Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli

cara membuat nama Korea dengan Hangul
Wikipedia

Cara Membuat Nama Korea – Demam Korea dewasa ini semakin merambah kemana-mana. Bisa dibilang Negeri Ginseng (sebutan untuk negara Korea) beberapa tahun terakhir begitu menguasai segala sendi kehidupan di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Segala yang berbau Korea semisal K-Pop, K-Drama, dan “K-K” yang lain sangat digandrungi khalayak, khususnya jiwa-jiwa muda. Hal kecil seperti bahasa dan tulisan Korea juga banyak dilirik serta menarik untuk dipelajari. Bahkan beberapa ada yang ingin tahu cara membuat nama Korea dengan Hangul.

Sedikit informasi tentang Hangul. Hangul atau Hangeul adalah semacam huruf abjadnya Negeri Korea. Jika di Korea Utara ini disebut Joseon-geul atau Chosǒn’gŭl. Hangul adalah abjad fonetik atau alfabet Korea yang terdiri dari 24 huruf, yakni 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan.

 cara membuat nama Korea dengan Hangul
Wikipedia

Membuat Nama Korea

Tulisan kali ini Lamandala.net akan membahas tentang tulisan Korea. Pasti diantara Anda agak penasaran, bagaimana bentuk nama Anda jika ditulis dengan huruf Korea? Maka dari itu tulisan ini akan mengupas tentang cara menulis dan membuat nama Korea berdasarkan nama asli Anda.

Akan dibahas juga langkah-langkah cara membuat nama Korea dan artinya. Sehingga Anda mengerti akan makna yang terkandung di dalam nama Anda. Juga seperti apa cara membuat nama Korea berdasarkan tanggal lahir. Semua Insya Allah akan diulas disini.

Advertisement

Cara Membuat Nama Korea Berdasarkan Nama Asli

Perlu diketahui bahwa nama orang dalam bahasa Korea terdiri dari tiga bagian, yakni surname untuk nama keluarga (Marga), middle name yaitu nama tengah, dan name untuk nama panggilan. Hal tersebut masih terkait dengan waktu kelahiran seseorang yang juga ada tiga bagian yaitu hari, bulan dan tahun.

Surname (diambil dari nomor terakhir tahun kelahiran)
Akhiran TahunNama Keluarga (Marga)Hangul
0Park
1Kim
2Shin
3Choi
4Song
5Kang
6Han
7Lee
8Sung
9Jung

 

Middle Name (diambil dari bulan kelahiran Anda)
BulanNama TengahHangul
1Yong
2Ji
3Je
4Hye
5Dong
6Sang
7Ha
8Hyo
9Soo
10Eun
11Hyun
12Rae

 

Name (nama panggilan diambil dari tanggal kelahiran)
TanggalNama PanggilanHangul
1Hwa
2Woo
3Joon
4Hee
5Kyo
6Kyung
7Wook
8Jin
9Jae
10Hoon
11Ra
12Bin
13Sun
14Ri
15Soo
16Rim
17Ah
18Ae
19Neul
20Mun
21In
22Mi
23Ki
24Sang
25Byung
26Seok
27Gun
28Yoo
29Sup
30Won
31Sub

Mari ambil satu contoh. Seseorang yang lahir pada tanggal 2 Mei 1991 maka jika mencocokkan dengan tabel diatas, rinciannya sebagai berikut:

  • Tahun kelahiran yakni 1991, maka digit terakhirnya adalah 1 = Kim (김)
  • Bulan kelahiran adalah Mei = Dong (동)
  • Tanggal kelahiran yaitu 2 = Woo (우)

Maka nama Korea orang tersebut adalah Kim Dong Woo (김 동 우)

Aplikasi Membuat Nama Korea

Ternyata ada loh aplikasi membuat nama Korea. Aplikasi berbasis web ini dibuat untuk memudahkan Anda yang ingin menyusun dan membuat nama Korea Anda sendiri. Anda tinggal menulis abjad atau huruf dari nama Anda maka aplikasi akan otomatis akan menyusunnya menjadi bahasa Korea.

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Buka link aplikasi membuat nama Korea link berikut ini.

>> KLIK DISINI APLIKASI MEMBUAT NAMA KOREA <<

Akan muncul opsi gender. Pilih Male jika Anda pria, atau Female untuk Anda wanita. Lalu di bagian bawah terdapat kolom untuk memasukkan nama Anda yang ingin dijadikan nama Korea. Ingat! Nama belakang harus ditaruh di depan. Contoh nama Andi Bagus maka ditulis Bagus Andi.

Pada kolom ini juga harus diisi nama minimal tiga kata, misal Andi Bagus Candra. Jika kebetulan nama Anda hanya terdiri dari dua kata misalnya Andi Bagus atau Bagus Candra, maka solusinya pisah nama yang posisinya di akhir. Nanti jadinya Bagus An Di atau Candra Ba Gus.

aplikasi membuat nama korea
Tampilan Hasil Nama Korea

Cara menggunakan aplikasi membuat nama korea ini sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Sekarang Anda tak akan kesulitan lagi dalam membuat nama Korea sendiri. Dan tentunya tanpa menyusahkan orang lain, bukan?

Itulah beberapa cara membuat nama Korea berdasarkan nama asli. Di era yang semakin canggih ini untuk menyusun dan membuat nama dengan bahasa Korea ternyata mudah, ya! Anda hanya cukup melakukan salah satu cara diatas yang dirasa gampang menurut Anda.

Selain tulisan korea, Anda juga bisa loh membuat atau merubah tulisan indonesia ke arab. Penasaran bagaimana caranya, langsung saja baca artikel berikut ini

Cara Merubah Tulisan Huruf Latin Menjadi Tulisan Arab

Sampai jumpa!

Originally posted 2016-11-21 13:35:53.

9 Comments

  1. Min pgn tanya dong,ko nama nya aneh ya XD name.korea ku kim ha ki TvT aneh rasanya-___(23,07,2001) itu kan bnr kan kim ha ki? Trus boleh ga aku ganti nama aku sendiri jadi kim hyun-ki atau Kim ha yul? Boleh ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*