Sains

Inilah Pengertian dan Perbedaan Celsius dan Fahrenheit yang Penting Untuk Anda Ketahui

Pengertian Celsius dan Fahrenheit – Seperti yang kita kenal bahwa terdapat satuan ukuran suhu yang saat ini umum digunakan untuk keperluan sehari-hari. Adalah Celsius dan Fahrenheit. Meskipun ada skala suhu lainnya seperti Kelvin, namun tulisan kali ini hanya akan membahas tentang pengertian Celsius, pengertian Fahrenheit, sejarah singkat serta apa saja perbedaan Celsius dan Fahrenheit ini.

Pengertian Celsius

Celsius adalah satuan ukuran skala suhu yang digagas oleh sang penemu, yakni seorang profesor kebangsaan Swedia yang ahli dalam bidang astronomi bernama Anders Celsius pada tahun 1742. Dan namanya sekarang diabadikan menjadi nama skala suhu yang telah umum dipakai untuk keperluan sehari-hari di seluruh belahan dunia.

Ukuran Celsius ini didesain agar supaya nilai nol derajat (0°C ) air berada di titik beku dan 100 derajat celsius berada di titik didih. Meskipun pada sejarah awalnya sang penemu mengusulkan bahwa titik beku berada pada angka 100 derajat dan titik didih pada 0 derajat. Namun karena suatu alasan tertentu pada tahun 1747 nilai tersebut diganti menjadi kebalikannya, yakni seperti yang sekarang dipakai.

Pengertian Fahrenheit

Satuan suhu selanjutnya adalah Fahrenheit. Fahrenheit adalah satuan suhu selain Celsius yang hingga sekarang masih dipakai terutama di Amerika Serikat. Sistem Fahrenheit sendiri dikemukakan oleh seorang ilmuwan kebangsaan bernama Gabriel Fahrenheit pada tahun 1724. Dalam skala Fahrenheit ini, nilai titik membekunya air berada pada angka 32 derajat Fahrenheit (32 ° F), sedangkan titik mendidihnya air ada pada 212 ° F. derajat Fahrenheit. Adapun minus (-) 40 ° F adalah nilainya sama dengan -40 ° C.

Perbedaan Celsius dan Fahrenheit

Perbedaan Fahrenheit dan Celsius yang utama adalah nilai relatif mereka untuk kedua poin titik beku dan titik didih. Hal ini menyebabkan hampir semua titik suhu lainnya pada termometer menjadi berbeda juga. Celsius dianggap sebagai standar dunia karena kemudahan penggunaan, tetapi sejumlah besar negara masih beroperasi atau memakai sistem Fahrenheit untuk banyak aplikasi, seperti informasi cuaca dan memasak. Perlu dicatat bahwa ukuran untuk pembekuan dan mendidih merujuk pada beku atau mendidihnya air.

Sebenarnya antara Fahrenheit dan Celsius kedua skala ini mudah dimengerti. Namun untuk nilai beku dan titik didih lebih sulit untuk diingat bagi Fahrenheit. Coba bandingkan untuk titik beku misalnya. Pada skala Celsius, titik beku terdaftar sebagai 0 °. Sedangkan titik beku pada skala Fahrenheit adalah 32 °. Demikian juga perbedaan titik didih. Dengan nilai 100 ° yang merupakan titik didih pada skala Celsius, dibanding titik didih 212 ° pada skala Fahrenheit.

Dilihat dari perbedaan Celsius dan Fahrenheit ini tentu terlihat mudah dimengerti, mengingat jumlah bulat untuk Celsius dapat membantu membuat banyak perhitungan lebih mudah ketika mempertimbangkan titik didih ataupun titik bekunya. Dengan acuan diatas juga bisa dilihat bahwa Fahrenheit kurang cocok dijadikan skala. Ini adalah alasan utama mengapa skala Celsius umum digunakan secara luas di dunia.

Rumus Konversi Suhu

Konversi Fahrenheit dan Celcius untuk setiap masing-masing skala memerlukan penggunaan rumus matematika sederhana. Untuk mengkonversi Celsius ke Fahrenheit, (masukkan nilai) °C x 1,8 + 32 =( … )°F. Untuk mengkonversi Fahrenheit ke Celsius, (masukkan nilai °F – 32) / 1,8 = ( … )°C.

Contoh Kasus

Pertanyaan: Berapakah nilai 40 ° C jika diubah menjadi Fahrenheit?
Jawaban: 40 x 1,8 + 32 = 72 + 32 = 104 
Jadi 40 ° C = 104 ° F

Pertanyaan: 57 ° F sama dengan berapa Celsius?
Jawaban: (57 – 32) / 1,8 = -7 / 1,8 = 13,89 
Jadi 57 ° F = 13,89 ° C

Tabel Rumus Konversi Suhu

Dibawah ini adalah tabel konversi suhu antara Celsius, Fahrenheit dan Kelvin.

Rumus konversi suhu Celsius
Konversi dari ke Rumus
Celsius Fahrenheit °F = °C × 1,8 + 32
Fahrenheit Celsius °C = (°F − 32) / 1,8
Celsius kelvin K = °C + 273,15
kelvin Celsius °C = K − 273,15

 

Rumus konversi suhu Fahrenheit
Konversi dari ke Rumus
Fahrenheit Celsius °F = K × 1,8 − 459,67
Celsius Fahrenheit K = (°F + 459,67) / 1,8
Fahrenheit kelvin °C = K − 273,15
kelvin Fahrenheit K = °C + 273,15

 

Rumus konversi suhu kelvin
Konversi dari ke Rumus
Kelvin Fahrenheit °F = K × 1,8 − 459,67
Fahrenheit kelvin K = (°F + 459,67) / 1,8
kelvin Celsius °C = K − 273,15
Celsius kelvin K = °C + 273,15

Table source: wikipedia.org

Ada banyak sekali kalkulator online, yang mana kalkulator ini akan mempermudah dalam penghitungan suhu, karena secara otomatis akan mengkonversi satu nilai suhu ke nilai suhu yang lain. Buka browser/peramban Anda, lalu cari di internet dengan mengetikkan kata kunci “konversi suhu” atau “temperature converter”.

Sekian pembahasan tentang pengertian skala suhu mulai dari Celcius, Fahrenheit, lalu sejarah singkat serta apa saja perbedaan Celcius dan Fahrenheit. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda para pembaca. Sampai jumpa di tulisan kami selanjutnya, terimakasih.

Originally posted 2016-10-08 20:19:34.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

2 komentar untuk “Inilah Pengertian dan Perbedaan Celsius dan Fahrenheit yang Penting Untuk Anda Ketahui

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*