan hawa yang diisi beragam zat. Nah, hal ini dapat mesti diantisipasi oleh customer lantaran mungkin saja rasa makanan telah beralih, kandungan gizi turun, atau warnanya beralih.

4. Ketahui type makanan yang perlu cepat dikonsumsi sesudah paket dibuka

Type makanan yang perlu cepat dikonsumsi sesudah kemasannya di buka yaitu keju, daging, ayam, susu, dan telur. Mending janganlah sangat lama disimpan yaa bila anda telah buka kemasannya supaya kandungan nutrisinya tetaplah dapat berguna untuk badanmu!

Sudah mengetahui kan ketidaksamaan dua arti diatas? Dasarnya, senantiasa cermati tanggal-tanggal yang terdaftar di paket makanan yang anda beli serta cermati langkah penyimpanan yang dianjurkan. Anda dapat mencari tahu beragam langkah penyimpanan makanan dari beberapa website resmi makanan berkaitan.

Bila sudah mengetahui standarnya, jadi tidak sangsi kan untuk beli beragam makanan untuk stock dirumah? Yakinkan semuanya keperluan dari mulai beras, susu, mi, minuman sehat, sampai makanan ringan tercukupi.

Leave a Reply