Jalan-jalan,Sejarah

Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Ketika Jalan-Jalan ke Lamongan, Tempat Wisata di Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan – Ada beberapa tempat wisata di Lamongan yang patut untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi. Apa saja tempatnya? Di bawah ini daftar tempat wisata yang ada di Kabupaten Lamongan beserta deskripsi singkatnya.

Waduk Gondang

Tempat Wisata di Lamongan pertama adalah Waduk Gondang. Waduk Gondang adalah waduk yang terletak di desa Gondang Lor, sekitar 19 km arah barat kota Lamongan. Waduk / bendungan ini diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto. Luas Waduk Gondang tak kurang dari 6 hektar dengan kedalaman waduk sekitar 29 m.

Selain sebagai sarana pengairan untuk ribuan hektar sawah yang ada di kabupaten Lamongan, Waduk Gondang juga menjadi salah satu tempat favorit untuk wisata air bagi keluarga dan wisatawan yang berkunjung.

Tempat Wisata di Lamongan waduk gondang
eastjava.com

Selain bisa menikmati pemandangan air bendungan, Waduk yang dipenuhi pepohonan ini juga dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak, tempat camping, kebun binatang mini yang dihuni oleh rusa, orang hutan, kera, burung merak, reptil dan aneka satwa yang lain.

Salah satu fasilitas dari waduk ini adalah adanya penyewaan perahu. Perahu-perahu milik nelayan setempat ini siap mengantarkan pengunjung waduk untuk menikmati pemandangan Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah saja.

Wisata Bahari Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan wisata bahari lamongan
general.web.id

Tempat Wisata di Lamongan selanjutnya adalah Wisata Bahari Lamongan yang letaknya di pantai utara Jawa yaitu di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Wisata Bahari Lamongan (WBL) adalah salah satu resort andalan yang menawarkan oase tersendiri bagi pengunjungnya.

Tempat Wisata di Lamongan
dpavilionarchitects.wordpress.com

Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang sebelumnya terlebih dahulu ada, Pantai Tanjung Kodok.

Tempat Wisata di Lamongan tanjung kodok
jelajah-nesia.blogspot.com

Memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dengan luas area lebih dari 11 hektare, WBL dengan konsep one stop service nya siap memanjakan pengunjung mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap hari. Didukung hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.

Tempat Wisata di Lamongan WBL
youtube.com

Maharani Zoo & Goa

Tempat Wisata di Lamongan lainnya adalah Maharani Zoo & Goa. Maharani Zoo & Goa hadir dengan konsep wisata yang unik, namun tidak meninggalkan nuasa etnik budaya. Berdiri di area seluas lebih 3 hektar dengan menyajikan peleburan antara wahana konservasi dan edukasi serta budaya yang dikemas dengan Style benua Afrika.

Ditambah dengan view dari pesisir pantai Utara juga jarak tempuhnya hanya sekitar 1.5 jam dari kota Surabaya. Maharani Zoo & Goa Lamongan merupakan taman satwa yang memiliki koleksi satwa karnivora, herbivora, aneka primata dan burung dengan African Style.

Pemandian Air Panas Brumbung

Sebagai objek wisata Brumbung menyediakan pemandian air hangat dengan pemandangan alam yang mempesona. Dengan potensinya, Brumbung layak menjadi salah satu wisata andalan yang ada di Kabupaten Lamongan.

Monumen Van der Wijck

Monumen Kapal van Der Wijck atau monumen van Der Wijk adalah sebuah bangunan yang didirikan pada masa kolonial Hindia-Belanda yang letaknya tepat di halaman Kantor Pelabuhan Brondong, Kecamatan Brondong, Lamongan.

Pada tanggal 28 Oktober 1936 di Laut Jawa, tepatnya di sekitar perairan utara Brondong terjadi musibah tenggelamnya kapal Van der Wijck. Kapal mewah ini milik perusahaan Koninklijke Paketvaart Maatschappij, Belanda.

Tempat Wisata di Lamongan monumen van der wijk
kekunaan.blogspot.com

Atas jasa nelayan Brondong, maka para awak kapal dan penumpang dapat dievakuasi. Lalu atas dasar itulah pemerintah Hindia-Belanda membangun monumen yang berada di halaman Kantor Pelabuhan Brondong.

Kebudayaan di Kabupaten Lamongan

Meskipun tidak sebanyak daerah-daerah lain di Jawa, namun kebudayaan-kebudayaan yang ada di Kabupaten Lamongan cukup menarik untuk dibahas. Bahkan beberapa budaya-budaya yang ada kini dijadikan tempat wisata di Lamongan.

  • Upacara Nyanggring

Upacara Nyanggring adalah upacara ritual tradisional yang dilaksanakan oleh penduduk Desa Tlemang Kecamatan Ngimbang setahun sekali pada tanggal 25 – 26 Jumadil Awwal, sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan rahmatNya mendapatkan panenan hasil bumi.

Uniknya mulai dari persiapan hingga pelaksanaan di dalam kegiatan upacara Nyanggring tersebut hidangan yang tersaji semuanya disiapkan oleh kaum laki – laki, yang bertempat di makam salah satu tokoh yang menjadi panutan di daerah tersebut yakni makam Ki Buyut Terik.

Di dalam rangkaian acara tersebut selalu menampilkan Wayang Krucil, serta banyak kesenian lainnya. Jarak tempuh dari Lamongan Kota ke tempat ini lebih kurang 50 km.

  • Tari Boranan

Merupakan salah satu tarian khas dari Kabupaten Lamongan. Tari Boran adalah penggambaran suasana kehidupan para penjual Nasi Boran di Kabupaten Lamongan dalam berinteraksi dengan pembeli dan menjajakan dagangannya.

Tari Boranan sanggup meraih juara I Tingkat Nasional pada tahun 2007 dalam acara Parade Tari Nusantara. Kesenian Tari Boranan sering ditampilkan pada acara-acara penting di Kabupaten Lamongan.

Ketika peresmian Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazoola) pada tanggal 29 Mei 2008 lalu oleh bupati Lamongan H. Masfuk SH., Tari Boranan mendapat kehormatan sebagai pembuka acara tersebut.

  • Tari Sri Panganti

Adalah tari tradisional yang menceritakan tentang kegembiraan dan keceriaan masa remaja menanti saat-saat menuju kedewasaan yang harus disikapi dengan hati-hati serta waspada dalam melakukan segala perilaku agar nantinya tidak menyesal di hari kemudian.

Wisata Budaya – Religi

  • Museum dan Makam Sunan Drajat

Merupakan tempat makam salah satu Wali Songo bernama Raden Qosim yang atau dikenal dengan sebutan Sunan Drajat, berada di desa Drajat Kecamatan Paciran yang pada masanya sangat dikenal dan dikagumi oleh para pengikutnya.

Tempat Wisata di Lamongan makam sunan drajat
tempatwisataid.com

Karena selain sebagai tokoh penyebar agama Islam juga berjiwa sosial yang tinggi, dan sangat dikenal dengan empat hal ajarannya yaitu : menehono teken marang wong kang wuto, menehono mangan marang wong luwe, menehono busono marang wong kang mudo, menehono ngiyup  marang wong kang kudanan.

Di dalam kompleks makam Sunan Drajat tersebut terdapat juga museum tempat penyimpanan benda – benda kuno / purbakala peninggalan Sunan Drajat seperti Al-Qur’an dari daun lontar, uang logam kuno, guci antik, gamelan singomengkok dan lain-lain.

Jarak tempuh dari pusat kota Lamongan ke makam Sunan Drajat ini lebih kurang 38 km.

  • Makam Sunan Sendang Duwur

Selain makam Sunan Drajat, ada juga makam Sunan Sendang Duwur, yang aslinya bernama Raden Noer Rahmad yaitu putra Abdul Kohar Bin Malik Bin Sultan Abu Yazid yang berasal dari Baghdad (lrak). Beliau adalah tokoh kharismatik yang pengaruhnya dapat disejajarkan dengan Wali Songo pada saat itu.

Salah satu ajaran yang masih relevan pada zaman sekarang adalah : “mlakuho dalan kang benar, ilingo wong kang sak burimu” (berjalanlah di jalan yang benar, ingatlah pada orang yang ada di belakangmu. Ajaran sunan ini menghimbau pada seseorang agar supaya tetap berjalan di jalan yang benar dan kalaupun sudah mendapat kenikmatan, jangan lupa sedekah.

Bangunan Makam Sunan Sendang Duwur yang letaknya di atas bukit berarsitektur tinggi yang menggambarkan perpaduan antara kebudayaan Islam dan Hindu.

Gapura bagian luar mempunyai bentuk Tugu Bentar dan gapura bagian dalam berbentuk Paduraksa. Sedangkan untuk dinding penyangga cungkup makam dihiasi ukiran dari kayu jati yang bernilai seni tinggi dan sangat indah. Dua buah batu hitam berbentuk kepala bercokol di kedua sisi dinding penyangga cungkup.

Dari arah jalan, yang tampak lebih dulu adalah kompleks pecandian. Pada gapura halaman bentuknya seperti Candi Bentar yang ada di Bali. Bentuk candi seperti ini dikenal sejak zaman Majapahit, seperti Gapura Jati Pasar atau Waringin Lawang.

Wisata Belanja dan Wisata Kuliner

Selain wisata alam, wisata budaya maupun religinya, di Lamongan juga terdapat banyak wisata belanja ataupun wisata kuliner dll.

Originally posted 2016-03-02 10:31:20.

Postingan ini ditulis oleh :

Admin

Where There is a Will, There is a Way

2 komentar untuk “Destinasi Wisata yang Patut Dikunjungi Ketika Jalan-Jalan ke Lamongan, Tempat Wisata di Lamongan

Tulis Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*