Contoh Pidato Bahasa Jawa Tema Tentang Pendidikan

Pidato Bahasa Jawa – Sebagai seorang keturunan Jawa serta lahir dan tinggal di daerah Jawa, maka skill dalam berbahasa Jawa sangat utama. Terlebih jika tingga di daerah Jawa yang masyarakatnya biasanya memakai bahasa Jawa kromo (bahasa Jawa halus/sopan).

Jika diamati dari tahun ke tahun, dari waktu ke waktu semakin kesini penggunaan bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari bisa dibilang kurang. Terutama bagi kalangan pemuda-pemudi yang kebanyakan bangga berkomunikasi dengan bahasa asing. Hanya sebagian kecil saja yang tahu akan bahasa jawa dan menggunakannya dalam komunikasi sehari hari.

Diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk mengetahui betapa pentingnya melestarikan bahasa dan budaya. Perlu adanya penyuluhan atau bimbingan kepada generasi-generasi selanjutnya agar tetap mencintai bahasa Jawa. Kami sebagai generasi penerus tentunya tidak tinggal diam degan keadaan ini.

Oleh karenanya, kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana pidato bahasa Jawa. Tujuannya simpel, agar para pembaca yang sudah lama ingin mengenal bahasa Jawa dalam hal ini belajar menyampaikan pidato bahasa Jawa bisa dengan mudah belajar berpidato bahasa Jawa dengan lancar.

Diharapkan dengan adanya referensi pidato bahasa Jawa ini dapat meningkatkan keingintahuan akan bahasa Jawa. Juga dapat membantu melestarikan budaya dan bahasa Jawa agar kedepannya generasi selanjutnya sedikit demi sedikit bisa mengenal bahasa Jawa dan mempelajarinya.

Contoh Pidato Bahasa Jawa

Pidato yang dalam bahasa Jawa disebut sesorah atau tanggap wacana adalah suatu aktifitas dalam menerangkan/menjabarkan ide atau pokok pikiran berupa kalimat-kalimat yang diucapkan di depan orang banyak.

Tujuan dan isi materi pidato ini bermacam-macam. Ada yang bertujuan untuk sekedar memberi hiburan, menyampaikan informasi, atau lebih mengajak kepada para pendengar pidato agar mengejawantahkan/memanifestasikan apa yang disampaikan atau dikehendaki pembawa pidato.

Berikut ini merupakan beberapa contoh teks pidato bahasa Jawa. Tulisan ini untuk Anda yang jago dalam berbahasa jawa namun belum begitu lancar untuk berpidato bahasa Jawa. Atau Anda bingung mau menyampaikan materi tentang tema apa, atau kehabisan ide dan inspirasi tentang apa yang akan dibicarakan, semoga tulisan ini bisa jadi rujukan atau referensi.


Contoh Pidato Bahasa Jawa Tentang Pendidikan

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Poro Bapak, Ibu lan hadirin sedoyo ingkang kawulo hormati!

Pertami-tami lan langkung utami, mangga kula lan panjenengan sami ngaturaken rasa syukur kita, dateng Allah ingkang sampun maringi kita sedoyo pinten-pinten rohmat lan nikmat ingkang mboten kewilang katah, inggih meniko kenikmatan dzahir maupun batin uga nikmat kesehatan.

Utamanipun nikmat ingkang paling agung inggih meniko nikmat iman lan nikmat Islam. Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin. Amargi izin-Nya, Irodah-Nya, Kita sedoyo ing siang puniki taksih diparingi kesehatan, taksih dipun paring kesempatan uga umur, sehingga kita sedoyo saged kempal sesarengan, saged bersilaturahim ing dalem acara Pangetan Dinten Pendidikan Nasional. Mugi-mugi kagiyatan ingkang kita hadiri sareng-sareng sak menika saget lancar, tertib lan dipun paringi ridlo dari Allah. Amin, Allaahumma Amin.

Sholawat ugi salam mugi-mugi tetep kita sampeaken ing atase insan ingkang paling mulya ing muka bumi, Idola kita Rasulullah Muhammad SAW. Mugi-mugi kita sekalian, inggih menika umatipun mbenjang kagungan syafaatipun ing dinten qiyamat. Amin, ya Robbal ‘alamin.

Poro Bapak, Ibu lan hadirin sedoyo ingkang kawulo hormati!

Dinten niki, tanggal 2 Mei kita sedaya mengeti dinten Pendidikan Nasional. Minangka kita kraos, pendidikan inggih menika hal ingkang penting ing dalem gesang kula lan panjenengan sedaya. Saben manungsa duweni hak ing dalem nampa pendidikan. Pendidikan utawi nuntut ilmu punika pintu gerbang utama ing dalam ningkataken wawasan lan pengetahuan kita. 

Ing dalem agama Islam sampun diterangaken inggih menika menuntut ilmu punika bab ingkang wajib kangge manungsa, utaminipun kita sedaya umat Islam. Nabi junjungan kita, Nabi Muhammad Saw sampun dawuh ing dalem salah satunggal hadits.

طَلَبُ الْعَلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسِلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Maknanipun inggih menika: “Bilih pados ilmu inggih menika dipun wajibaken tumrap saben-saben tiyang Islam, jaler lan utawi istri“

Soho kanti hadist menika sampun jelas bilih pados ilmu inggih menika proses ingkang terus-terusan. Pados ilmu mboten wonten batesipun, jaler utawi istri, sedaya dipun wajibaken. Pramilo saking menika monggo kula lan panjenengan sedaya, utaminipun adik-adik kula ingkang rawuh dumateng majelis menika, monggo sedaya ningkataken belajar kita.

Supados benjang kita sedaya saged angsal ilmu ingkang becik lan saged bermanfaat kangge agama, keluarga, masyarakat, lan negara. Soho ilmu ingkang kita pelajari saged nggawa kita wilujeng dunia serta akhirat. Allah Subhaanahu wata’ala dawuh ing dalem Alquran Surat Al-Mujadalah wonten ing ayat 11,

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِ يْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِ يْنَ أُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Maknanipun inggih menika: “Allah Subhaanahu wata’ala bade ngangkat derajatipun saben-saben tiyang ingkang beriman lan ingkang nggadahi ilmu dateng pinten-pinten derajat“

Mekaten sesorah singkat tema pendidikan ingkang saget kula aturaken. Mugi-mugi sesorah sangken kula punika saged maringi manfaat kangge kulo, soho kangge sedherek sedoyo. Matur nuwun sannget dumateng panjenengan sedaya, kirang langkungipun kula aturaken nyuwun pangapunten.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Diatas itulah contoh pidato bahasa Jawa tentang Pendidikan Nasional yang bisa Anda baca dan pelajari. Dengan belajar bahasa Jawa maka Anda ikut melestarikan khazanah budaya di Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Mudah-mudahan tulisan contoh pidato bahasa Jawa singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda para pembaca. Serta memudahkan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa.

Akhir kata terimakasih sebesar-besarnya kami haturkan kepada Anda para pembaca. Jika Anda mencari referensi pidato bahasa Jawa, maka artikel ini bisa jadi rujukan. Dan nantinya Anda dapat lebih mahir dalam berbahasa jawa serta lebih yakin untuk maju di hadapan orang untuk berpidato bahasa Jawa.

Jikalau ada kritikan ataupun saran untuk kesempurnaan dalam merancang naskah pidato bahasa Jawa ini, kami persilahkan untuk menuliskan di kolom komentar. Kami dengan senang hati menerima kritik ataupun saran yang membangun dari Anda para pembaca, agar kualitas penulis dalam menuliskan contoh pidato bahasa Jawa lebih baik di kemudian hari.

Leave a Reply