12 Jenis Serangga Berbahaya Paling Mematikan Yang Ada di Sekitar Anda

Serangga Paling Mematikan – Hewan serangga merupakan 60% dari populasi fauna yang tercatat. Kehadiran mereka di bumi sangat unik, karena mampu berada di mana-mana saja. Macam-macam serangga ini punya sifat dengan visual yang unik. Diantaranya berbagai jenis bentuk dan warna serangga. Banyak manfaat dari adanya serangga di dalam kehidupan di bumi.

Mereka bukan sekadar pelengkap di bumi. Sebaliknya, kehadiran mereka berkontribusi penting dalam keseimbangan ekosistem kehidupan bumi yang lebih baik. Tugas serangga bermacam-macam. Ada serangga yang bertugas sebagai agen penyerbukan serta pertahanan tumbuhan. Ada lagi hewan serangga lainnya sebagai salah satu agen penguaraian bakteri-bakteri.

Namun ada beberapa spesies serangga yang justru dianggap sebagai hama pengganggu. Terutama jenis-jenis serangga yang tinggal dan hidupnya di daerah-daerah pertanian atau rumah tempat tinggal. Serangga jenis ini bagi manusia biasanya digolongkan sebagai serangga perusak atau hama, sehingga tidak mengherankan bila banyak dilakukan pembasmian terhadap jenis serangga ini.

Dari banyak serangga yang hidup di dunia, ada beberapa jenis serangga yang dinobatkan sebagai serangga berbahaya. Spesies serangga ini bisa dibilang serangga yang “galak”, artinya Anda jangan sampai mengusik serangga-serangga ini. Karena jika sampai diganggu maupun keberadaannya tengah terancam, maka jenis serangga ini dapat memberi feedback negatif, yakni sengatan yang menyakitkan.

Tulisan kali ini akan fokus membahas tentang hewan serangga berbahaya yang dianggap paling mematikan bagi manusia. Beberapa mempunyai sengatan yang menyakitkan. Namun banyak diantara mereka menjadi kontributor penyebaran wabah penyakit serta memiliki catatan yang sangat baik di dalam membunuh jutaan manusia di seluruh dunia.

12 Serangga Berbahaya dan Paling Mematikan di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 serangga berbahaya di dunia bahkan terdapat beberapa spesies serangga yang tergolong serangga mematikan bagi manusia. Mulai dari serangga jenis lebah hingga semut dan kutu. Yang pasti Anda harus selalu waspada jika menemui serangga-serangga berbahaya ini.

Serangga Berbahaya dari Spesies Tawon

1. Tawon Warrior Wasp

serangga berbahaya warrior wasp

weirdthings.com

Daftar pertama serangga yang punya kekuatan menyengat paling mematikan di dunia datang dari serangga bernama Warrior Wasp. Tawon yang bernama latin Synoeca Septentrionalis ini dikenal memiliki sengatan luar biasa sakit bagaikan disiksa di neraka.

Ciri khas dari tawon ini jika dirinya hendak menyengat korbannya yaitu kepakan sayap yang nyaring terdengar. Dan ketika sudah kena, maka rasa sakit yang dihasilkan akibat sengatan tawon ini bahkan terus menerus terasa sampai 2 jam. Berita baiknya, tawon ini hanya diketahui ada di Amerika Tengah serta Amerika Selatan. Syukurlah!

2. Tawon Raksasa Jepang (Japanese Giant Hornet / Asian Giant Hornet)

serangga berbahaya japanese giant hornet

ourplnt.com

Tawon yang berasal dari Jepang ini merupakan spesies terbesar, mampu mencapai ukuran sampai melebihi 4 cm dan panjang sayap hingga 6 cm. Sengatannya mampu membawa venom atau bisa yang sangat menyakitkan lebih dari tawon atau penyengat lain.

Diketahui mampu menyegat berulang kali. Jumlah kematian di Jepang diakibatkan tawon ini tercatat rata-rata 40 orang setiap tahun. Venom dari tawon raksasa ini terlalu menyakitkan dan membutuhkan perawatan dari rumah sakit dengan segera.

Kematian dapat terjadi, karena venom atau bisanya dapat memicu anaphylactic shock atau reaksi alergi dan merusak jaringan tubuh serta menyerang sistem saraf. 30 tawon ini mampu menghancurkan satu koloni lebah yang berisi 30-40 ribu lebah. Serangan tawon ini adalah antara masalah utama peternak lebah madu di Jepang.

3. Tawon Tarantula Hawk

serangga berbahaya tarantula hawk

www.tucsonweekly.com

Salah satu tawon penyengat berbahaya dan paling mematikan dari tanah Amerika. Ternyata ada jenis tawon lain dari tanah Amerika yang tidak kalah menakutkan dengan tawon Warrior Wasp. Disebut Tarantula Hawk, karena memang jenis tawon ini suka sekali memangsa tarantula sebagai makanan pokok.

Tawon dengan nama latin Pepsis sp. ini cukup mengerikan. Yakni dengan sekali sengatan saja, tawon yang diketahui paling agresif yang betina ini dapat dengan mudah membunuh seekor tarantula. Meskipun terlihat mengerikan, tapi sebenarnya daya sengat jenis tawon ini tak seekstrim sengatan tawon sebelumnya.

4. Tawon Black Polybia 

serangga berbahaya black polybia

www.geek.com

Lagi-lagi dari daratan Amerika, tepatnya Amerika Tengah. Adalah tawon dengan nama latin Polybia simillima, yakni spesies serangga berbahaya dan paling mematikan selanjutnya. Digambarkan kesakitan karena sengatan tawon ini layaknya ketika wajah atau muka seseorang terbakar dikarenakan akibat terkena ledakan lampu gas.

Tawon yang hidup secara koloni dengan beberapa ribu tiap koloninya ini mempunyai sengatan yang lumayan menyakitkan. Namun diketahui sangat jarang menyerang manusia. Ini mungkin dikarenakan makanan pokok dari jenis tawon ini yaitu serangga kecil seperti ulat.

5. Lebah Tanah

Lebah adalah termasuk dalam spesies tawon. Ada lebih 100 ribu spesies, yang mana turut memiliki sengatan menyakitkan. Di Indonesia lebah tanah adalah satu diantara spesies yang berbahaya. Sengatan serangga ini sangat menyakitkan dan harus di bawa ke rumah sakit untuk perawatan segera, terutama bagi anak-anak.

Meskipun kecil sebagaimana tawon raksasa Jepang, tawon ini sengatannya bisa menimbulkan reaksi alergi yang serius. Serangan di dalam jumlah besar mampu menyebab kematian, waupun hanya satu sengatan.

6. Lebah Pembunuh Afrika

Satu lagi serangga berbahaya jenis tawon datang dari Afrika, tepatnya dari Tanzania. Namanya lebah Afrika. Lebah ini kurang lebih sama seperti lebah-lebah pada umumnya. Hanya saja ketika keberadaannya terancam, mereka dapat menyerang dengan sangat agresif secara berkelompok.

Anda perlu menghindari untuk lewat di bawah sarang lebah ini. Karena jika lebah ini tahu, maka mereka akan beramai-ramai memburu Anda. Serangga berbahaya ini mampu mampu menyengat berkali-kali. Itulah sebabnya muncul kekhawatiran bagi sebagian orang, terutama penduduk Amerika Serikat akan bahaya lebah ini.

Serangga Berbahaya dari Spesies Semut

7. Semut Api

serangga berbahaya semut api

youtube.com

Beralih ke serangga mematikan dari jenis semut. Adalah semut api yang merupakan salah satu dari sekitar 286 spesies semut di dunia yang dapat menyengat. Nama lain dari serangga berbahaya ini antara lain ialah semut merah, semut api tropis dan semut jahe.

Semut api dikenal memiliki sengatan yang agak menyakitkan. Rasanya lebih kurang seperti kulit terbakar. Jika hanya disengat satu atau dua semut mungkin tidak seberapa sakit. Namun apa jadinya jika belasan atau puluhan semut api menyerang secara bersamaan? Pasti sakitnya bukan main. Apalagi semut mampu menyengat berkali-kali kepada korbannya.

Sengatan serangga kecil tapi berbahaya ini diketahui mengandung alkoloid. Zat ini memiliki kekuatan seperti asam. Sengatan semut api memang bisa ditangani di rumah. Namun jika korbannya mempunyai riwayat alergi, khususnya bagi anak kecil, maka harus segera ditangani dengan serius.

8. Semut Afrika

Masih dari jenis semut, adalah semut afrika serangga berbahaya selanjutnya. Serangga yang memiliki rahang yang sangat kuat ini dikenal ganas, mampu berkoloni dengan jumlah besar, bahkan mencapai 20 ribu ekor dalam sekali gerakan. Mampu menghancurkan musuh dan apa saja yang dilaluinya dengan seketika.

Dengan mengandalkan rahang kuatnya, semut ini mampu menggigit dengan sangat kuat serta menyakitkan. Karena kuatnya gigitan, sampai-sampai sulit untuk melepas gigitan serangga mematikan ini. Bahkan setelah semut ini mati. Setelah terlepas, akan terlihat 2 lubang tusukan pada bekas gigitannya.

Makanan utama semut afrika adalah cacing tanah. Namun diwaktu-waktu tertentu ia dapat memakan jenis serangga lain yang berukuran lebih besar dari tubuhnya sendiri.

Serangga Berbahaya dari Spesies Lainnya

9. Kutu 

serangga berbahaya kutu

en.wikipedia.org

Serangga berbahaya dan mematikan ini merupakan parasit yang menjadikan manusia dan hewan sebagai inang serta darah korban sebagai makanannya. Jenis serangga ini sangat mudah untuk berkembang biak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dari satu mangsa ke mangsa lain.

Kutu jika tidak dikendalikan bisa menyebabkan masalah kulit yang berbahaya. Masalah timbul jika korban mengalami reaksi alergi atau alergi pada kulit yang dapat menyebabkan kematian. Kutu juga membawa parsit lain, seperti protozoa, virus dan bakteri.

Namun riset yang mendalam dari beberapa ahli memperoleh hasil yang menggembirakan. Sekarang kutu dapat dicegah serta dikendalikan. Dengan berbagai langkah yang simpel dan sederhana, masalah akibat kutu sudah dapat diatasi.

10. Laba-laba

Serangga berbahaya paling mematikan selanjutnya ialah laba-laba. Laba-laba sudah masyhur dan tidak asing lagi bagi sebagian orang. Serangga beracun ini umumnya ditakuti karena gigitan atau sengatannya mampu memberikan trauma rasa sakit yang amat kuat kepada manusia.

Banyak sekali jenis laba-laba di dunia, dan sebagian besar menyandang predikat sebagai laba-laba paling berbahaya sekaligus mematikan. Karena jika sampai terkena gigitan serangga ini namun tidak ditangani dengan baik, maka mampu mengancam nyawa manusia. Laba-laba yang sudah terkenal akan bahayanya antara lain Black Widow, Brazilian Wandering, Redback dan lain-lain.

11. Triatoma (Kissing Bug)

serangga berbahaya kissing bug

www.nbcdfw.com

Serangga berbahaya selanjutnya adalah triatoma (kissing bug). Mempunyai berbagai sebutan nama, diantaranya kissing bug, assasin bug, bug conenose dan triatomines. Ia merupakan salah satu jenis serangga penghisap darah. Juga membawa parasit yang bernama trypanosoma sp.

Serangga yang mempunyai 300 spesies di seluruh dunia ini punya semacam tabung penghisap darah, dan mampu mengisap darah tanpa rasa sakit sehingga korbannya tidak merasakan apa-apa. Kumbang kissing paling banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan, namun ada juga ada juga di Amerika Utara dan sedikit menyebar di Afrika, Australia dan Asia.

12. Nyamuk

serangga berbahaya nyamuk

www.bbc.com

Siapa sangka, serangga yang sering sekali Anda lihat, yang mempunyai bentuk kecil ini ternyata adalah serangga berbahaya paling mematikan di dunia. Nyamuk merupakan spesies serangga pembunuh yang berada di rangking pertama. Ia mempunyai kemampuan mengigit dan menghisap darah namun tanpa efek sakit yang signifikan.

Banyak sekali penyakit berbahaya disebabkan oleh nyamuk. Penyakit ini diketahui membawa wabah yang tiap tahunnya membunuh jutaan umat manusia di seluruh dunia. Ada demam berdarah dengue atau DBD yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Ada juga penyakit chikungunya yang lagi-lagi disebabkan oleh nyamuk.

Salah satu spesies nyamuk yang terkenal berbahaya adalah nyamuk Anopheles. Ia menjadi agen pembawa penyakit malaria yang sejak diidentifikasi hingga saat ini diketahui sudah merenggut nyawa 30 juta orang di seluruh dunia.

Meskipun telah dilakukan berbagai pencegahan namun tetap saja nyamuk menjadi serangga berbahaya sekaligus pembunuh diam nomor satu di dunia.

Itulah daftar serangga berbahaya paling mematikan yang mungkin hidup dan eksis di sekitar lingkungan Anda. Semoga menjadi pelajaran sekaligus sebagai peringatan untuk umat manusia. Peringatan tentang betapa berbahayanya serangga kecil ini. Dan agar lebih berhati-hati dalam segala aktifitas.

Originally posted 2016-09-21 14:00:36.

5 Comments

  1. hendrat 4 Oktober 2016
    • Mandala 8 Oktober 2016
    • ii ak 17 Januari 2017
  2. Krisna indra kusuma 18 Oktober 2016
    • Mandala 29 Oktober 2016

Leave a Reply