Tips & Trik

6 Tips Menghemat Bahan Bakar untuk Genset

Bagi Anda yang sering menyewa genset untuk proyek, pasti sudah tidak asing lagi dengan urusan pemakaian bahan bakar. Genset menggunakan mesin diesel yang mengonsumsi bahan bakar solar. Untuk genset besar dan jumlah banyak, tentu saja membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit untuk membangkitkan listrik. Tentu saja biayanya pun menjadi membengkak.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menyiasati penggunaan bahan bakar agar lebih hemat. Seperti apa caranya? Simak berikut ini.

Pilihlah genset yang memiliki efisiensi bahan bakar tinggi

Sebaiknya, pilihlah genset yang memiliki efisiensi tertinggi, walaupun harga sewanya agak lebih mahal. Mengapa? Hal ini dikarenakan porsi biaya pengisian bahan bakar jauh lebih membengkak dibanding harga sewa genset.

Hindari operasional genset dengan tanpa beban yang terlalu lama

Jadi jika genset belum akan digunakan, matikan segera. Karena pada posisi idle atau beban yang rendah, genset akan tetap mengonsumsi bahan bakar sebesar 10-15% dari kebutuhan bahan bakar pada beban puncak.

Pilihlah kapasitas genset sesuai dengan kebutuhan

Sebelum Anda menyewa genset, pastikan kapasitas genset yang akan disewa sudah sesuai dengan kebutuhan proyek. Karena jika genset yang disewa memiliki kapasitas yang terlalu besar, maka otomatis kebutuhan bahan bakar pun menjadi lebih boros

Maintain genset dengan baik

Anda harus memastikan tempat sewa genset Jakarta yang dipilih memiliki maintenance genset yang baik. Perawatan yang baik membuat kondisi genset tetap prima dan tidak akan boros bahan bakar.

Cek selalu kualitas bahan bakar

Demi harga murah, banyak orang membeli kualitas bahan bakar yang rendah. Misalnya seperti oplosan solar dan minyak tanah. Tak hanya itu, bahan bakar juga terkadang datang dengan kondisi kotor dan bercampur air. Bahan bakar seperti ini selain boros, juga tidak baik untuk genset. Genset bisa cepat rusak dan mati permanen. Sebaiknya, gunakan alat khusus untuk menguji kemurnian bahan bakar seperti cetane number.

Tempatkan genset dekat dengan beban

Jarak genset yang terlalu jauh dengan alat listrik akan menyebabkan rugi daya. Apalagi untuk alat listrik dengan daya yang besar. Jadi dekatkan genset dengan alat listrik atau tempatkan di tengah-tengan semua alat listrik agar tidak rugi daya.

Article written by Mandala

Where There is a Will, There is a Way

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *