Masih Bingung Pilih PTS atau PTN? Faktor Ini Bisa Jadi Pertimbangan Kamu

img source : pixabay

Memilih perguruan tinggi negeri atau swasta untuk melanjutkan pendidikan memang cukup membingungkan untuk sebagian orang, karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing baik dalam bidang akademik, pengajaran, hingga fasilitas yang ditawarkan. Sistem kuliah yang beragam seperti kuliah online Al Azhar juga menjadi salah satu pertimbangan penting untuk beberapa orang, kemudahan dalam kegiatan KBM menjadi faktor tersendiri ketika seseorang memilih tempat untuk kuliah.

Masalah pemilihan jenis universitas ini memang tidak ada habisnya, karenanya beberapa faktor berikut ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan memilih jenis universitas mana yang akan dimasuki:

Pertimbangan peluang kerja

Memasuki perguruan tinggi tertentu untuk mendapatkan peluang kerja bidang tertentu menjadi salah satu pertimbangan penting untuk calon mahasiswa, karena hal ini merupakan tujuan dari sebagian besar mahasiswa yang memasuki perguruan tinggi.

Orang selalu beranggapan bahwa lulusan Universitas Negeri memiliki peluang lebih besar untuk mendapat pekerjaan setelah lulus, karenanya tidak heran jika banyak orang yang ingin masuk ke PTN. Sebenarnya pemikiran ini tidak seluruhnya benar maupun salah, keberhasilan mendapatkan pekerjaan tergantung dari pribadi masing-masing dalam ketekunan mencari kerja termasuk di dalamnya skill atau keterampilan lain yang dimiliki.

Namun tidak dapat dipungkiri jika lulusan Universitas ternama memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan universitas yang kurang dikenal, karena terkadang perusahaan menerapkan batasan pelamar kategori Universitas tertentu (seperti minimal lulusan Universitas Negeri atau swasta dengan akreditasi A). Terkadang ada banyak lulusan universitas swasta atau negeri yang masih menganggur setelah hari kelulusannya, ini bukan faktor universitas yang mempengaruhi melainkan faktor diri sendiri.

Pertimbangan status akreditasi

Biasanya status akreditasi menjadi pertimbangan utama ketika seseorang hendak memilih sebuah perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Saat ini sangat mudah melihat status akreditasi dari sebuah perguruan tinggi, karena telah ada Badan Akreditasi Nasional yang bisa menjadi acuan untuk melihat penjaminan mutu  sebuah PT dari segi eksternal PT. Namun tidak selamanya akreditasi dari BAN PT sesuai dengan kualitas yang diinginkan, meski memang kesesuaian kualitas sudah ditentukan namun ada banyak perguruan tinggi yang memiliki kualitas di jurusan tertentu namun tidak di jurusan lain.

Status akreditasi biasanya diberikan untuk setiap jurusan yang dimiliki, artinya tidak serta-merta seluruh jurusan di satu universitas menjadi lebih unggul dibanding jurusan universitas lainnya.

Jika kamu ingin berkuliah bahkan kuliah untuk kelas karyawan di jurusan S1 sastra Arab misalnya, tentu banyak universitas negeri maupun swasta yang menyediakan akreditasi A untuk jurusan satu ini (sebagai contoh Universitas Al Azhar Indonesia untuk kategori wiraswasta dan UIN Jakarta untuk kategori negeri). Meski PTS terkenal dengan dunia pendidikan yang lebih tinggi, namun jika status yang ditawarkan lebih tinggi dibanding PTN mengapa tidak? Begitu pula sebaliknya. Jika masih bingung bisa disesuaikan dengan minat atau keinginan.

Pertimbangan biaya

Terkadang banyak orang yang ingin masuk perguruan tinggi swasta terkendala masalah biaya, karenanya banyak orang yang memilih masuk perguruan tinggi negeri karena dinilai menawarkan biaya kuliah yang lebih murah meski persaingan masuknya lebih ketat.

Namun kendala biaya saat ini tidak menjadi halangan seseorang jika ingin masuk universitas swasta, pasalnya dewasa ini semakin banyak instansi swasta maupun pemerintahan yang menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswa bahkan beberapa diantaranya menawarkan beasiswa full (dengan syarat dan ketentuan berlaku).

Pertimbangan jenis kuliah

Di era digital yang segala kegiatannya memanfaatkan sistem online ternyata memberikan pengaruh tinggi terhadap sistem pendidikan saat ini,  karenanya baru-baru ini kita mengenal dengan sistem kuliah online salah satu universitas yang menawarkan sistem kuliah ini adalah kuliah online Al Azhar.

Meski dikatakan kuliah online, namun kegiatan perkuliahan ini tidak selamanya berlangsung secara online namun juga terdapat sesi dimana pelajar dan pengajar melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka (biasanya pada saat weekend). Sayangnya sistem kuliah online ini hanya berlaku pada beberapa jurusan saja dan masih banyak universitas yang belum menyediakan sistem kuliah ini, beberapa PTN ternama (UGM, UI, ITB, ITS, UT, dll) serta PTS (UAI, Binus, UMJ, UPJ, dll) sudah menyediakan sistem kuliah online.

Sistem kuliah yang satu ini sangat cocok dipilih untuk kamu yang ingin bekerja sekaligus kuliah, karena kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara online dan pertemuan tatap muka dilakukan pada saat libur bekerja. Namun bagi yang lebih senang kuliah secara konvensional, tentu kegiatan kuliah ini bisa ditemukan di semua universitas yang ada di Indonesia (baik PTS maupun PTN).

Pertimbangan fasilitas

Umumnya fasilitas yang disediakan oleh universitas swasta sangat memadai dan menunjang kegiatan pendidikan yang berlangsung, tidak heran karenanya universitas swasta mematok biaya yang lebih besar dibandingkan dengan universitas negeri. Banyak PTS yang memiliki fasilitas Lebih baik dibanding PTN, termasuk berbagai sarana pendukung dalam bidang ilmu tertentu yang menjadi keunggulan termasuk ketika mahasiswa mengambil kelas karyawan di jurusan yang menjadi unggulannya.

Beberapa universitas swasta bakar memiliki prestasi membanggakan dalam dunia pendidikan, mulai dari berbagai penemuan yang bermanfaat untuk masyarakat. Meski begitu saat ini kualitas dari berbagai fasilitas yang diberikan baik negeri maupun swasta memiliki keunggulan masing-masing, hal ini berkat kesadaran pemerintah akan pentingnya fasilitas dalam menunjang pendidikan.

Pertimbangkan kesesuaian minat dan kemampuan

Faktor yang paling berpengaruh adalah minat dan kemampuan, jika memiliki minat yang tinggi untuk masuk perguruan tinggi negeri dan mampu secara akademik tentu tidak ada halangan lain jika ingin masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai dengan impian.

Sebaliknya jika memiliki minat yang tinggi untuk masuk PTS dan memiliki kemampuan biaya yang memadai, tentu Anda bisa memasuki perguruan tinggi swasta tanpa ada kendala. Pilihlah perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, jangan dijadikan beban sehingga menjadi alasan untuk berhenti di tengah jalan nanti.

Tentunya ada banyak faktor-faktor yang menjadi pertimbangan seseorang memilih universitas negeri atau swasta, entah karena biaya yang murah, lokasi yang dekat, sistem perkuliahan yang ditawarkan, fasilitas, dan beragam faktor menarik lainnya. Sistem kuliah online menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi mereka yang ingin kuliah sambil bekerja, ada banyak universitas (swasta maupun negeri) yang menawarkan sistem kuliah ini seperti kuliah online Al Azhar, kuliah online UGM, kuliah online UI, kuliah online UMJ, dan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*