Perbedaan GSM dan CDMA dalam Dunia Telekomunikasi

smartphone

img source: Pixabay

Global System for Mobile Communications (GSM) dan Code Division Multiple Access (CDMA) adalah dua standar bersaing di layanan seluler. Mereka berdua memiliki turunan masing-masing untuk digunakan dengan ponsel 3G yang dikenal sebagai Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) dan CDMA2000.

Perbedaan utama antara dua teknologi adalah bagaimana mereka mengubah data suara menjadi gelombang radio dan bagaimana cara menghubungkan ke telepon. Perbedaan lainnya termasuk area cakupan, kecepatan transfer data, dan jenis perangkat keras yang digunakan.

Area Cakupan

Beberapa daerah dan negara hanya memiliki satu teknologi yang tersedia, sehingga pengguna harus memastikan untuk meninjau peta cakupan sebelum membeli telepon. Secara umum, CDMA ini paling sering ditemukan di Amerika Utara dan beberapa bagian Asia, sementara GSM ditemukan di sebagian besar tempat-tempat lain.

Beberapa operator menawarkan ponsel standar internasional atau yang dapat bekerja dengan baik di semua negara atau wilayah. Namun jika ponsel tersebut akan digunakan terutama di satu area saja, maka operator akan menawarkan kontrak untuk satu jenis ponsel saja dengan jaringan tertentu.

Kecepatan Transfer Data

Kedua teknologi dapat digunakan dengan ponsel standar 3G, namun kecepatan 3G GSM bisa lebih cepat dari kecepatan 3G CDMA. Untuk bisa merasakan kecepatan akses internet, bisa dilihat ketika seseorang memakai ponsel untuk jejaring sosial, email dan video streaming.

Standar 3G tercepat yang digunakan oleh CDMA2000 adalah EV-DO Rev B, yang memiliki kecepatan data downstream dari sekitar 15,67 Megabits per detik (Mbit/s). Sedangkan standar tercepat yang tersedia lewat jaringan UMTS HSPA+, dengan kecepatan downstream hingga 28 Mbit/s.

Perangkat Keras

Ponsel GSM dan ponsel CDMA juga menggunakan berbagai jenis smart card yang dikenal sebagai Universal Integrated Kartu Circuit (UICC) atau yang dikenal dengan kartu SIM. Ini adalah kartu berukuran kecil yang dapat dilepas pasang, dapat digunakan untuk menyimpan informasi seperti daftar kontak dan sms.

UICCs dapat diprogram untuk bekerja dengan baik pada perangkat GSM atau CDMA dan turunannya, atau dengan keduanya. Kartu yang hanya bekerja pada ponsel GSM yang disebut Subscriber Identity Module Card (SIM Card) dan mereka yang hanya bekerja pada ponsel CDMA disebut CDMA2000 Subscriber Identity Module Card (CSIM Card).

Ada juga beberapa jenis UICCs yang diprogram untuk bekerja dengan GSM, UMTS, CDMA, dan CDMA2000, termasuk kartu CSIM / USIM dan Identity Module (R-UIM) kartu Removable User.

Jelajah

Secara umum, kedua jaringan ini cukup terkonsentrasi cakupan di kota-kota besar. Namun bagaimanapun, operator GSM kebanyakan telah mengikat kontrak dengan operator GSM lainnya, sehingga secara umum memungkinkan cakupan yang lebih luas hingga daerah pedesaan yang bahkan tanpa biaya roaming kepada pelanggan.

Berbeda dengan jaringan CDMA yang tidak dapat secara keseluruhan mengkover daerah pedesaan. Meskipun mereka mungkin kontrak dengan operator GSM untuk roaming di daerah pedesaan, namun akan dibebankan biaya kepada pelanggan lebih tinggi daripada operator GSM.

International Roaming

Beberapa operator GSM dan CDMA menawarkan roaming internasional, yang berarti pengguna masih dapat menggunakan ponsel mereka saat bepergian ke luar negeri. Untuk bekerja secara internasional, ponsel ini memiliki fitur quad-band, yang berarti bahwa ia bekerja dengan frekuensi 850, 900, 1800, dan 1900 MHz.

4G

4G adalah jenis teknologi yang dapat digunakan dengan telepon selular, komputer nirkabel, dan perangkat mobile lainnya. Teknologi ini memberikan pengguna akses cepat ke Internet daripada yang ditawarkan kebanyakan jaringan generasi ketiga sebelumnya (3G), dan juga menawarkan opsi pengguna baru seperti kemampuan untuk mengakses high-definition (HD) video, suara berkualitas tinggi, dan saluran data tingkat tinggi nirkabel melalui perangkat mobile.

Ponsel 4G umumnya menggunakan LTE (Long Term Evolution), teknologi wireless broadband berkecepatan tinggi. Ketika datang ke ponsel dengan 4G, sebagian besar operator seluler Amerika Serikat menggunakan CDMA. Namun di sebagian besar dunia, GSM lebih disukai dan ponsel 4G dengan LTE di luar Amerika menggunakan layanan ini.

Hal tersebut memaksa operator selular di Amerika Serikat yang masih menggunakan jaringan CDMA untuk beralih ke jaringan LTE. Maka jadilah ponsel 4G dengan layanan CDMA. Tidak hanya Amerika Serikat saja, negara-negara seperti Rusia dan Jepang juga masih terus menggunakan CDMA untuk 4G. Meskipun sebagian besar negara lain di dunia menggunakan GSM untuk 4G.

Originally posted 2016-12-29 02:06:15.

Leave a Reply