Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Memandikan Bayi

Fimela.com

Dalam sehari, bayi perlu dimandikan minimal satu kali. Dengan rutin dimandikan maka akan memberikan kenyamanan kepada bayi. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi, mandi juga bisa menjadi relaksasi tersendiri untuk sang bayi.

Jangan lupa saat memandikan bayi untuk selalu menggunakan sabun bayi yang aman. Salah satu merek sabun bayi yang bagus dan aman adalah sleek baby. Selain dari sabun yang harus diperhatikan saat memandikan bayi juga masih banyak lagi, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Suhu air

Tentunya memandikan bayi harus menggunakan air hangat. Namun terkadang ibu jarang memperhatikan suhu air hangat tersebut. Hati hati bisa jadi air terlalu panas untuk si bayi atau bahkan terlalu dingin.

Pastikan jika air yang digunakan untuk memandikan anak tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Atau anda bisa gunakan termometer atau juga bisa dengan menggunakan bak air yang dapat mendeteksi suhu air.

2. Posisi bayi

Saat memandikan bayi juga anda harus memperhatikan bagaimana posisi bayi supaya nyaman. Jangan terlalu ditelentangkan karena takut tenggelam, dan juga jangan dipaksakan duduk melengkung dikhawatirkan bayi nanti akan bongkok. Pastikan untuk memposisiman setengah telentang namun tidak terlalu bungkuk.

Fimela.com

Hati hati saat memegang bayi karena akan licin saat terkena sabun. Pastikan pegangan anda di sekitar kepala itu cukup kuat namun jangan terlalu menekan. Begitu juga saat anda membalikkan tubuh bayi untuk menggosok punggungnya pastikan tangan anda menopang leher dan perut bayi dengan benar.

3. Durasi

Saat memandikan bayi sebaiknya jangan terlalu lama karena bisa membuat bayi kedinginan. Apalagi jika anda tinggal di daerah yang iklim cuacanya dingin. Sebisa mungkin memandikan bayi dengan cepat namun tetap lembut dan teliti saat membersihkannya. Setelah mandi bayi harus langsung dikeringkan dengan selimut dan dipakaikan baju atau bisa juga dijemur terlebih dahulu bila mandi pagi.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memandikan bayi. Jangan lupa juga untuk memperhatikan keamanan dari sabun yang digunakan, pastikan jika sabun yang digunakan adalah sabun untuk balita.

Originally posted 2019-08-22 14:46:07.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*