Cara Mudah Cek Keberangkatan Haji dan Porsi Haji Secara Online

Porsi Haji dan Cek Keberangkatan Haji – Haji adalah suatu ibadah yang statusnya wajib bagi seorang muslim yang mampu. Arti kata mampu disini bukan hanya tentang mampu secara materi semata. Selain materi atau lahiriah, mampu disini juga tentang mampu secara batiniah. Jika Anda sudah siap keduanya maka Anda diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji.

Setiap kali seseorang jemaah calon haji mendaftar untuk menunaikan ibadah haji, maka seseorang tersebut diharuskan menyetor sejumlah Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Nah, ketika jemaah calon haji melakukan setoran awal BPIH inilah, otomatis seseorang tersebut mendapat nomor porsi haji. Perlu dicatat bahwa nomor porsi haji ini sangat penting.

Nomor porsi haji ini merupakan nomor antrian kapan giliran Anda berangkat haji. Dengan nomor porsi haji ini, Anda bisa mencari tahu kapan waktu atau tahun giliran Anda untuk berangkat haji. Maka dari itu selalu ingat-ingat nomor porsi haji Anda, bila perlu dicatat baik-baik.

Ada kalanya ada yang belum mengetahui kapan dan tahun berapa berangkatnya. Namun jangan khawatir, sekarang para jemaah calon haji bisa dengan tenang tanpa harus pergi kesana kemari hanya untuk sekedar cek keberangkatan haji. Hanya dengan duduk dirumah Anda bisa cek keberangkatan haji, cek porsi haji dan cek estimasi tahun keberangkatan haji via online.

Cara Mengetahui Porsi Haji

Untuk nomor porsi haji bisa dilihat di kartu setoran awal BPIH seperti dibawah ini:

no porsi haji cek keberangkatan haji

umrohhajimabrur

Disana terlihat nomor porsi haji beserta biodata, alamat, keterangan bank dan keterangan-keterangan lainnya.

Setelah mengetahui nomor porsi haji Anda, untuk mengetahui estimasi tahun keberangkatan haji, silahkan Anda untuk memasukkan nomor porsi haji pada form berikut ini:

Mengapa Anda perlu mengetahui porsi haji? Seberapa pentingkah untuk Anda dalam melakukan cek keberangkatan haji ?

Jika Anda salah seorang jemaah calon haji, tentunya sangat penting untuk mengetahui nomor porsi haji Anda. Karena dengan cek nomor porsi haji, Anda dapat mengetahui estimasi kapan waktu atau tahun keberangkatan haji Anda.

Pentingnya untuk selalu cek keberangkatan haji adalah untuk persiapan bagi Anda berkenaan dengan haji, seperti pelunasan BPIH, ataupun mempersiapkan apa saja perlengkapan haji yang harus Anda bawa. Dan tentunya persiapan dalam hal pemantapan ilmu berkenaan dengan manasik haji dan sebagainya.

Cara Cek Keberangkatan Haji

Berikut ini adalah cara melihat estimasi waktu atau tahun keberangkatan haji yaitu dengan cara cek nomor porsi haji:

1. Begitu jemaah melakukan setoran awal haji sebesar 25 juta ke bank yang ditunjuk, maka akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH. Pada bukti setoran awal ini terdapat nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertera pada bukti setoran awal di bank.

Jangan salah membedakan antara nomor porsi haji dan nomor SPPH. Surat Permohonan Pergi Haji (SPPH) merupakan proses untuk nantinya mendapatkan nomor porsi haji. Sedangkan untuk nomor porsi haji sendiri yaitu bukti hukum bahwasannya seseorang jemaah calon haji telah mendaftar dan memenuhi segala persyaratan dan kewajibannya atas pendaftaran haji tersebut.

2. Untuk Anda yang mendaftar haji plus, coba untuk meminta bantuan agen atau travel haji plus tempat dimana Anda mendaftar. Karena nomor porsi haji adalah penting sebagai bukti legal Anda merupakan jemaah calon haji yang terdaftar di Departemen Agama.

3. Yang penting diingat adalah jemaah calon haji harus bersabar untuk menunggu antrian berangkat haji. Perlu diketahui waktu tunggu berangkat haji berbeda-beda di tiap provinsi, berkisar belasan tahun untuk haji biasa dan untuk haji plus saat ini juga menunggu antrian beberapa tahun.

4. Dengan mendapat nomor porsi keberangkatan  haji, itu artinya Anda adalah jemaah haji kuota Depag Resmi. Sedikit informasi bahwa jemaah haji non-kuota tidak memiliki nomor porsi haji.

Jika suatu ketika Anda tidak bisa cek estimasi pemberangkatan jemaah calon haji via online, mungkin dikarenakan ada maintenance ataupun perbaikan database. Karena untuk database sendiri selalu diupdate rutin oleh Kementrian Agama. Jadi jika hari ini Anda tidak bisa cek keberangkatan haji online, maka coba untuk cek lagi di lain hari.

Bagi Anda yang menginginkan untuk melihat atau sekedar ingin tahu porsi haji dan estimasi waktu pemberangkatan jemaah calon haji berdasarkan nomor porsi, Anda dapat mendatangi Kantor Wilayah Kemenag dimana Anda mendaftar. Atau jika tidak memungkinkan untuk pergi ke Kanwil Kemenag maka bisa via telepon ke nomor call center urusan haji kementrian Agama di nomor (021) 500425.

2 Comments

  1. Rifai 21 Januari 2017
    • Mandala 26 Januari 2017

Leave a Reply