Apakah Blu Ray? Mengenal Lebih Jauh Tentang Blu-Ray, Teknologi Penyimpanan Digital Masa Depan

Apakah Blu Ray? Mengenal Lebih Jauh Tentang Blu-Ray, Teknologi Penyimpanan Digital Masa Depan

Blue-Ray – Blu-ray disc adalah perangkat media yang paling umum digunakan untuk mengarsipkan dan menyimpan konten video definisi tinggi. Mereka sering terlihat seperti CD standar atau DVD pada pandangan pertama, dan mereka bekerja di dasarnya dengan cara yang sama. Perbedaan terbesar adalah kapasitas penyimpanan mereka dan bagaimana mereka dibaca oleh pemain dan perangkat penerima lainnya.

blu-ray
img source: www.k3dav.com

Dalam kebanyakan kasus disk ini membutuhkan perangkat yang dapat membaca disc dengan laser biru bukan laser merah standar. Seringnya produsen merilis seperti konten film dan konten game dengan teknologi semacam bertenaga tinggi ini karena semua bahwa hal itu memungkinkan mereka untuk mendapatkan gambar yang bisa lebih tajam dan lebih realistis, dan juga fitur khusus lainnya dapat dimasukkan.

Sejarah Singkat Cakram Optik

Teknologi cakram telah menjadi cara yang populer untuk menyimpan file musik dan video selama beberapa dekade. Cakram optik pertama yang tersedia untuk konsumen adalah video disc laser yang besar yang dipasarkan selama awal 1970-an.

Pada 1980-an compact disc atau yang akrab disebut CD telah tersedia. Dalam satu compact disc mampu menampung sekitar 700 megabyte (MB) data. CD pertama digunakan untuk album audio, kemudian tumbuh juga memegang beberapa video dan gambar konten – materi tambahan dari musisi seperti video musik misalnya, atau animasi digital seperti untuk video game atau konsol game.

Pada 1990-an, teknologi digital video disc (DVD) menjadi populer dan akhirnya menjadi mainstream di banyak pasar sekitar tahun 2000-an. DVD tampak seperti CD di luar tapi mampu menampung lebih banyak data. Secara umum satu DVD memiliki kapasitas penyimpanan untuk satu film panjang-standar dan (tergantung pada spesifikasi), biasanya dapat juga menyimpan beberapa materi tambahan.

Era High Definition

blu-ray disc
img source: www.bhphotovideo.com

Blu-ray adalah iterasi berikutnya pada timeline cakram optik. Diciptakan untuk menyimpan film panjang di televisi (HDTV) dengan format high-definition. Film tersebut ditampilkan dalam resolusi lebih tinggi secara signifikan dan karena itu mereka membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Sebuah disc biasanya memegang sekitar 27 gigabyte (GB) informasi, yaitu sekitar 40 kali jumlah data yang CD standar dapat menampung dan setidaknya 10 kali penyimpanan DVD biasa. Wow!

Perbedaan Teknologi

Selain kekhawatiran penyimpanan, perbedaan mendasar antara CD dan DVD adalah laser yang digunakan untuk membaca cakram. Mesin Blu-ray menggunakan laser biru bukannya laser merah yang digunakan untuk membaca cakram sebelumnya.

Laser biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, biasanya sekitar 450 nanometer, dibandingkan laser merah, yang biasanya berukuran sekitar 650 nanometer. Dengan demikian, balok dapat difokuskan pada daerah yang lebih kecil. Secara singkat, ini berarti bahwa produsen dan pengembang konten dapat menempatkan lebih banyak data pada disk tunggal.

Laser biru juga berarti bahwa disk ini tidak terbaca pada standar CD dan DVD player. Dalam hampir semua kasus konsumen harus membeli perangkat khusus untuk menikmati fitur ini. Menempatkan satu dari disk ini dalam CD atau DVD drive standar biasanya akan menghasilkan pesan kesalahan.

Perangkat pemutar blu-ray kompatibel dengan teknologi sebelumnya. Ini artinya bahwa perangkat ini mampu membaca standar CD dan DVD. Banyak fitur laser merah tambahan, atau mereka memiliki kemampuan beralih antara merah dan biru seperti yang diperlukan untuk disk.

Dalam bagian ini adalah karena produsen telah menyadari bahwa konsumen yang sudah memiliki banyak konten dalam format yang lebih tua mungkin tidak bersedia untuk membeli kembali segala sesuatu di HD hanya untuk pengalaman menonton yang lebih baik, dan ini mungkin menjadi penghalang untuk mereka membeli konten baru dalam format yang ada.

Oleh pemain mampu bermain cakram baru dan lama pemasaran, distributor berharap untuk benar-benar mendorong lebih banyak penjualan. Kebanyakan sarjana dan peneliti berpikir bahwa pertumbuhan Blu-ray akan paralel meningkatnya popularitas HDTV dan menyalip sistem warisan di beberapa titik dalam waktu yang tidak terlalu jauh.

Penggunaan Utama Blu-Ray

Penggunaan paling populer dari teknologi ini adalah film dan proyek film panjang, meskipun seri acara televisi sering dikemas dan disimpan pada disk ini juga. Mereka juga semakin digunakan untuk konten game toko video karena mereka dapat membuat pengaturan virtual yang lebih realistis untuk pengguna.

Originally posted 2016-12-27 15:08:27.

Share This
Mandala

Where There is a Will, There is a Way

Leave a Comment