Alasan Mengapa Ibu Hamil Membutuhkan Zat Besi

pulausumbawanews.net

Selama masa kehamilan, ibu memang sangat penting memperhatikan dari segi asupan makanan yang dikonsumsinya, salah satunya yaitu mengkonsumsi zat besi. Melihat pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil inilah yang membuat para ibu hamil sangat disarankan untuk mencukupi zat besinya dengan sebaik mungkin.

Apabila ibu hamil tidak memenuhi kebutuhan zat besinya secara sempurna, hal ini akan seringkali menjadikan ibu hamil lebih mudah merasakan lelah atau bahkan terserang oleh infeksi. Hal ini dapat memberikan resiko berat bayi yang lahir di bawah normal. Berikut ini alasan yang membuat diri Anda harus mengkonsumsi secara penuh selama masa kehamilan yaitu:

  1. Melakukan pencegahan terjadinya anemia

Kondisi tubuh yang kekurangan zat besi akan lebih mudah terserang anemia. Hal ini akan menjadikan sistem pada tubuhnya menjadi lemah, sehingga akan membuat dirinya semakin mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Oleh karena itu anemia wajib dikonsumsi bagi ibu hamil supaya tidak mengalami rasa lelah terus menerus.

www.optidaily.com
  1. Sebagai pendamping vitamin

Zat besi memiliki peran penting sebagai pendamping dari vitamin prenatal fortifikasi dari zat besi selama dalam masa kehamilan. Sebab ibu zat besi penting dikonsumsi bagi ibu hamil.

  1. Membangun sistem imun anak dan ibu

Asupan zat besi yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat membangun sistem imun pada anak dan juga ibu. Untuk imunitas yang lebih kuat memang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, supaya dapat melakukan pencegahan berbagai jenis penyakit. Ternyata sistem imun pada tubuh ibu yang bagus menjadikan dirinya bisa terlindungi dari berbagai jenis penyakit yang ada, bahkan janin dalam kandungannya pun juga dapat terjaga dengan baik.

  1. Membantu produksi enzim

Melalui bantuan enzim maka organ tubuh ibu hamil dapat berfungsi secara baik. Pasokan zat besi ini nantinya akan masuk dalam tubuh dan membuat produksi enzim supaya dapat berjalan dengan baik.

Untuk Anda yang sedang berada dalam masa kehamilan harus mengkonsumsi suplemen zat besi namun dengan catatan zat besi tersebut memiliki dosis yang rendah yaitu 30 mg per harinya. Jika Anda ragu mengenai dosisnya Anda bisa berkonsultasi melalui pelayanan online yang ada di guesehat.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*