Mau Genset Anda Awet? Ini Dia Beberapa Hal yang Mesti Dilakukan

Menjaga barang, terutama barang yang sangat vital, tentu perlu untuk dilakukan. Salah satunya adalah genset yang menjadi sumber listrik alternatif saat sumber listrik utama padam atau bahkan menjadi sumber listrik utama di beberapa lokasi. Perawatan genset sangat penting karena tanpa listrik yang dihasilkan, maka kehidupan manusia akan berjalan lebih sulit.

Setiap manusia saat ini sangat bergantung dengan adanya energi listrik. Genset menjadi terasa lebih penting karena bisa menjadi penyelamat saat membutuhkan aliran listrik di kondisi mendesak. Untuk itu, Anda harus mengetahui perawatan genset memiliki usia yang panjang melalui beberapa langkah sebagai berikut :

Mengganti spare part yang sudah “tua”

jual genset jakarta
pixabay.com

Seperti halnya barang atau mesin lainnya yang memiliki nilai penyusutan, genset pun demikian. Ada kalanya spare part genset mulai usang atau menua sehingga membutuhkan penggantian. Saat kondisi ini terjadi, Anda tentu harus memperhatikannya dengan betul karena spare part yang sudah tua perlu diganti agar mesin genset tetap dapat berfungsi seperti seharusnya. Jadi, perhatikan perhatikan spare part genset Anda secara berkala agar usia genset jadi lebih panjang.

Gunakan genset di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik

Advertisement

Merawat genset tidak hanya dilakukan dengan memperhatikan mesin genset tersebut melainkan juga dengan memperhatikan lingkungan sekeliling tempat genset tersebut dioperasikan. Karena, ruangan sekeliling genset juga dapat mempengaruhi performa dari genset tersebut. Pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik, penggunaan genset akan berjalan dengan lebih optimal karena panasnya mesin genset dapat teratasi. Sementara itu, hindari penggunaan genset di ruangan tertutup karena akan membuat panas yang dihasilkan terperangkap sehingga membuat mesin genset jadi lebih panas.

Mengecek kabel secara rutin

krisbow.com

Pengecekan mesin genset juga harus Anda lakukan pada bagian kabelnya. Kabel yang putus atau sudah lapuk tentu akan membuat genset tersebut tidak berjalan seperti seharusnya. Agar genset bisa memiliki usia yang panjang, maka Anda dapat mengece kabelnya secara rutin dan ganti kabel tersebut apabila sudah tidak layak untuk digunakan.
Melakukan perawatan pada genset harus dilakukan secara rutin. Namun, Anda bisa menggunakan genset dengan cara yang lebih mudah yakni dengan menyewanya. Anda dapat memilih Sewatama jika membutuhkan genset pada momen-momen tertentu dengan mengecek halaman berikut ini http://sewatama.com/id/product/power-rental/.

Originally posted 2018-08-30 21:43:29.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*