Sistem Ekonomi yang Ada di Dunia

Sistem Ekonomi – Setiap negara memiliki keunikan yang berbeda-beda. Salah satu keunikan tersebut adalah dunia perekonomian. Banyak negara yang memiliki kehidupan perekonomian yang berbeda antar satu sama lain, walaupun beberapa negara menerapkan sistem yang mungkin sama dengan yang lainnya. Karena pada dasarnya, ada dua sistem ekonomi pokok yang bisa dikatakan sebagai dasar dari dunia perekonomiannya. Ada sistem Sosialisme serta Kapitalisme yang memiliki ciri-ciri, keuntungan, serta kerugian yang sama uniknya. Dari kedua sistem tersebut, inilah informasi yang bisa Anda dapatkan!

sistem ekonomi dunia

www.venturacollege.edu

1. Sistem Ekonomi – Sistem Sosialisme

Ini adalah sistem ekonomi yang sangat sering ditemui di negara-negara berkembang. Sebuah sistem sosialisme adalah sistem perekonomian yang berpusat pada kesetaraan serta kebersamaan. Semua pihak bebas melakukan kegiatan ekonomi, namun pemerintah melakukan penetapan politik yang mengatur kehidupan ekonomi negara. Anda bisa melihat bukti dari klaim ini dengan banyaknya perusahaan milik negara yang menguasai beberapa sumber ekonomi vital bagi penduduknya, seperti listrik, gas dapur, serta air.

sistem ekonomi sosialis

www.anorak.co.uk

Memang, sistem ini hanya dapat berjalan bila setiap individu yang melakukan kegiatan ekonomi dapat berlandaskan pada kemakmuran bangsa. Karena hal ini, pemerintah adalah pemegang aset-aset penting yang paling banyak, dibandingkan dengan individu pelaksana kegiatan ekonomi. Bila yang Anda butuhkan adalah keuntungan pribadi yang tidak dicampuri oleh pihak lain, sistem ini mungkin akan merepotkan.

2. Sistem Ekonomi – Sistem Kapitalisme

Kapitalisme selalu berbanding terbalik dengan sosialisme. Kali ini, sistem ekonomi kapitalisme adalah sistem yang menjunjung tinggi kebebasan individu; setiap pelaksana aktivitas perekonomian memiliki wewenang untuk melakukan berbagai kegiatan seperti melakukan produksi atau distribusi produk. Tujuan akhir dari sistem kapitalisme adalah membuat para pelaksana kegiatan ekonomi mendapatkan untung sebesar-besarnya tanpa ada ikut campur dalam pembagian serta prosesnya. Karena unsur kebebasan ini, setiap pihak individu memiliki hak yang diakui. Ini juga yang menyebabkan banyaknya pasar yang terjadi.

sistem ekonomi kapitalis

www.greeneconomist.org

Lalu, bagaimana dengan pihak pemerintah? Mirip dengan sistem sosialisme, pemerintah mengambil wewenang sebagai pengawas kegiatan perekonomian. Namun terkadang, pemerintah juga memiliki wewenang untuk tidak ikut campur dengan aktivitas perekonomian tiap pihak. Nasib tiap individu penyelenggara kegiatan tersebut juga sepenuhnya berada di tangan individu tersebut. Kemampuan serta keberuntungan tiap individu sangat berperan dalam sistem kapitalisme. Karena alasan-alasan itulah, keuntungan yang didapat sepenuhnya milik pihak individu. Bila Anda pikirkan baik-baik, sistem kapitalisme diterapkan di banyak negara maju yang memang pada dasarnya memiliki kehidupan perekonomian yang kuat dan luas.

Begitulah kedua sistem ekonomi yang menjadi pondasi kehidupan ekonomi semua negara di dunia. Karena perbedaan-perbedaan tersebut, tidak ada sistem yang paling benar, dan tiap sistem memiliki keunggulan serta kerugiannya masing-masing. Bila Anda memiliki wewenang untuk memilih sistem perekonomian, sistem yang mana yang akan Anda pilih?

 

Leave a Reply