Manfaat Kulit Semangka
Kesehatan

Manfaat Kulit Semangka Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Manfaat Kulit Semangka – Kebanyakan orang membuang kulit buah semangka, tapi jangan terlalu terburu-buru. Bagaimanapun cara pengolahannya, baik itu Anda makan kulit langsung atau mengolahnya secara alami, yang pasti kulit semangka memiliki banyak manfaat.

Bagian yang sering terbuang ini ternyata dapat melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh Anda. Sekaligus memanfaatkan kulit semangka dapat juga membantu mengurangi jumlah sampah yang Anda hasilkan, sehingga baik untuk lingkungan juga.

Nutrisi dan Manfaat Kulit Semangka

Kulit buah semangka mungkin tidak nikmat seperti daging semangka, tetapi Anda dapat memakannya. Sepotong kulit semangka sebesar 1 inci mengandung 1,8 kalori. Sebagian besar kalori berasal dari karbohidrat, dengan 0,32 g per porsi. Meskipun Anda tidak akan memperoleh sejumlah besar macronutrients dari makan kulit semangka, makanan ini memang mengandung beberapa vitamin.

Baca Juga Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Kulit semangkan berisi 2 persen dari asupan harian yang direkomendasikan berupa vitamin C dan 1 persen dari vitamin B-6 untuk tubuh Anda. Hal ini membuat kulit semangka cukup baik untuk kesehatan kulit Anda dan juga sistem imun (kekebalan), serta kesehatan sistem saraf Anda.

Manfaat Kulit Semangka dari Sisi Ekonomi

acar kulit semangka

www.wnyc.org

Kulit semangka dapat diolah menjadi acar, yang menawarkan rasa getir namun dapat sedikit menghemat uang untuk persediaan makanan Anda. Acar buatan sendiri yang terbuat dari kulit semangka menawarkan alternatif murah daripada harus membeli acar.

Karena kulit semangka sering dibuang dan tidak digunakan, menemukan cara untuk menggunakannya untuk makanan, seperti acar, relishes atau selai, memperluas fungsionalitas dari buah ini. Anda dapat memotong kulit menjadi potongan panjang. Lalu olah acar dari kulit semangka seperti ketika Anda sedang memasak acar dari mentimun.

Kulit Semangka Mengandung Citrulline 

Kulit semangka mengandung senyawa yang dikenal sebagai citrulline, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni 2005, “Journal of Chromatography.” Citrulline mungkin melayani sampai berbagai manfaat obat. Buktinya pada Maret 2011 edisi “Journal of Science of Food and Agriculture” menunjukkan bahwa citrulline di kulit semangka memberikan efek antioksidan yang melindungi Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, citrulline mengkonversi ke arginin, asam amino penting untuk jantung, sistem peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh, kata peneliti dari Texas A & M Pusat Buah dan Peningkatan Sayuran. Para peneliti berspekulasi bahwa semangka kulit mungkin merelaksasi pembuluh darah dan memiliki peran dalam mengobati disfungsi ereksi.

Tips Penyajian Kulit Semangka

mengambil manfaat kulit semangka

myheartbeets.com

Sautee (tumis) cincang kulit semangka dalam minyak zaitun, lalu taburi dengan garam dan merica untuk menambah rasa. Anda dapat berkreasi dengan menggunakan campuran cabai merah, paprika dan daun ketumbar. Gunakan kulit semangka, bersama dengan wortel, kentang dan lobak, untuk menambah banyak sumber nilai gizi.

Baca Juga Informasi Seputar Jafra Royal Jelly Lift Concentrate Disini

Originally posted 2016-03-13 19:53:45.

Article written by Mandala

Where There is a Will, There is a Way

This Post Has 11 Comments

  1. Dita Reply

    mudah2an abis ini ada kabar gembira, kulit semangka sudah ada ekstraknya
    hihihi 😀

  2. lamandala Reply

    hihi, jadi lebih praktis ya. 😀

  3. Anisa AE Reply

    Wah wah, keren …. Baru tahu hal ini. 😀 Nunggu ektraknya juga ahhh

  4. Blogger Indonesia Reply

    Kalau di rumah saya, kulit semangka selalu diminta nenek.. buat makan ternak kambingnya. Tapi lucunya, kalau semangkanya itu abis dimakan dengan cara digigit, kambingnya tidak mau makan bekas sisa manusia itu. jadi kudu diiris dulu pakai pisau bekas gigitan manusia di kulit semangkanya… hehehehe

    • lamandala Reply

      itu kambingnya cerdas pemikirannya (akibat sering konsumsi kulit semangka kali 😀 ) sama kaya manusia,, kalo manusia dikasih bekas gigitan kambing juga ga mau.. mintanya diiris juga begitu sebaliknya.. 😀

  5. Choirul Huda Reply

    dulu (waktu kecil) saya malah manfaatin kulit semangka buat maen mobil2an mas 🙂
    hehehe, kalo ga kulit semangka ya kulit jeruk bali gitu…

    *nostalgia

  6. Aireni Biroe Reply

    Ehm..bisa menjadi alternatif acar selain mentimun ya #lebihekonomis 😀

  7. evrinasp Reply

    Temen ku ada yang takut sama semangka. Jangankan kulitnya, daging buahnya aja dia gak mau nyentuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *