Kesehatan

Tanaman Obat yang Cocok Ditanam di Rumah Beserta Khasiatnya

Tanaman Obat – Indonesia merupakan negara yang sangat subur sehingga berbagai tumbuhan bisa hidup dengan baik walaupun ditanam di lingkungan rumah seperti kebun, pekarangan, halaman belakang dan dengan metode apa saja seperti denga sistem hidroponik ataupun dengan tanah biasa.

Namun, masyarakat Indonesia memang lebih senang menanam pohon buah-buahan atau tanaman hias di rumah. Padahal, ada tanaman lain yang lebih bermanfaat untuk ditanam di lingkungan rumah yaitu tumbuhan obat atau tanaman obat.

Tanaman obat-obatan tidak hanya berfungsi untuk menghijaukan lingkungan rumah atau menyegarkan udara di sekitar rumah tetapi lebih dari itu, tumbuhan ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan keluarga dengan cara alami dan dijamin aman.

Memang, tanaman obat-obatan memiliki beragam jenisnya, namun, ada beberapa tanaman obat yang cocok ditanam di rumah dan memiliki banyak khasiat.

1. Tanaman Obat – Daun sirih

Tanaman Obat daun sirih
pinterest.com

Tumbuhan obat yang pertama adalah daun sirih. Daun sirih menjadi tanaman yang sangat cocok ditanam di rumah dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Daun  sirih memang biasa tumbuh liar dengan cara merambat dan menumpang pada dahan pohon.

Baca juga Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Dari sekian banyak khasiat daun ini, ada dua khasiat daun sirih yang sudah banyak diketahui dan terbukti ampuh yaitu menjaga organ kewanitaan dan menghentikan mimisan.

Pertama, daun sirih bisa menjaga miss “V” dari masalah keputihan yang berlebihan. Caranya sangat mudah, Anda cukup merebus daun sirih dan menggunakan air rebusannya untuk membersihkan miss “V”.

Kedua, daun sirih bisa membuat mimisan berhenti, caranya sangat mudah, Anda cukup meremas daun sirih hingga memar, menggulungnya dan menyumbatkannya ke lubang hidung yang mimisan.

2. Tanaman Obat – Cocor Bebek

Tanaman Obat cocor bebek
pinterest.com

Tumbuhan obat yang kedua adalah cocor bebek. Cocor bebek juga sangat cocok ditanam di sekitar rumah dan memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan.

Salah satu khasiat cocor bebek yang sudah terbukti sejak dahulu adalah sebagai obat kompres untuk menurunkan demam. Hal ini dikarenakan cocor bebek sangat menyukai air sehingga kandungan air dalam cocor bebek tergolong tinggi.

Baca juga Ternyata Ada Manfaat Besar Dibalik Kulit Pisang yang Sering Kita Buang

Masyarakat zaman dahulu sering menggunakan tanaman ini untuk mengompres si kecil yang demam. Caranya juga sangat mudah, pertama, Anda harus mengambil selembar daun cocor bebek dan membersihkannya.

Kemudian, Anda tinggal mememarkan daun tersebut dan menempelkannya pada dahi si kecil agar demam bisa turun. Beberapa khasiat lain daun ini adalah sebagai obat asma, antibiotik,  ambeien dan lain sebagainya.

3. Seledri

Tanaman Obat daun seledri
pixabay.com

Tanaman yang terakhir adalah seledri. Anda tentu sangat familiar dengan daun seledri sebagai penyedap masakan. Ternyata, seledri juga berkhasiat sebagai obat asam urat alami. Hal ini dikarenakan kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat di dalam seledri.

Cara menjadikan seledri sebagai obat asam urat yaitu dengan merebus beberapa seledri dengan segelas air dan meminum air rebusan ini setiap pagi hari.

Baca juga Biji Selasih, Bentuknya Sih Kecil Tapi Manfaatnya Besar Banget

Demikianlah beberapa tumbuhan obat yang cocok Anda tanam di sekitar rumah untuk pengobatan alami beragam masalah kesehatan. Dibandingkan harus membeli obat dengan efek samping, memanfaatkan tanaman obat bisa menjadi pilihan yang tepat dan aman. Tunggu apalagi? Mulailah menanam tanaman obat di rumah.

Originally posted 2016-04-23 00:49:37.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*